Cara mempercepat kinerja samsung galaxy s6 tanpa root

4

Samsung galaxy s6 merupakan salah satu smartphone high-end, begitu juga dengan harga yang fantastis tentunya, tetapi kita diberi kenyamanan berupa spesifikasi yang mumpuni sehingga samsung galaxy s6 dapat bekerja dengan baik, desain yang berubah dari samsung galaxy membuar harga yang fantastis itu sangat cocok dengan apa yang kita dapat.

Tetapi jika kita pengguna smartphone yang menggunakan smartphone untuk membawa beban yang berat atau bekerja dengan berat, tentu lama-kelamaan smartphone high-end apapun juga akan menurun kinerjanya, tak terkuciali dengan samsung galaxy s6, dan disni kami akan memberikan tips dan trik untuk mempercepat kinerja atau performa samsung galaxy s6 menjadi lebih baik ketika mengalami lambat atau lag, dan tentu tips dan trik ini tanpa root, berikut adalah tips dan triknya.

Baca juga : Tips dan trik Samsung galaxy s6 yang harus dicoba

Baca juga :  Cara mengaktifkan fitur-fitur samsung galaxy s6 edge

Baca juga : Perbandingan samsung galaxy s7 dan samsung galaxy s6

Selalu Bersihkan Cache

Jika kita terus menggunakan aplikasi-aplikasi, tanpa sadar dari aplikasi itu akan tersimpan cache, semakin banyak cache yang tersimpan ini akan membuat kinerja samsung galaxy s6 semakin lambat, karena memori akan terpenuhi oleh file-file cache tersebut, maka untuk menambah kinerja smartphone terutama samsung galaxy s6 yang sedang kita bahas, membersihkan cache adalah salah satu hal yang mudah tetapi efeknya dapat membuat kinerja dan performa samsung galaxy s6 menjadi lebih cepat dan tidak lag.

Cara membesihkan cache samsung galaxy s6

Cara membersihkan cache pada samsung galaxy s6 ini cukup mudah caranya, masuk ke Settings > App Manager lalu pilih app atau aplikasi yang ingin di bersihkan file cachenya, setelah terbuka menu-menu, pilih menu clear cache.

Clear app cache samsung galaxy s6

Clear app cache samsung galaxy s6

 

Mengganti Launcher

Selain clear cache aplikais, kita juga bisa mengganti launcher untuk menghindari lag atau leled atau performa samsung galaxy s6 kita yang menurun, mengganti launcher salah satu alternatif untuk mencegah hal-hal itu atau juga bisa mengatasi hal-hal tersebut.

Launcher-launcher banyak sekali diluar sana dan kita bisa menggantinya melalui website-website yang menyediakan, dan tentu ini geratis, lancuher-launcher tersebut diantaranya adalah  Nova Launcher, Solo Launcher dan dodol Launcher, karena lancuher-launcher ini bisa menampilkan lebih bersih dan lebih minimalis.

Selain itu, launcher-launcher ini juga menawarkan kinerja yang lebih stabil pada samsung galaxy s6 kita, sehingga sistem yang berjalan tidak terlalu memakan RAM dan tentu ini akan meminimalisir terjadinya lag atau lambat pada s6 kita, dan jika teman-teman ingin mengganti launchernya, kami sarankan lancuher-launcher yang kami sebut diatas.

Nova lauancher

Nova lauancher

Tetapi kami ingatkan, ini hanya alternatif saja, jika menginginkan kinerja samsung galaxy s6 yang sesungguhnya, lebih baik jangan mengganti launcher tersebut, ini hanya alternatif saja,

 

 

Animasi samsung galaxy s6

Kita diberi kebebasan untuk mengatur speed atau kecepatan animations dan page atau halaman transitions atau transisi pada samsung galaxy s6 melalui settings, tetapi sebelum melakukan setting pada fitur ini, kita harus mengaktifkan Developer Options dahulu.

Cara mengaktifkan Developer Options samsung galaxy s6

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan Developer Options samsung galaxy s6, pertama masuk ke Settings, lalu scrol kebawah dan tekan Build Number selama beberapa kali, setelah itu akan muncul Developer Options telah aktif.


Setelah itu kita bisa mengatur animation scale, dan berikut adalah cara mengatur animation scale

animation scale samsung galaxy s6

Masuk ke Settigns lalu masuk ke Developer Options, setelah itu scrol kebawah dan temukan  Window animation scale, dari sini kita bisa mengganti kecepatan animasi, ganti Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale dari 1 menjadi 0.5 atau 0.

 

Hapus aplikasi yang tidak di gunakan

Terlalu banyak aplikasi yang tidak berguna juga dapat membuat sebuah smartphone menjadi lambat bahkan sangat lambat, karena aplikasi yang tidak berguna itu akan berjalan pada background dan tentu ini akan membuat RAM smartphone menjadi penuh, kami sarankan jika ada aplikasi yang tidak digunakan, sebaiknya di delete saja, jika benar-benar tidak digunakan, ini akan membantu kinerja samsung galaxy s6 kita menjadi lebih cepat.

 

Jangan terlalu banyak widget

Mendelete aplikasi juga membuat smartphone samsung galaxy s6 kita menjadi lebih cepat, tapi jangan lupakan widget yang kita pasang, ada beberapa widget yang membuat smartphone kita menjadi leled, nah cari widget tersebut dan jangan aktifkan, pilih widget-widget yang terbaik untuk smartphone kita.

Kita bisa melihatnya pada Battery menu untuk mengidentifkasikan app yang terlalu banyak memakan daya baterai, jika memakan daya baterai terlalu banyak, itu berarti juga akan memakan daya pada smartphone kita.

 

Lakukan wipe cache partition

Biasanya data cache tidak menumpuk pada sistem samsung galaxy s6, ini yang akan membuat kita melambat, selain melakukan clear cache app kita juga melakukan clear cache pada sistem , dan ini disebut wipe cache partition, nah cara untuk melakukan wipe cache partition sebagai berikut.

Cara wipe cache partition samsung galaxy s6

Tekan dan tahan tombol Volume Up, Home , dan Power sampai kita melihat Samsung logo pada screen. Lepaskan tombol Power. sekarang kita berada dalam Recovery Mode.  Select Wipe Cache Partition menggunakan tombol Volume Down, lalu gunakan tombol Power untuk enter, setelah selsai reboot now.

 

Matikan background data aplikasi-aplikasi

Perlu diketahui bahwa aplikasi semacam twitter, gmail, facebook selalu  mencari data-data baru setiap saat, sehingga ini akan membuat kerja galaxy s6 semakin berat, nah lebih baik kita mendisable semuanya untuk mendapatkan performa lebih dari samsung galaxy s6, kita tetap akan mendapatkan pesan dan notifikasi baru ketika kita membuka aplikasi tersebut.

Disable background data untuk semua service.

Masuk ke Settings > Data usage  lalu pilih menu pada 3 titik di pojok atas, lalu uncheck atau lepas check list pada Auto sync data lalu tap ok.

Disable background data gmail dan google service lainnya.

Masuk ke Settings lalu pilih account setelah itu pilih google lalu pilih nama akun kita, lalu unchek google service yang tidak ingin kita gunakan.

Disable background data twitter.

Masuk ke Settings lalu pilih Account, dari Account kita pilih Twitter lalu uncheck Sync Twitter.

Disable background data facebook.

Masuk ke Aplikais facebook, lalu arahkan ke facebook settings menu, pilih Refresh Interval setelah itu pilih Never.

 

Lakukan factory reset

Fungsi factory reset adalah mengembalikan sistem pada settingan awal, seperti kita menginstall ulang OS pada windows, tetapi sebelum melakukan ini, lebih baik kita backup dahulu data-data penting kita.

Cara factory reset samsung galaxy s6

  • Tekan dan tahan tombol Power, Home dan Volume Up bersamaan.
  • Lepas tombol ketika logo android muncul, kita sudha masuk pada android recovery.
  • Scroll down menggunakan  tombol Volume Down dan pilih Wipe Data/Factory Reset menggunakan tombol Power
  • Scroll kebawah dan pilih Yes, Delete User Data dan gunakan tombol Power untuk enter.
  • Lalu pilih reboot system now

 

Demikian cara mengatasi samsung galaxy s6 yang menjadi lambat, cara ini juga bisa berguna untuk samsung galaxy s6 edge dan edge+, dan jika teman-teman mengalami permasalahan yang lain dan belum teratasi, silahkan komentar pada kolom komentar, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami.

Artikel Lain

Ini dia kelebihan Oppo r7 plus yang harus di ketah... Baik, setelah kemaren kita membahas dan mereview tentang oppo r7, sekarang waktunya untuk membahas oppo r7 plus, nah apa sih kelebihan dari smartphone...
Apa Aja sih Kelebihan Android 7.0 Nougat ? Ini Ula... Semua penggemar atau pengguna android di indonesia pasti sudah tahu bahwa android sudah meluncurkan android terbarunya yaitu android 7.0 nougat, perta...
Cara mempercepat charging atau cas pada android Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone membutuhkan waktu untuk mencharger atau cas sampai penuh, tetapi bagaimana jika kita terburu-buru ? tentu t...
Mengatasi permasalahan Kamera pada samsung galaxy ... Samsung galaxy note 4 merupakan salah satu smartphone andalan samsung walaupun sekarang telah hadir generasi penerusnya yaitu samsung galaxy note 5, t...
Samsung Galaxy Note 7 Hands On, Raksasa Andalan Sa... Kali ini kita akan membahas tentang samsung galaxy note 7, setelah beberapa saat kemaren samsung merilis galaxy s7, sekarang samsung menghadirkan kemb...

Share.

About Author

Super Admin

4 Comments

  1. Hendra Wahyudi on

    tadi nya mau memperbarui semua aplikasi dengan versi baru,terus aku intals dan HP nya restar sendiri,terus aku matikan HP nya malah gagal memperbarui,HP nya eror keluar tulisan kaya contoh:(sayang nya —– telah berhenti

Leave A Reply