Apa bedanya samsung galaxy s7 edge dan samsung galaxy s6 edge? ini jawabanya

0

Kali ini kita akan membahas tentang smartphone keluaran terbaru dari samsung, yaitu samasung galaxy s7 edge, nah apa sih perbedaan samsung galaxy s7 edge dan samsung galaxay s6 edge yang menjadi pendahulunya? mungkin bagi teman-teman yang mempunyai budget lebih untuk membeli sebuah smartphone high-end akan bingung, disni kami akan memberikan berbandingan untuk itu, nah dalam artikel ini kami akan memberikan perbandingan antara kedua smartphone ini, yaitu samsung galaxy s6 edge dan samsung galaxy s7 edge dan kira-kira bagus mana samsung glaxy s7 edge dan s6 edge ya ?

Seperti yang kita ketahui semua, bahwa samsung galaxy s7 edge merupakan salah satu produk terbaru dari galaxy series, tapi walau itu keluaran terbaru secara apakah peforma, hardware, spesifikasi dari samsung galaxy s7 edge akan lebih baik dari samsung galaxy s6 edge? bisa iya bisa tidak? untuk lebih jelasnya mari kita ulas dalam tulisan dibawah ini perbandingan samsung galaxy s7 edge dan samsung galaaxy s6 edge, cekidot gan !

Baca juga :  Cara mengaktifkan fitur-fitur samsung galaxy s6 edge

Baca juga : Perbandingan samsung galaxy s7 dan samsung galaxy s6

Baca juga : Samsung galaxy s7 dan iphone 7 mana yang lebih unggul ?

 

Perbandingan s6 edge dan s7 edge dari desain

Perbandingan desain s6 edge dan s7 edge

Perbandingan desain s6 edge dan s7 edge

Oke gan, kita awali dari perbandingan desain atau design dari kedua smartphone high end ini, untuk masalah desain, samsung galaxy s6 edge mempunyai ukuran yang lebih kecil di banding galaxy s7 edge, sehingga samsung galaxy s6 edge ini memang nyaman di genggam, dan tentu muat di saku celana kita, tetapi samsung galaxy s7 edge juga mempunyai desain yang  melengkung pada bagian belakang, sehingga walau lebih besar di banding s6 edge, smartphone ini akan nyaman di genggam, karena bagian lengkungan dibelakang dapat memberi kenyamanan pada telapak tangan kita sehingga telapak tangan kita akan bisa sedikit menyingkup ketika menggenggam.

Samsung galaxy s7 edge menggunakan screen AMOLED 5,5 inci dan ukuran 150,9 x 72,6 x 7,7 mm, samsung galaxy s6 edge memiliki layar 5.1-inch dan tinggi 142 mm tinggi serta lebar 70 mm, semua menggunakan AMOLED.

Selain itu galaxy s7 edge hadir dengan perbaikan-perbaikan baru yang mungkin kurang pada s6 edge, samsung galaxy s7 edge ini mempunyai fitur waterproof dan dustproof  IP68 gan, ini berarti samsung galaxy s7 edge dapat bertahan di dalam air dengan kedalaman 1.5 M dengan lama 30 menit, sedangkan fitur ini, tidak ada di samsung galaxy s6 edge, tetapi justru ada di samsung galaxy s5.

Sedangkan yang lain adalah fitur micro SD atau memori external, untuk samsung galaxy s6 edge tidak mempunyai slot untuk memori external, sedangkan samsung galaxy s7 edge, mempunyai slot itu, bahkan bisa di upgrade sampai 200 GB gan ! , ini  memang perbaikan dari samsung yang banyak menuai kritikan karena menghilangkan slot micro SD pada samsung galaxy s6 edge.

Untuk keseluruhan, dalam masalah desain, samsung galaxy s6 edge dan samsung galaxy s7 edge ini tidak jauh berbeda, yang mencolok hanya perbedaan ukuran dan samsung galaxy s7 melengkung pada kedua sisi dari layar, jadi jika agan-agan pengen ukuran yang besar, serta fungsi layar yang lebih sempurna ketika bermain game atau nonton video lebih mungkin s7 edge cocok untuk agan, tetapi ketika agan menginginkan ukuran yang pas di tangan dan saku agan, s6 edge lebih cocok, tetapi di bagian belakang s7 edge lebih nyaman gan, karena tonjolan pada camera akan terasa lebih datar s7 edge dibanding s6 edge walau ukuran tebal s7 edge lebih tebal dibanding s6 edge.

 

 

Perbandingan s6 edge dan s7 edge dari display atau layar

layar galaxy s6 edge dan s7 edge sumber android pit

layar galaxy s6 edge dan s7 edge sumber android pit

Okay, berikutnya adalah perbandingan dari segi layar atau display, apa perbedaan dari keduanya? Kedua smartphone ini sebenarnya sama-sama mempunyai layar  Super AMOLED displays dengan  Quad HD resolution perbedaan hanya ukuran saja, untuk samsung galaxy s7 edge – 5.5-inci dan untuk samasung galaxy s6 edge – 5.1-inci. dan untuk keduanya memang belum di tanamnkan 4 K resolution.

Selain ukuran tidak jauh berebda untuk masalah layar dari kedua smartphone ini, baik samasung galaxy s7 edge maupun samsung galaxy s6 mempunyai speisifikasi yang hampir mirip dalam spesifikasi screen atau layar, keduanya sama-sama menawarkan tampilan yang smooth, dengan warna yang yang cerah, serta memanjakan mata agan ketika menggunakannya.

 

 

Perbandingan s6 edge dan s7 edge dari software

perbandingan galaxy s7 edge dan s6 edge

perbandingan galaxy s7 edge dan s6 edge

Bagaimana perbandingan software atau perangkat lunak dari kedua smartphone ini? nah gan, untuk samasung galaxy s7 edge ini mengadopsi touchwiz versi paling terbaru yang berjalan pada android Android 6.0 Marshmallow sedangkan samsung galaxy s6 edge menggunakan android 5.1.1 Lollipop, tetapi agan bisa upgrade versi android dari samsung galaxy s6 edge ini ke lollipop, karena baik s6 maupun s6 edge atau s6 edge + sudah dapat melakukan upgrade ke versi  marshmallow jika device agan belum diroot, agan bisa melakukan upgrade melalui OTA.

Fitur melengkung pada samsung galaxy s6 edge tidak hanya untuk hiasan gan, tetapi memang di fungsikan untuk beberap fitur nah untuk lebih lengkapnya agan bisa baca di artikel Cara mengatur fitur-fitur samsung galaxy s6 edge disni, pada artikel tersebut agan dapat membaca fitur-fitur yang ada pada samsung galaxy s6 edge, sedangkan untuk samasung galaxy s7 edge, merupakan perbaikan dari fitur-fitur yang ada pada samsung galaxy s6 edge, dilihat dari segi curve atau layar miring s7 yang mempunyai kemiringan pada kedua sisi, ini berarti akan banyak informasi yang dapat di tampilkan pada keuda sisi pada layar sedangkan s6 edge hanya pada satu sisi.


Untuk TouchWiz UI sendiri ada beberapa perubahan yang terjadi pada samsung galaxy s7 edge, diantaranya scema warna biru putih yang lebih bersih pada notification shad, animasi baru dan efek transisi yang membuat user interface samsung galaxy s7 lebih nyaman ketika di gunakan. nah selain itu, lengkungan layar pada samsung galaxy s7 edge jauh lebih mempunyai manfaat sekarang di banding samsung galaxy s6 edge, fitur ini disebut fitur panel edge, s7 edge apat menyimpan informasi lebih banyak pada edgenya atau lengkungan layarnya, seperti perkiraan cuaca, skor pertanidngan bola, membuat kalender, pengaturan alarm, dan bisa juga untuk melakukan selfie, fitur ini memang tidak ada pada samsung galaxy s6 edge, tetapi mungkin akan ada pada update terbaru dari softwrare s6 edge.

 

 

Perbandingan s6 edge dan s7 edge dari performa

perbandingan galaxy s7 edge dan s6 edge

perbandingan galaxy s7 edge dan s6 edge

Kali ini samsung galaxy s7 datang dengan sesuatu yang terbaru dan tercanggih saat ini dengna prosesor  quad-core Qualcomm Snapdragon 820, 2.1 GHz, dan di dukung Adreno 530 GPU serta RAM dengan kapasitas 4 GB dan untuk versi eropa menggunakan prosesor Exynos 8890, 2.4 GHz, ini membuat kinerja samsung galaxy s7 edge menjadi sangat cepat, untuk berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya, melakukan multi taksing serta bermain game dapat bermain game-game berat dengan gambar yang tajam dan halus.

perbandingan galaxy s7 edge dan s6 edge

perbandingan galaxy s7 edge dan s6 edge

Sedangkan untuk samasung galaxy s6 edge mempunya prosesor octa-core Exynos 7420,  2,1 GHz, dan didukung oleh GPU Mali-T760MP8 dan 3 GB dari kapastias RAM. Seperti yang kita ketahui, dari tanggal dirilis, perangkat ini berumur sekitar 1 tahunan, tetapi dari segi kinerja samasung galaxy s6 edge ini masih terbilang ampuh gan, dan masih sangat responsif, untuk multitaksing maupun bermain game.

geekbench score s6 edge and s7 edge

geekbench score s6 edge and s7 edge

 

Perbandingan s6 edge dan s7 edge dari Camera

camera s6 edge dan s7 edge

Untuk masalah kamera, kali ini samsung mendurunkan kapastias megapixelsnya, samsung galaxy s7 edge mempunyai kamera dengan 12 MP dengan lensa f/1.7, sedangkan untuk samsung galaxy s6 edge mempunyai kamera 16 MP serta lensa f/1.8, itu menujukan bahwa samsung mendowngrade atau  menurunkan MP kamera pada versi yang sekarang gan.

Tetapi jangan salah dulu gan, bukan berarti hasil dari foto akan lebih jelek, nah S7 Edge menggunakan teknologi dual-pixel, yang berarti bahwa untuk setiap pixel, ada dua dioda peka cahaya bekerja secara bersamaan. ini berarti bawhaa 24 juta dioda bekerja sama secara bersamaan. sedangkan untuk kecepatan fokus pada cahaya gelap, s7 edge lebih juara gan di banding s6 edge, karena s7 edge dapat melakukan fokus 4 kali lebih cepat dibanding s6 edge pada cahaya rendah.

Jadi samsung galaxy s7 edge lebih fokus pada hasil gan kamera gan, karena MP tinggi belum tentu hasil fotonya bagus, karena s7 edge mempunyai  kontras yang lebih tinggi gan, sehingga hasil dari gambar samsung galaxy s7 edge akan lebih tajam gan.

 

 

Perbandingan s6 edge dan s7 edge dari Baterai

Sedangkan untuk baterai salah satu yang di sayangkan pada samsung galaxy s6 edge adalah kapastias baterai yang hanya 2.600 mAh, ini membuat para penggemar samsung kecewa, apalagi dengan baterai yang tidak bisa di lepas, pengguna jadi tidak bisa mengganti baterai cadangan ketika habis, ini memang salah satu kekurangan besar yang ada pada samasung galaxy s6 edge.

Tetapi permasalahan itu di bereskan pada samasung galaxy s7 edge, karena samasung galaxy s7 edge mempunyai kapastias baterai sebesar 3,600 mAh, ini dapat bertahan seharian penuh, bahkan untuk melakukan tugas-tugas berat.

Sedangkan untuk masalah charging, keduanya mempunyai fitur fast charging, yaitu fitur dimana kita bisa melakukan cas atau charging secara cepat, tetapi tentu samasung galaxy s6 edge akan lebih sering di charging dengan kapastias baterainya.

 

Perbandingan sepsifikasi lengkap samsung galaxy s6 edge dan samasung galaxy s7 edge

PerbandinganSamsung Galaxy S7 EdgeSamsung Galaxy S6 Edge
Tampilan5.5-inch Super AMOLED display
Quad HD resolution, 534 p
5.1-inch Super AMOLED display
Quad HD resolution
577 ppi
Prosesor2.1 GHz quad-core Qualcomm Snapdragon 820
Adreno 530 GPU
2.1 GHz octa-core Exynos 7420
Mali-T760MP8 GPU
RAM4 GB3 GB
Penyimpanan32 GB
memori external via microSD card up to 200 GB
32/64/128 GB
tidak ada memori external
Kamera12 MP rear camera, f/1.7, 1.4 µm pixel size, OIS
5 MP front-facing wide angle camera
16 MP rear camera, f/1.9, 1.12 µm pixel size, OIS
5 MP front-facing wide angle camera
KoneksiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth 4.2
GPS+GLONASS
NFC
microUSB 2.0
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth 4.2
GPS+GLONASS
NFC
microUSB 2.0
Baterai3,600 mAh 2,600 mAh
SoftwareAndroid 6.0 MarshmallowAndroid 5.1 Lollipop
Ukuran150.9 x 72.6 x 7.7 mm
157 grams
142.1 x 70.1 x 7 mm
132 grams

 

Perbandingan s6 edge dan s7 edge dari Harga

Untuk harga samsung galaxy s7 di luar negeri berkisar antara $800 atau sekitar Rp 10.000.000,00 – Rp 11.000.000,00 sedangkan untuk samasung galaxy s6 edge waktu pertama peluncuran sekitar Rp 12.000.000,00 –

 

 

Artikel Lain

Apa Aja sih Kelebihan Android 7.0 Nougat ? Ini Ula... Semua penggemar atau pengguna android di indonesia pasti sudah tahu bahwa android sudah meluncurkan android terbarunya yaitu android 7.0 nougat, perta...
Perlu di coba Tips dan trik oppo F1 dan cara mengg... Nah, setelah pada artikel sebelumnya kita membahas dan mereview oppo f1 dan keluarganya ( oppo f1s dan oppo f1 plus ) sekarang kita akan memabhas tips...
Cara mengatur fitur-fitur samsung galaxy s6 edge Samsung galaxy s6 edge merupakan smartphone paling beda tahun ini, sebab samsung galaxy s6 edge di lengkapi dengan layar melengkung di tepinya, tetapi...
Aplikasi android untuk download musik atau mp3 ger... Di playstore banyak aplikasi yang menawarkan untuk melakukan streaming musik online, seperti Spotify dan Deezer, tetapi itu membutuhkan paket data ket...
Tips Dan Trik Asus Zenfone 4 Setelah kemaren kita membahas permasalahan asus zenfone 5,  sekarang kita membahas tentang asus zenfone 4 tips dan triknya. Bagi pengguna Asus Zenf...

Share.

About Author

Super Admin

Leave A Reply