Cara mempercepat samsung galaxy s5 yang lambat

0

Kita pasti tau semua bahwa samsung galaxy s5 masih menjadi primadona bagi pengguna smartphone android, karena memang samsung galaxy s5 ini mempunyai spesifikasi yang sudah mumpuni, walau sekarang banyak smartphone baru, tetapi posisi samsung galaxy s5 masih belum tergoyahkan dari dunia smartphone, bahkan oleh penerusnya sendiri, samsung galaxy s6.

Nah tentu permasalahan karena seringnya pemaikan itu bakal terjadi pada samsung galaxy s5, seperti boros baterai, panas, dan lag itu bakal terjadi, dan kali ini kami akan membahas permasalahan lag atau lambat pada samsung galaxy s5, jadi jika smartphone samsung galaxy s5 kalian mengalami lambat dan sering lag cobalah baca artikel ini sampai selesai untuk mengatasi, dan baik tanpa basa-basi lagi kami akan memberikan tips dan trik mempercepat samsung galaxy s5 yang lambat.

Baca juga : Permasalahan aplikasi atau app samsung galaxy s5

Baca juga : Masalah yang sering terjadi pada samung galaxy S5 dan cara mengatasinya

Baca juga : Tips dan trik Fitur samsung galaxy s5 yang harus di coba

Baca juga : Bingung galaxy s5 atau note 4 ? coba baca ini gan !

 

Pertama Uninstall atau disable aplikasi yang tidak di butuhkan

Jangan menyimpan terlalu banyak aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan, karena ini akan memperlambat kinerja sebuah smartphone dan dalam kasus ini adalah galaxy s5, sebab data dan cache aplikasi yang terus berada di dalam sistem itu akan bertambah, dan jika tidak digunakan tentunya ini akan sangat merugikan kita.

Cara disable aplikasi yang tidak dibutuhkan

Kita dapat mendisable atau turn off aplikasi yang tidak dibutuhkan samsung galaxy s5 melalui Settings > Applications > Applications manager setelah itu geser ke tab All dan pilih aplikasi yang akan di uninstall dan tentu yang tidak kita butuhkan lalu setelah itu klik aplikasi tersebut dan pilin turn off atau disable.

 

 

Setting Limit background processes

Jika galaxy s5 kita mengalami lag dan lambat, mari kita lihat proses yang berjalan pada background, apakah terlalu banyak aplikasi-aplikasi yang berjalan disana? dan jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan disana, tentu ini yang akan membuat sistem menjadi lag, sering crash dan akan lambat, untuk menambah kecepatan pada performa samsung galaxy s5, kita perlu melakukan settingan agar aplikasi yang berjalan pada background tidak memenuhi memori.

Cara Limit bacground processes samsung galaxy s5

Untuk melakukan proses ini, pertama kita harus mengaktifkan developer options, nah untuk mengaktifkannya caranya masuk ke Settings > About phone  lalu tap atau tekan-tekan Build Number sebanyak 7 kali atau lebih.

Setelah itu kita kembali ke Settings lalu pilih developer options lalu kita scroll down kebawah dan pilih limit background processes. Kita bisa melakukan settings proses menjadi 0 atau kosong untuk memaksimalkan kinerja samsung galaxy s5 kita.

 

Matikan Lock Screen animations

Lock screeen animations atau ketika layar kita terkunci kita akan melihat animasi-animasi pada layar, ini juga berperan yang membuat galaxy s5 kita menjadi lag, sehingga lebih baik kita matikan animasi pada lock screen, setelah fitur ini dimatikan kita akan merasakan bahwa galaxy s5 kita akan menjadi lebih cepat dan tidak terjadi lagi lag.

Cara matikan lock screen animations

Untuk mematikan lock screen animations caranya masuk ke Settings lalu masuk ke Lock screen dan pilih unlock effect setelah kita masuk pada unlock effect lalu kita pilih none.

 

 

Selalu Update samsung galaxy s5

Seringkali kita mengabaikan updatean software yang biasanya muncul dalam notifikasi bar diatas layar kita, padahal ini sangat penting sebab sistem baru itu dapat menutup kelemahan-kelamahan sistem lama, sehingga jika kelemahan sistem lama sudah teratasi oleh updatean sistem yang baru, maka lag dan masalah-masalah lain biasanya dapat teratasi dengan melakukan system update pada samsung galaxy s5.

Melihat updatean terbaru

Jika kita telah menghapus notifikasi update terbaru pada notifi bar diatas layar samsung galaxy s5, maka jika kita ingin melakukan update kita harus melihatnya secara manual pada Setting lalu masuk ke About Phone, lalu lihat jika ada update terbaru maka lakukan update, tetapi sebelum melakukan update sebaiknya pastikan hal hal berikut :


  • back up dahulu data-data penting kita.
  • Pastikan baterai samsung galaxy s5 dalam keadaan 50 % agar tidak drop ketika melakukan update.

 

Jangan gunakan tombol Home untuk Shortcut S voice

Samsung galaxy s5 secara otomatis akan membuka s voice ketika kita menekan 2 kali tombol, tetapi jika kita menekan tombol home sekali, maka untuk masuk ke home akan membutuhkan waktu beberapa saat karena fitur ini, sistem akan menunggu apakah ada tekanan kedua sehingga walau tujuan kita menekan sekali untuk masuk home, sistem tetap akan menunggu sebelum merespon kembali, nah sebaiknya kita matikan fitur ini saja untuk mempercepat kinjera samsung galaxy s5.

Cara disable fitur tombol Home untuk Shortcut S voice

Pertama masuke app lalu cari aplikasi S voice

Lalu jika kita belum melakukan set up, kita set up dahulu s voice.

Lalu pilih setting dari menu ( titik 3 pada pojok atas )

Lalu hapu centang pada Open via home key.

 

 

Turn off home screen transitions

Cara untuk turn of home screen transitions sebagai berikut

Tekan dan tahan area kosong pada Home screen.

Lalu tap home screen settings.

Pilih Transition effect.

Lalu pilih none.

 

Matikan Animasi

Animasi pada samsung galaxy s5 dan lainnya juga dapat membuat lag, sebaiknya fitur ini kita matikan saja atau turn off agar galaxy s5 dapat bekerja lebih cepat.

Cara turn off animasi

Masuk ke Settings > About device dan tap Build number selama 7 kali atau lebih, lalu kembali ke settings lalu kita akan melihat Developer options. tap pada developer options dan setting Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale dari 1 menjadi 0.5 atau 0.

 

Matikan background data aplikasi-aplikasi

Perlu diketahui bahwa aplikasi semacam twitter, gmail, facebook selalu  mencari data-data baru setiap saat, sehingga ini akan membuat kerja galaxy s5 semakin berat, nah lebih baik kita mendisable semuanya untuk mendapatkan performa lebih dari samsung galaxy s5, kita tetap akan mendapatkan pesan dan notifikasi baru ketika kita membuka aplikasi tersebut.

Disable background data untuk semua service.

Masuk ke Settings > Data usage  lalu pilih menu pada 3 titik di pojok atas, lalu uncheck atau lepas check list pada Auto sync data lalu tap ok.

Disable background data gmail dan google service lainnya.

Masuk ke Settings lalu pilih account setelah itu pilih google lalu pilih nama akun kita, lalu unchek google service yang tidak ingin kita gunakan.

Disable background data twitter.

Masuk ke Settings lalu pilih Account, dari Account kita pilih Twitter lalu uncheck Sync Twitter.

Disable background data facebook.

Masuk ke Aplikais facebook, lalu arahkan ke facebook settings menu, pilih Refresh Interval setelah itu pilih Never.

 

Selalu restart samasung galaxy s5

Usahakan selalu rajin merestart galaxy s5 kita, minimal sehari 1 kali agar system kembali fresh, sehingga dapat bekerja dengan maksimal dan tidak mengalami lag, diusahakan saat merestart kita juga melepas baterai dan tunggu sampai 1 menit lalu pasang kembali baterainya dan setelah itu hidupkan kembali.

Lakukan wipe cache partition

Gara data cache tidak menumpuk pada sistem samsung galaxy s5, sebaiknya kita lakukan wipe cache partition, nah cara untuk melakukan wipe cache partition sebagai berikut.

Cara wipe cache partition samsung galaxy s5

Tekan dan tahan tombol Volume Up, Home , dan Power sampai kita melihat Samsung logo pada screen. Lepaskan tombol Power. sekarang kita berada dalam Recovery Mode.  Select Wipe Cache Partition menggunakan tombol Volume Down, lalu gunakan tombol Power untuk enter, setelah selsai reboot now.

 

Lakukan factory reset

Fungsi factory reset adalah mengembalikan sistem pada settingan awal, seperti kita menginstall ulang OS pada windows, tetapi sebelum melakukan ini, lebih baik kita backup dahulu data-data penting kita.

Cara factory reset samsung galaxy s5

  • Tekan dan tahan tombol Power, Home dan Volume Up bersamaan.
  • Lepas tombol ketika logo android muncul, kita sudha masuk pada android recovery.
  • Scroll down menggunakan  tombol Volume Down dan pilih Wipe Data/Factory Reset menggunakan tombol Power
  • Scroll kebawah dan pilih Yes, Delete User Data dan gunakan tombol Power untuk enter.
  • Lalu pilih reboot system now

 

Nah demikian cara mengatasi samsung galaxy s5 yang mengalami lag atau lambat, jika teman-teman masih mempunyai pertanyaan lain, silahkan kirimkan komentar pada kolom komentar, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami, nah kami juga sudah menuliskan artikel agar baterai smartphone samsung galaxy s5 tahan lama disni, silahkan baca untuk membantu mengehmat baterai teman-teman

 

Artikel Lain

Cara downgrade, upgrade atau unbrick asus zenfone ... Kali ini kami akan membuat tutorial cara melakukan downgrade dan upgrade manual pada asus zenfone 2, selain itu kami juga akan memberikan cara mengata...
Perbandingan Sony Xperia Z3 dan LG G3 Di jagad android kita pasti tidak asing lagi dengan sony xperia z3 dan LG G3, kedua smartphone high-end ini memang menjadi primadona bagi sebagaian pe...
Tips dan Trik Fitur-fitur Pada Samsung Galaxy s3 Samsung galaxy s3 mungkin adalah smartphone yang sudah lama dari samsung, tetapi masih banyak pengguna android yang menggunakan salah satu smartphone ...
Spesifikasi lengkap Mi MIX Dengan Full ceramic bod... Xiaomi sepertinya berkembang pesat, dan sekarang mengembangkan tekhonolgi terbarunya pada smartphone terbarunya  yaitu xiaomi mi mix, dengan konsep da...
Perbandingan Xiaomi mi note 2 vs Iphone 7 plus man... Kali ini kami akan membandingan antara xiaomi mi note 2 dengan iphone 7, kita akan membandingan dari kinerja atau prformance, kamera, spesifikasi leng...

Share.

About Author

Super Admin

Leave A Reply