Apa itu oppo f1s ? ini review kami

5

Oppo f1 meruapakan keluarga oppo yang berbeda dari oppo oppo sebelumnya, jika kita melihat versi oppo sebelumnya tentu oppo f1 adalah terobosan baru dari oppo untuk menarik pembeli, dan oppo f1 ini mengusung moto selfie expert, dan tentu ini terbukti dengan kualitas kamera depan yang mumpuni, pada oppo f1 plus, kamerea depan lebih besar dari kamera belakang, dengan 16 MP, seedangkan oppo f1 kamera depan 8 MP.

Oppo f1s merupakan keluaran terbaru dari seri oppo f1, sebelumnya kita sudah tidak asing lagi dengan oppo f1 dan oppo f1 plus, dengan perbedaan yang mendasar pada kedua smartphone ini, terutama pada spesifikasi hardware dan kamera,  lalu bagaimana dengan spesifikasi oppo f1s ini? apakah berbeda? nah berikut adalah review oppo f1s dari kami.

Baca juga :  Ini dia kelebihan OPPO F1 PLUS yang perlu di ketahui

Baca juga : Duel oppo f1 vs xioami mi 5 bagus mana ? ini ulasan kami

Oppo F1s Desain atau Design

oppo f1s indonesia

oppo f1s indonesia

Oppo f1s mungkin dari segi desain hanya ada sedikit perubahan dari oppo f1,  jika terlihat dari depan seklias oppo f1 dan oppo f1s ini tidak ada perbedaan, tetapi jika kita lebih mencermati, kita akan melihat layar yang melengkung pada bagian depan, sehingga lebih nyaman ketika kita menggenggam oppo f1s ini.

oppo f1s design

oppo f1s design

Pada bagian depan kita akan menemukan tombol untuk sensor sidik jari, yang befungsi juga sebagai tombol home dan sensor sidik jari ini tidak ada pada oppo f1, berita bagusnya adalah, fungsi sidik jari pada oppo f1s ini bekerja dengan sangat baik seperti oppo f1 plus, bahan dasar body oppo f1s ini menggunakan bahan logam, sehingga nampak kesan premium dan elegan.

oppo f1s kamera

oppo f1s kamera

Selain tombol home yang berfungsi sebagai sensor sidik jari, pada bagian depan juga kita akan menemukan kamera depan serta sensor proximity dan sensor cahaya ( light sensors ), Sedang pada bagian belakang kita akan menemukan kamera belakang yang terkesna rata dengan body, jadi kamera tidak terlihat menojol pada oppo f1s, serta di samping kamera belakang terdapat flashlight.

sim card oppo f1s

sim card oppo f1s

Untuk masalah tombol power dan tempat kartu sim ada di bagian kanan, dibagian kiri seperti biasaa terdapat tombol volume, untuk masalah tombol seperti ini kami rasa tidak jauh berbeda dengan smartphone pada umumnya Dari segi desain, oppo f1s ini sangat nayaman dan ringan ketika di genggam.

sim card oppo f1s

sim card oppo f1s

Untuk sim card, oppo kali ini merubahnya, tidak seperti pendahulunya, oppo f1 dan oppo f1 plus, kali ini sim card dan slot MMC atau sd card di gabungkan pada 1 tempat, harapan oppo fitur ini dapat mempermudah pengguna

 

 

Display, screen atau layar oppo f1s

layar oppo f1s

layar oppo f1s

Untuk display atau layar oppo f1s ini mempunyai layar 5.5 inci dengan LCD display, dengan resolusi layar  1280 × 720 dan 267 PPi, serta menggunakan 2.5D curves, layar oppo f1s ini tergolong besar dan mempunyai tampilan HD tapi sayangnya resolusi layar sebesar 720p.

Mungkin bagi kita yang suka memutar video di youtube dengan resolusi video 1080p atau memutar video dengan resolusi 1080p, oppo f1s bukan pilihan yang tepat, dan juga video yang di rekam dari smartphone ini hanya 720p, jadi ini memang salah satu kelemahan dari oppo f1s ini, dengan ukuran layar yang besar namun resolusi hanya 720p.

Tetapi, walaupun resolusi layar oppo f1s ini terbilang kurang memuaskan, tapi untuk warna yang di hasilkan dari layar oppo f1s ini cukup baik, sehingga ketika kita menggunakan, mata kita tidak lelah jika kita terus-terusan menghadap layar oppo f1s.

 

Software oppo f1s

coloros 3.0


Untuk software oppo f1s ini  menggunakan sistem Android berbasis Android 5.1 Lollipop, dan juga menggunakan ColorOS 3.0 , ini juga disayangkan, ketika smartphone yang baru di luncurkan menggunakan android yang versinya sudah agak jauh.

Kenapa agak jauh? padahal kemungkinan bulan depan android 7.0 Nougat akan di rilis, jadi kami rasa menggunakan android lollipop pada oppo f1s ini sedikit kurang, lalu apakah android marshmallow akan segera di terima oleh oppo f1s ? jika tidak ini akan merepotkan tentunya, berarti kemungkinan jika memang oppo f1s ini support android 7.0 Nougat, hal yang buruk adalah, pengguna harus menunggu tahun berikutnya untuk mendapatkan update terbaru dari OS ini.

coloros 3.0

coloros 3.0

Dan ColorOS 3.0, ini adaalah IOS versi android, karena dari segi desain icon, dan lain-lainya, mirip seperti IOS, entah apa yang dipikirkan oppo tetapi memang kita bisa mengatakan bahwa ColorOS 3.0 ini meniru IOS bukan hanya mirip, tetapi ada beberapa kelebihan dari ColorOS 3.0.

Selain keliahatan lebih smooth atau lembut, ColorOS 3.0 ini juga nyaman ketika di gunakan, LAG berkurang dan kita dapat bermain game-game dengan lancar dan juga tidak ada banyak bloatware yang ada dalam ColorOS 3.0 ini, selain itu kita juga di manjakan dengan themes store yang dapat merubah lockscreen wallpaper secara otomatis.

 

Performa atau kinerja Oppo f1s

Pertama jika kita memmbicarakan performa, tentu kita akan membicarakan tentang hal-hal yang berpengaruh pada pergorma sebuah smartphone, nah pertama tentu prosesor, oppo f1s menggunakan prosesor  MediaTek’s MT6750 octa-core SoC, 1.5 GHz serta RAM 3GB dan internal memori 32GB.

Spesifikasi diatas jelas oppo f1s bukanlah sebuah smartphone yang mempunyai spesifikasi tingkat dewa, tetapi untungnya RAM 3 GB itu sangat membantu kita, ketika kita menggunakannya untuk melakukan multitaksing, serta banyakn app yang berjalan di background, oppo f1s bekerja dengan sangat baik walau dengan spesifikasi yang di sebutkan diatas.

Score AnTuTu Benchmark oppo f1s berkisar antara  41.000 poin sampai  42.000 poin, sedangkan untuk score Geekbench tunggal dan multicore adalah 702 – 705 dan 2900 – 2983. Jelas nilai diatas bukan meruapkan nilai unggulan untuk smartphone yang keluar tahun 2016.

Tetapi ketika kita menggunakanya oppo f1s tidak menujukan tanda-tanda panas yang berlebihan, dan ketika bermain game-game berat, sangat sedikit frame yang drops, secara keseluruhan kinerja atau performa oppo f1s ini hampir menyamai kinerja smartphone kelas premium.

 

 

Camera atau kamera oppo f1s

kamera depan oppo f1s

kamera depan oppo f1s

Seperti yang kita ketahui, bahwa oppo namai oppo f1 adalah selfie expert, dan tentu ini tidak ketinggalan oppo f1s juga tentunya, nah disni memang demikian adanya, oppo f1s dalam urusan kamera depan memang tergolong ampuh.

Pertama kita bahas adalah kamera belakang, kamera belakang oppo f1s ini memiliki sensor 13 MP dengan aperture f / 2.2, di tambah juga dengan LED pada kamera bagian belakang, kualitas gambar yang dihasilkan pada cahaya terang cukup bagus, warna gambar yang dihasilkan terlihat natural.

Sedangkan untuk kamera depan memiliki sensor 16 MP dengan aperture f / 2.0, dan juga di lengkapi dengan screen flash, dimana jika kita dalam posisi cahaya redup, maka screen flash dapat berfungsi sebagai LED, screen flash adalah ketika kita mengambil gambar, maka posisi screen akan berada pada brightness tertinggi, dan kali ini screen flash bekerja lebih baik dari oppo f1.

Gambar yang dihasilkan dari kamera depan terbilang bagus, dan wajar jika oppo menyebutnya selfie expert karena memang seperti itu dan layak untuk menyebut dirinya selfie expert, selain itu kamera depan juga dapat merkam video hingga 1080p.

Kedua kamera, kamera belakang dan depan pada oppo f1s ini mempunyai fokus yang cukup cepat, keduanya juga dapat membuat gambar yang dihasilkan lebih natural, tetapi pada cahay redup, kita akan melihat sedikit noise pada gambar yang di hasilkan.

Selain itu, oppo f1s juga di lengkaapi fitur-fitur pada app kamera, seperti Beautify 4.0 dan disana terdapat pilihan editan 7 pilihan cantik, selain itu juga di bekali Various Filter, yang memiliki beragam filter yang dapat kita gunakan untuk mempercantik hasil foto kita

Selain itu ada juga fitur palm shutter, fungsinya adalah mengambil gambar hanya dengan menggerakan telapak tangan kita, seperti orang dada-dada ke arah kamera tapi ini hanya menunjukan telapak tangan kita ke arah kamera, ini akan mempermudah saat kita melakukan selfie tentunya, ketika kita sudah siap, foto terambil.

 

Baterai atau battery oppo f1s

Baterai oppo f1s ini terbilang diatas rata-rata dari sebuah smartphone, dengan kapasitas baterai 3075 mAh, tetapi kita tahu bahwa layar oppo f1s ini mempunyai resolusi yang tidak terlalu memakan daya baterai, tentu dengan kapastias 3075 mAh baterai akan awet dalam penggunaan.

Selain itu oppo juga mengatakan bahwa coloros versi 3.0 adalah color os versi hemat daya, jadi perbaduan antara kapastias baterai, kemampuan smartphone dan juga software, cocok sekali untuk mengehmat daya baterai, nah hanya satu yang kurang, jika oppo f1s ini menggunakan android marshmallow tentu nilai plus pada baterai akan bertamabah sebab Moudse doze pada marshmallow dapat mengehmat baterai sedikit lebih lama.

 

Harga oppo f1s

Untuk haga oppo f1s di indonesia, sekarang masih berkisaran Rp 3.700.000,-

 

Kelebihan dan kelemahan oppo f1s

Tentu oppo f1s mempunyai banyak kelebihan dan kelemahan, kami sudah mengumpulkan hal-hal itu, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelebihan Oppo F1s

Kamera yang bagus
Baterai yang tahan lama
Performa yang stabil
Desain yang terkesan permium
Ui yang mudah di gunakan
Finger print bekerja dengan cepat
ColorOS 3.0 dengan fitur power saving, privacy mode, virus scanner dll

Kekurangan Oppo f1s

Desain yang tidak original
Resolusi hanya 720p
Masih menggunakan Android 5.1 Lollipop
Tidak ada fitur fast charging
baterai yang tidak dapat di lepas

Spesifikasi lengkap oppo f1s

ProcessorMediatek MT6750 Octa core 64bit Processor
GPUMali-T860 MP2
TampilanIPS TFT display with Gorilla Glass 4 protection
KameraKamera belakang : 13-megapixel
Kamera depan : 16-megapixel
RAM3 GB
microSD, up to 128 GB
Penyimpanan32 GB
SoftwareAndroid 5.1 Lollipop with ColorOS 3.0
KoneksiWi-Fi: 2.4/5GHz 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS, USB 2.0
Battery3075 mAh battery
Non-removable Li-Polymer
Ukuran154.50 x 76.00 x 7.38, 160 gram
SIM Card TypeDual Nano-SIM, dan microSD card slot.
FiturFingerprint, accelerometer, proximity, compass
SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
HTML5
- Fast battery charging
- Active noise cancellation with dedicated mic
- MP4/H.264 player
- MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
- Document viewer
- Photo/video editor
Jaringan GSM/WCDMA/LTE

GSM: 850/900/1800/1900MHz
WCDMA: 850/900/2100MHz
FDD-LTE: Bands 1/3/5 ; TD-LTE: Band 40
WarnaGold, Rose Gold, Grey

Demikian review kami tentang oppo f1s, apakah teman-teman mempunyai pandangan lain tentang smartphone ini? silahkan berikan komentar pada kolom komentar, teman-teman juga dapat membantu kami memberikan rating tenang smartphone ini pada rating dibawah ini silahkan klik rating pada user rating, dan jika teman-teman ingin bertanya tentang smartphone ini silahkan tanyakan ke kami pada kolom komentar, kami akan berusaha menjawab sebisa kami.

Penilaian Akhir

 

Penilaian Akhir

7.5 Cukup bagus

Oppo f1s merupakan smartphone yang laya menyandang gelar sebagai selfie expert, dengan hasil kamera yang mumpuni dan yang lebih hebat lagi adalah performa yang stabil dan juga pengurangan panas ketika di gunakan untuk multitaksing, hanya saja resolusi layar yang masih HD 720p, serta menggunakan Android 5.1 Lollipop.

  • Baterai 8
  • Tampilan 7.5
  • Kamera 8
  • Performa 7
  • Software 6.5
  • Desain 8
  • User Ratings (52 Votes) 6

Artikel Lain

Tips mengatasi softbrick Redmi 2/2A/Prime bergamba... Kali ini kita akan memberikan tutorial mengatasi softbrick redmi 2, dan jika teman-teman mempunyai kendala atau masalah tentang softbrick kami harap t...
Keuntungan mempunyai asus zenfone 3 (ZE552KL) Kita ketahui bahwa tahun 2016, persaingan smartphone menjadi sangat ramai, produsen-produsen bersaing untuk menujukan bahwa dirinya yang pantas menjad...
Masalah yang sering terjadi pada Android OPPO dan ... Note: untuk teman-teman yang ingin bertanya, silahkan ke forum kami, pertama registrasi lalu setelah itu buat trid baru, sebab pada kolom komentar sud...
Masalah pada android oppo dan cara mengatasinya ba... Kali ini kami akan membuat artikel mengatasi masalah android oppo dan tentu dengan cara mengatasinya, dan kali ini adalah bagian 2 dari mengatasi perm...
Rumor Samsung Galaxy S7 Harga, Tanggal Rilis Dan S... Kehadiran samsung galaxy s7 mungkin masih beberapa bulan lagi, akan tetapi sudah banyak yang menunggu dan tidak sabar untuk mengetahui kapan samsung g...

Share.

About Author

Super Admin

5 Comments

  1. apakah, oppo f1 s ini water froop karna kemarin aku nengok video di youtube yg oppo f1 s ini di masukkan dalam air dan masi bisa menyala.. ? mohon di jawap dengan jujur ya..

    • octa core itu berarti punya 8 core gans, jadi bedanya quad core dan octa core ini listnya

      Dual Core berarti punya 2 core
      Quad Core berarti punya 4 core
      Hexa Core berarti punya 6 core
      Octo Core berarti punya 8 core
      Deca Core berarti punya 10 core

      gitu kira-kira gans, paham kan gan maksud ane?

      • paham gan
        nah 1 lagi permasalah
        knp oppo f1s sya layar suka redup dan tiba2 terang sendiri,pdhal auto brightness dah sya off-in
        dlu sya juga pakai oppo versi lain,juga gtu
        apa oppo ini layarnya bisa otomatis mengetahui cahaya sekitar…

Leave A Reply