Berbagai masalah pada samsung galaxy note 4 dan cara mengatasinya

6

Samsung galaxy  note 4 merupakan salah satu smartphone andalan dari samsung, dengan fitur-fitur canggih serta S-pen andalannya, samsung galaxy s4 mampu bersaing dengan smartphone high-end lain, nah tetapi kali ini kita tidak akan membahas hal itu, kali ini kita lebih membahas permasalahan yang sering terjadi pada samsung galaxy note 4, karena sehebat apapun sebuah smartphone karena merupakan sebuah system, pasti akan merngalami kendala-kendala.

Kali ini kita akan membahas tentang samsung galaxy note 4 tepatnya tentang masalah-masalah yang biasa terjadi pada samsung galaxy note 4 dan tentu dengan cara untuk mengatasinya, kami akan terus mengupdate permasalahan-permasalah pada semua smartphone, agar para pembaca di anaksantai ini bisa menggunakan smartphone dengan maksimal dan bisa mengatasi kendala-kendala yang di alami smartphone tanpa harus membawanya ke service center, nah berikut adalah berbagai masalah pada samsung galaxy note 4 dan cara mengatasinya :

 

Baca juga : Permasalahan Layar atau screen samsung galaxy note 4

Baca juga : Mengatasi permasalahan Kamera pada samsung galaxy note 4

Baca juga : GALAXY NOTE 4 Mati ketika baterai tinggal 20 persen

 

Galaxy Note 4 Sering Restart

Banyak pengguna yang mengeluh galaxy note 4 sering restart dengan sendirinya, dan ini terjadi secara terus menerus. Ponsel ini akan restart sendiri tanpa alasan alasan yang pasti di ketahui.

Cara mengatasi :

  • Jika kita menggunakan kartu micro SD pada galaxy note 4 kita, maka yang pertama harus kita lakukan adalah memrika micro SD kita, keluarkan micro SD kita apakah reboot pada galaxy note 4 akan terjadi setelah di keluarkan, jika permasalahan reboot note 4 teratasi dengan cara ini, maka kita perlu memformat ulang micro SD, sebelum memformat lebih baik back up dahulu file pada micro SD, setelah itu format micro SD dengan cara masuk ke Settings > Storage > Format SD card.
  • Kita juga harus mencoba untuk factory reset, dan pastikan sebelum melakukan factory reset kita perlu untuk membackup semua data kita, cara factory reset pada samasung galaxy note 4 sebagai berikut : Settings > Backup and reset > Factory data reset > Reset device > Erase everything

 

Galaxy note 4 Dead pixels

Banyak pengguna yang mengatakan telah mendapatkan sebuah peringatan dead pixels pada screen note 4.

Cara mengatasinay :

  • Pertama kita cek dahulu dengan aplikasi Dead Pixel Detect, sreach di play store aplikasi ini, unduh dan instal.
  • Tapi jika kita tidak beruntung, maka kita perlu membawanya ke samsung center untuk mengganti dengan note 4 yang baru.

 

Galaxy note 4 baterai boros

Banyak pengguna galaxy note 4  yang mengeluh dengan borosnya baterai, dengan kapasitas baterai yang besar seharusnya baterai galaxy  note 4  bisa bertahan lama, ada banyak hal yang mengakibatkan hal ini terjadi.

Cara mengatasinay :


  • Matikan aplikasi yang tidak digunakan semisal Wi-Fi atau GPS
  • Gelapkan layar pada brighness
  • Cek aplikasi untuk di perbeharui melalui Settings – Device – Install system updates – Check now.
  • Pastikan kita melakukan restart pada note 4 setiap hari, agar system selalu fresh.
  • Masuk ke Settings > Battery dan lihat disana, aplikasi yang bisa memakan banyak daya baterai, jika menemukanya mungkin kita perlu uninstal jika tidak berguna dan disable jika kurang di gunakan.
  • Cobalah wipe cache partition, caranya : matikan note 4 lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power. Setelah note 4 bergetar ( vibrate ) lepaskan tombol power, tetapi tetap tekan volume up dan home sampai kita melihat Android System Recovery menu, gunakan volume down untuk memilih wipe cache partition lalu gunakan tombol power untuk enter.
  • Jika note 4 dalam keadaan root kita dapat menggunakan Wakelock Detector untuk mendapatkan beberapa informasi penting tentang baterai yang kita gunakan, kita bisa mencarinya di play store, selain itu kita juga bisa menghapus beberapa bloatware.
  • Factory Resetnote 4 dan instal kembali aplikasi dengan memilihnya secara selektif.

 

Galaxy note 4 masalah bata bluetooth

Banyak penggeuna yang mengeluh masalah bluetooh pada note 4, bluetooth mengalami masalah ketika mencoba untuk terkoneksi.

Cara mengatasinaya :

  • Pertama, coba matikan dan hidupkan kembali bluetooth lalu restart note 4 kita, cara ini biasanya berhasil.
  • Tetapi jika masih belum berhasil cobalah untuk mereset koneksi, kemungkinan kita sudah melebihi batas koneksi.
  • Cara berikutnya, masuk ke Settings > Bluetooth  lalu delete all the pairings, kemudian restart note 4 dan coba pair kembali.

 

Galaxy note 4 maslah pada wifi atau wi-fi

Seperti kebanyakan smartphone, note 4 juga sering mengalami masalah pada wifi, entah itu tidak mau terkoneksi atau koenksi wifi yang tidak stabil, cara mengatasinya sebagai berikut.

Cara mengatasinaya :

  • Pertama matikan note 4 dan router secara bersamaan untuk beberapa menit, lalu hidupkan dan coba koneksikan kembali.
  • Coba lihat ke Settings > Power saving, pastikan jika low baterai tidak mencegah untuk terkoneksi ke wifi.
  • Coba untuk forget connection masuk ke  Settings > Wi-Fi and Forget, lalu koneksikan kembali.
  • Lihat pada setting di router, pastikan MAC filtering hidup, atau add mac address note 4, kita bisa melihatnya di Wi-Fi > Settings > Advanced.
  • Pastikan kita menggunakan firmware terbaru

 

Galaxy note 4 LAG

Lag merupakan masalah umum pada setiap smartphone, apalagi jika kita menggunakannya secara intens, jelas itu sangat pasti sering terjadi, disni kita akan membahas cara menguranginya, mungkin tidak bisa mengatasi secara total jika tanpa factory reset.

Cara mengatasinya :

  • Open S Voice kemudian tekan tombol menu dibagian atas kanan cari  Open via Home key lalu matikan, ini mendeteksi double tap sebagai shortcut  untuk menjalankan S Voice sehingga akan menimbulkan lag.
  • Masuk ke Settings > About device dan tap Build number selama 7 kali atau lebih, lalu kembali ke settings lalu kita akan melihat Developer options. tap pada developer options dan setting Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale dari 1 menjadi 0.5 atau 0.
  • Samsung telah meluncurkan update terbaru dari galaxy note 4, dan jika kita update dapat mengatasi lag, cara untuk cek update terbaru sebagai berikut Settings > About device > Software updates > Update now.

 

Demikianlah permasalahan yang sering terjadi pada galaxy note 4, jika kalian punya masalah lain dan belum bisa diatasi, silahkan komen pada komentar dibawah

Artikel Lain

Pilihan-pilihan tersembunyi pada Android accessibi... Apakah anda sudah mengoptimalkan semua fitur android anda? jika anda menggunakan secara standart, maka anda perlu mencoba fitur-fitur pada Android acc...
Mengatasi masalah android kitkat dengan mudah Ini adalah versi android yang paling populer sekarang ini, android kitkat merupakan android versi ke 5 dari android dan untuk versi terakhirnya adalah...
Tips dan trik Android Marshmallow Yang Harus Dicob... Sudah banyak smartphone android yang memberikan update untuk android marshmallow, seperti yang dirasakan untuk yang sudah update versi androidnya, and...
Tips Dan Trik Asus Zenfone 4 Setelah kemaren kita membahas permasalahan asus zenfone 5,  sekarang kita membahas tentang asus zenfone 4 tips dan triknya. Bagi pengguna Asus Zenf...
Tips dan trik Fitur samsung galaxy s5 yang harus d... Samsung galaxy s5, banyak fitur yang tidak kita sadari terdapat pada samsung galaxy s5 sehingga kita tidak menggunakannnya secara maksimal, padahal ji...

Share.

About Author

Super Admin

6 Comments

  1. Gan, ketika HP ane di charging ada masalah.
    1. jadi pas charging dgn kondisi ane matiin, dari waktu kewaktu kadang charging trus ga charging lalu charging lagi (setiap berapa % sekali seperti itu) makanya sekarang lama bgt kalau charge apalagi dengan kondisi hidup
    2. ane baru beli batterai di samsung center, tp problemnya tetep.
    makasih gan

Leave A Reply