Cara mudah dan cepat mengganti font pada android

0

Pasti kita sering merasa jenuh dengan font android yang itu-itu saja, ada beberapa pilihan sih, tapi kita tetep akan merasa jenuh bukan? ya banyak orang kok yang ngalamin hal itu, dan disni kami akan memberikan tips mudah bagaimana mengganti font pada android yang berbeda-beda, jadi font android kita tidak itu-itu saja, selain itu, disni juga kita bisa mengganti font-font dengan font yang unik, jadi kebosanan dalam pengoprasian android tentu akan teratasi, cara ini adalah untuk mengganti font di luar font-font yang sudah di sediakan pada android, dan jika teman-teman ingin mengganti font pada android yang sudah disediakan, kita cukup menggantinya di settings android kita, tidak perlu melakukan cara yang akan kami jelaskan ini, cara ini hanya untuk mengganti font diluar font yang di sediakan oleh sistem android.

Tetapi kita juga perlu menyesuaikan lagi ketika sudah mengganti font, karena kebiasaan kita menggunakan font yang monoton, maka ketika font berubah, kita akan menjadi sedikit bingung, keadaan seperti ini wajar, dalam beberapa hari kita juga sudah terbiasa dengan font baru kita, dan berikut adalah cara mudah dan cepat mengganti font pada android, ada dua cara menggantinya, pertama dengan cara manual, kedua dengan cara menginstal aplikasi dari play store.

Baca juga : Cara mudah mengganti Font pada MIUI 8 Tanpa Root

 

Menggunakan Hifont

Pertama adalah menggunakan aplikasi yang dinamakan hifont, nah aplikais ini sudah pernah di test dan berfungsi baik untuk mengganti font android smartphone kita, tetapi perlu di garis bawahi, menggunakan aplikasi ini tidak semua smartphone dapat berjalan tanpa root, jadi ada beberapa smartphone yang harus di root dahulu agar bisa menggunakan aplikasi ini.

Untuk smartphone yang tidak membutuhkan root adalah Samsung Galaxy S3, S4, S5, Note, Note II, dan Note III, dan smartphone yang lain kita membutuhkan root untuk menggunakan aplikasi ini, root banyak resiko, diantaranya garansi hilang dan terkadang jika tidak paham betul melakukan root, dapat terjadi softbrick pada smartphone kita.

Cara melakukan

Pertama kita perlu mendownload aplikasi tersebut pada google play, kita bisa membuka aplikasi play store pada smartphone kita, lalu kita ketik kata kunci hifont dan kita download aplikasi tersebut.

Hifont pada android

Hifont pada android

Setelah kita berhasil menginstal aplikasi hifont, lalu kita buka aplikasi tersebut, dan nanti kita akan diberi banyak pilihan font untuk kita download dan gunakan, dan tentu, semua font tersebut geratis.

Jika kita menggunakan smartphone samsung, untuk mengganti font ini sangat mudah, tinggal klik saja font yang kita inginkan, lalu terdownload lalu pilih font yang kita ingin gunakan tadi.

download font

download font

Dan jika smartphone kita selain samsung, maka kita perlu melakukan rooting, setelah itu kita reboot dan ikuti langkah-langkah seperti diatas, selain itu hifont juga dapat merubah ukuran font seperti ukurang yang kita inginkan.

 

Menggunakan Ifont

Prinsip dasar ifont hampir sama dengan hifont pada umumnya, ada beberapa smartphone yang perlu di root sebelum menggunakan aplikasi ini, dan untuk smartphone yang tidak perlu diroot adalah Samsung Galaxy S3, S4, Note, dan Note II, dan untuk smartphone lain kita perlu melakukan root jika menginginkan merubah font dengan aplikasi ini.

Cara melakukan

Kita bisa mendownloadnya pada play store, kita buka play store lalu kita cari dengan kata kunci ifont, setelah itu download dan instal, dan ini geratis.

Setelah kita instal, buka aplikasi hifont pada smartphone kita.

Dalam penggunaan ifont cukup mudah, kita bisa merubah ukuran font, mendownload font, atau mengganti font hanya dengan sekali klik saja.

Ifont pada android

Ifont pada android

 

ifont pada android

ifont pada android

kita juga bisa melakukan preview pada aplikasi ini, sehingga kita dapat mengkostimasi dengan baik dan sesuai selera kita karena kita bisa melakukan preview sebelum memastikan akan menggunakan font itu atau tidak.


 

 

Melakukan flash pada font

Cara yang ini kita tidak perlu  melakukan root pada smartphone kita ketika ingin mengganti font kita, tetapi memang agak ribet menggunakan cara ini, cara ini hanya mengganti stock font kita menggunakan font baru, atau flash ulang font kita.

Walaupun yang sudah paham android akan mudah menggunakan cara ini, tetapi untuk menjaga keamaan, lebih baik backup dahulu data-data kita agar lebih aman, hanya untuk pengamanan kenapa tidak? dan backup adalah salah satu pencegahan yang terbaik dari pada harus kehilangan data-data.

Cara melakukannya

Note : disni kami hanya akan memberikan cara, tips dan trik, semua resiko pada smartphone bukan tanggung jawab kami, semua penuh tanggung jawab pembaca dan cara ini dapat dilakukan pada android 4.0 ke atas

Pertama kita perlu mendownload font dahulu, kali ini kita akan menggunakan font yang dibuat seorang develpoer pada forum xda, file font tersebut dalam bentuk zip dan kita bisa mendowloadnya disni

Setelah kita download, lalu simpan file zip tadi pada, kita bisa menyimpannya pada memori internal atau external, terserah kita mau yang mana  bebas, tapi kami sarankan di external memori atau SD card.

Setelah itu booting smartphone kita pada recovery  mode, disni nanti kita bisa melakukan flashing font kita, dan cara masuk recovery mode smartphone berbeda-beda, jika teman-teman tidak paham caranya, silahkan tanyakan kepada kami caranya dengan smartphone yang teman-teman punya, teman-teman bisa bertanya pada kolom komentar dibawah artikel ini.

  • Setelah masuk recovery mode, pilih Install atau Install from SD card.
  • Lalu arahkan pada folder dimana tadi kita menyimpan file font tadi.
  • Pilih file zip tadi dan ok
  • Tunggu sampain font terinstall, lalu arahkan kembali ke tempat dimana kita bisa melakukan wipe data.
  • Setelah itu wipe dalvik cache.
  • Setelah selsai, reboot smartphone kita

Jika semua benar, maka kita sudah bisa memilih font yang akan kita gunakan, tetapi jika kita mengalami bootloop atau stuck di logo setelah melakukan cara ini, restore smartphone kita dan ulangi lagi.

 

 

Menggunakan ADB

Untuk menggunakan ADB, pertama kita harus mempunyai file adb dalam pc atau laptop kita, kedua pastikan USB debugging pada smartphone kita aktif, dan jika kita belum pernah menggunakan adb, lebih baik pelajari dulu apa itu adb, agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan cara ini.

Note : disni kami hanya akan memberikan cara, tips dan trik, semua resiko pada smartphone bukan tanggung jawab kami, semua penuh tanggung jawab pembaca.

Pada cara ini kami akan menggunakan contoh font yang akan kita ganti, misal nama font yang akan kita ganti adalah rosemary, dan ingin kita ganti dengan nama font century, berarti kita akan mengganti century.ttf dengan rosemary.ttf, ini adalah format sebuah font.

Cara melakukannya

Pertma, sambungkan smartphone kita dengan PC atau laptop, setelah smartphone kita terdeteksi pada ADB, lalu melalui adb kita rubah nama font kita dari century.ttf menjadi rosemary.ttf.

Lalu setelah kita ganti  menjadi rosemary.ttf, copy paste file tadi pada SD card, biasanya folder ini berada di /sdcard

Setelah itu buka command prompt pada adb.

Lalu ketik perintah

  • adb shell

Setelah itu

  • su
  • mount -o remount,rw /system

Dan untuk menjaga-jaga kita backup juga font rosemary.ttf caranya sebagai berikut

  • cd /system/fonts
  • mv rosemary.ttf rosemary.ttf.bak

Setelah itu kita perlu copy file rosemary.ttf tadi ke tempat dimana font ini akan di gunakan, untuk melakukanya caranya sebagai berikut.

  • cp /sdcard/rosemary.ttf /system/fonts

Selanjutnya nanti kita akan di konfirmasi bahwa file adalah readable, jika file tidak bisa di read, makan smartphone kita akan brick, file yang readable akan mendapat permision 644 atau 666.

untuk memastikan masukan perintah

  • chmod 644 rosemary.ttf

Setelah itu keluar dari command prompt tadi dengan cara

  • exit

Setlah itu, reboot smartphone kita, dan font sudah berubah.

 

Demikan cara mudah dan gampang mengganti font pada smartphone androdi, jika cara-cara diatas ada yang teman-teman belum paham, silahkan komentar pada kolom komentar, dan tanyakan pada kami, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami.

Artikel Lain

Cara Zoom Gambar Pada Instagram Cara Zoom Gambar Pada Instagram Hampir semua pengguna android terinstal instagram pada Androidnya, dan tentunya juga mempunyai akun instagram, tetapi...
Keyboard SwiftKey samsung galaxy bisa di hack peng... Para pengguna samsung galaxy dalam bahaya, karena ditemukan kelemahan atau celah keamaanan pada keyboard samsung galaxy, hacker dapat mengakses melalu...
Permasalahan pada oneplus 2 dan cara mudah mengata... Kali ini kami akan membahas tentang oneplus 2, sebuah smartphone yang tergolong canggih ini, nah kali ini kita memang tidak akan membahas spesifikasi ...
Ini dia kelebihan OPPO F1 PLUS yang perlu di ketah... Kali ini kami akan membahas tentang oppo f1 plus yang di rilis pada bulan januari kemaren, nah disni kami akan membahas tentang spesifikasi, software ...
Ulasan Lengkap Oppo R7 Spek Gahar Desain Premium Kali ini kita akan membahas dan mengulas atau dalam bahasa kerennya mereview oppo r7, apa sih kelebihan dari smartphone ini? tentu ini yang membuat ki...

Share.

About Author

Super Admin

Leave A Reply