Cara untuk menghentikan update otomatis pada google play

6

Kali ini kami akan membuat artikel tentang bagaiman cara untuk mengehentikan update otomatis pada play store atau google play, mungkin jika kita menggunakan wi-fi untuk koneksi android ini tidak akan menjadi masalah, tetapi bagaimana jika kita menggunakan paket data? tentu ini akan menjadi masalah untuk kita, karena terkadang kita tinggal memiliki paket data sedikit dan google play melakukan update otomatis, tentu akan membuat kita jengkel karena paket data habis hanya untuk update.

Disni kami akan memberikan cara bagaimana untuk mengehntikan itu, sehingga kita bisa memilih melakukan update manual setelah kita mempunyai paket data yang banyak atau ketika kita sedang terkoneksi wifi, dan berikut adalah cara untuk menghentikan update otomatis atau auto update pada google play atau play store.

Baca juga : Update Eror kode atau error code play store dan cara mengatasinya

Baca juga : Cara mengurangi setengah penggunaan mobile data ( dalam lima langkah mudah )

Baca juga : Lupa pas kunci layar dan pattern android dan solusinya sangat mudah
Jika kita menggunakan pengaturan default atau secara umum atau pengaturan awal, kita diberikan pengaturan otomatis update sebuah aplikasi yang sudah kita instal atau disebut juga auto-update apps, memang update terbaru selalu  memberikan efek yang baik bagi sebuah smartphone dalam kinerja, terutama menutup-menutup celah atau bugs sebauh aplikasi, sehingga pembaharuan perlu ketika developer aplikasi tersebut sudah menutup kelemahan tersebut, dan tentu tujuan auto-update apps merupakan hal yang baik untuk sebuah smartphone android.

auto update aplikasi android

auto update aplikasi android

Tetapi bagi pengguna mobile data atau paket data internet, tentu ini sangat mengganggu karena seperti yang disebutkan di awal, dalam keadaan paket data dengan quota minim, lalu aplikasi terupdate otomatis, tentu ini akan membuat kita emosi karena kehabisan kuota, sehingga update secara manual adalah pilihan terbaik untuk pengguna mobile data, tetapi kita tetap akan menerima notifikasi bahwa ada update terbaru dari aplikasi-aplikasi yang telah kita install.

 

Cara disable auto-update apps atau update otomatis pada google play

Nah sekarang kita akan masuk bagaimana cara untuk mematikan atau mendisable auto-update apps pada play store atau google play, langkah-langkahnya cukup mudah.

Langkah-langkah

Langkah pertama adalah membuka aplikasi play store

Setelah itu pilih menu pada pojok kiri atas ( 3 garis ) lalu tap atau tekan pada menu tersebut

Setelah masuk ke menu, pilih Settings lalu akan muncul Pop Up, dan centang pilih Do not auto Update app dan untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini

Google Play settings auto update apps atau update otomatis aplikasi

Google Play settings auto update apps atau update otomatis aplikasi

Pada gambar tersebut terdapat 3 pilihan yaitu Do not auto-update apps, Auto-update apps at any time. Data charges may apply, dan Auto-update apps over Wi-Fi only.


Pengertian Do Not auto-update apps adalah seperti yang dimaksud dalam postingan ini, kita tidak akan menggunakan fitur update otomatis pada aplikasi yang terinstal.

Pengertian Auto-update apps at any time. Data charges may apply adalah kita akan melakukan update otomatis setiap ada pembaharuan baru dari sebuah aplikasi yang terinstal, dan mobile data akan digunakan jika tidak terkoneksi ke wifi.

Pengertian Auto-update apps over Wi-Fi only adalah kita akan melakukan auto update atau update otomatis setiap kali kita terkoneksi dengan wifi sedangkan jika tidak terkoneksi dengan wi-fi maka kita akan melakukan update manual.

 

 

Cara update manual pada google play atau play store

Karena kita sudah mematikan atau mendisable auto update, maka ketika kita ingin melakukan update atau ada notifikasi update pembaharuan aplikasi, maka kita akan melakukan manual.

Cara pertama

Biasanya jika ada aplikasi yang akan terupdate, kita mendapat notifikasi di notifikasi bar diatas layar smartphone kita, nah jika kita ingin melakukan update ketika terdapat notifikasi, maka buka notifikasi tersebut, lalu tap pada notifikasi tersebut setelah itu kita tap update.

Cara kedua

Cara keedua adalah dimana kita melewatkan notifikasi yang muncul, semisal kita tidak langsung melakukan update, tetapi menunggu sampai kita mempunyai pake data atau mobile data yang cukup untuk melakukan update, maka caranya sebagai berikut:

Pertama buka play store

Setelah itu pilih menu pada pojok kiri atas ( 3 garis ) lalu tap atau tekan pada menu tersebut.

Setelah itu tap atau tekan pada My apps & games.

Dan jika kita mendapati banyak aplikiasi yang ingin di update, dan kita ingin melakukan update semua pada aplikasi tersebut, cukup tekan tombol Update All.

Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini

cara update manual aplikasi android

cara update manual aplikasi android

 

Tetapi jika kita ingin melakukan update pada 1 atau 2 aplikasi saja, maka kita perlu memilih aplikasi yang akan kita update pada My apps & games dengan cara menekan lalu akan muncul halaman baru, dan pilih Update

Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini

update satu aplikasi

update satu aplikasi

 

Demikian Cara untuk menghentikan atau disbale update otomatis pada google play atau play store, jika teman-teman masih mempunyai kesulitan lain, silahkan tanyakan kepada kami melalui kolom komentar, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami

Artikel Lain

Mengatasi masalah-masalah samsung galaxy s6 edge+ ... Halo kawan anaksantai, kali ini kita akan membahas masalah-masalah yang sering terjadi pada samsung galaxy s6 edge+, loh samsung galaxy s6 edge+ di kl...
Daftar harga smartphone android di bawah 3 juta Artikel kali ini akan membahas daftar harga smartphone, dan khususnya kami akan membahas harga-harga smartphone android yang murah, disni kami hanya a...
Mengatasi Sony Xperia Z1 Yang Boros Baterai Sony xperia z1 adalah smartphone yang cukup lama di rilis ya itu tahun 2013, walaupun sony xperia z1 ini sudah lama di rilis tetapi peminat masih sang...
Cara mudah Unbrick Asus Zenfone 6 dan zenfone 5 kali ini kita akan membahas cara mudah Unbrick Asus Zenfone 6 dan asus zenfone 5, mungkin bagi pengguna asus zenfone sering kali kita mengalami masala...
Pengguna LG G3 Harus Coba Tips Dan Trik Berikut Kita ketahui, LG G3 merupakan salah satu smartphone high-end dan di gadang-gadang oleh LG menjadi pesaing berat bagi sejumlah smartphone yang ada saat...

Share.

About Author

Super Admin

6 Comments

    • AnakSantai on

      wah kalo cara lain kami blm nemu, tapi seharusnya jika sudah benar itu tidak download otomatis, btw yg download otomatis app yang agan install atau jangan-jangan itu adalah app lain?

  1. Gimana yah, di galaxy note5 sy, sy tidak peenah menginstal suatu aplikasi, tp tiba2 terinstal dgn sndrnya. Sdh di uninstal, dan nnti terinstal lg dgn sendrinya. Trmksh …

Leave A Reply