Ciri-ciri makhluk jenius di facebook akhir-akhir ini

0

Kali ini saya akan membahas tentang facebook, akhir-akhir ini banyak sekali perdebatan gak karu-karuan, dan aku sendiri sih kadang yang tertarik juga untuk masuk ke dalam perdebatan. Ramainya perdebatan bahkan pernah ada status seseorang, yang di komentari 4 orang, dan jumlahnya sampai ribuan, 4 orang ini saling berbalas komentar, berjilid-jilid, tapi akhirnya statusnya di hapus, sayang banget padahal itu bisa menjadi rekor komentar status terbanyak hanya dengan 4 orang.

Nah kembali ke pembahasan, dikarenakan fenomena di sosial media, terutama di facebook akhir-akhir ini, kali ini saya akan membuat list, manusia-manusia jenius yang ada di facebook, sebenernya sih ini ada inspirasi dari seorang kawan ( mau sebutin nama tapi belum izin), yang bikin status, initinya dia bikin status “jadi kalo mau status lu ngak mau di kritik ..di komen yang baik-baik .. lu tulis statuslu di buku cerita bergambar dewasa.” nah akhirnya saya terinspirasi buat bikin list ini, cekidot gans !

 

Pertama si provokatif cemen

Pilihan satu adalah untuk si provokatif cemen, dan list ini terinspirasi dari teman saya tadi yang bikin status diatas itu, nah si provokatif ini biasanya, suka bikin status yang mengundang untuk di komentari, jadi status-statusnya itu merangsang yang baca untuk berkomentar, yah kalian tau sendiri lah yang di  maksud si provokatif cemen disni, statusnya tentang sesuatu yang lagi hot dan ramai, lalu dia membuat status beropini di pihak tertentu, lalu memancing untuk di komentari oleh pihak lawannya.

Setelah di komentarin, dan beliau, si provokatif cemen ini akan berkata “loh kalian gak terima” “status-staus gw kok” dan masih banyak lainnya, lalu beberapa hari kemudian ternyata sudah mendelete pertemanan dari yang komentar, disni letak kejeniusanya, seperti kata temenku tadi. kalo gak mau di komentari, ya gak usah bikin status yang mengundang provokasi lah, bikin status yang slow-slow aja, atau status dewasa, jadi gak mengundang orang buat berkomentar.

Ketika sudah di komentari dengan kata-kata yang pedes karena cabainya udah tua lalu dia shock dan mewek, nangis, ngambek, delete facebook, block akun. Kalo emang pemberani, lakuin bikin status apa aja terserah kamu, tapi kalo di komentarin orang yang berbeda paham, kamu harus siap, jangan ngambek, mewek, delete, kabur, pergi, curhat sana sini kaya awkarin sambil nangis-nangis.

 

Kedua si relijius hanya di status dan komen

Nah yang kedua ini juga banyak bertebaran makhluk-makhluk macam ini, si relijius tapi gak relijius, biasanya makhluk-makhluk ini berada di facebook gak kenal waktu untuk menulis status relijius, entah tujuanya ingin memancing bedebatan, atau untuk apa, entahlah. Yang jelas, biasanya dia relijius hanya di mulut, ini banyak banget, ok berkaca pada agama yang saya anut saja, islam, karena saya gak mau membahas agama lain, toh teman-teman kalo selain islam mungkin bisa menilai sendiri teman-temannya.

Entah apa yang ada di benak si relijius ini ya, tetapi beliau akan membuat komentar atau status dari situasi yang ada dan di kaitkan dengan agama, entah motif apa yang membuatnya melakukan ini, beliau mendalil, berbagi hadist, dan sebagainya, tetapi beliau mungkin bahkan lupa baca’an sholat, terkadang yang bikin saya oh my god itu waktu kerjadian di bulan ramadhan tentang warung yang di grebek.

Beliau membuat status yang sangat relijius, di pihak yang mendukung penggrebekan sangat relijius dengan dalil yang kuat, dan juga di pihak sebaliknya, yang tidak menerima penggrebekan warung saat bulan puasa, kedua belah pihak ini berdebat sangat seru, dengan kerelijuasan tingkat masing-masing, tetapi beliau-beliau ini berdebat tentang masalah berpuasa tetapi beliau-beliau ini sedang ongkang-ongkang ngopi dan ngerokok, dan sering banget terjadi, beliau akan berdebat dengan teman facebooknya membawa agama, tapi beliau sendiri tidak pernah menjalankan perintah-perintah agamanya.


 

Si penolak kebenaran

Ini biasanya orang yang demen share, liat dikit klik langsung syer, liat berita belum di cek kebenaranya langsung syer, pokoknya beliau ini sangat tekun dan rajin untuk mengshare ( red:syer dangdut koplo ), dan setiap melihat profile facebook beliau ini, penuh dengan syer-syeran yang masih sangat di ragukan ke kevaildan dari apa yang di share tersebut.

Ironisnya adalah, ketika seseorang berusaha untuk mengingatkan “hay bung, itu loh berita gak bener, yang bener ini” dan orang yang komentar memberikan buktinya, tapi si tukang syer penolak kebenaran ini akan memasang kuda-kuda, lalu mengetik di smartphonenya, bahwasanya apa yang di syer itu adalah sebuah kebenaran mutlak, pokoknya harus benar, kalo gak bener berarti yang gak bener adalah faktanya bukan yang dia syer.

 

Si gak tau apa-apa tentang apa yang dia lakukan

Beliau ini tergolong manusia yang sangat jenius di antara makhluk-makhluk jenius facebook lainnya, kenapa ? karena dia itu gak paham dan gak ngerti apa yang barusan dia ketik, share atau lakukan di facebook, pokoknya ada berita langsung syer, isinya gak tau apa pokoknya syer, lalu berkomentar, kadang lucu juga liat orang seperti ini,

Ketika ada status yang sangat panas, dia berkomentar dengan amat santai dan tanpa rasa bersalah, dia berkomentar yang sangat jauh dari topik, dia tanpa sadar berjalan santai sambil ngerokok di medan perang, padhaal perangnya sedang berlangsung sangat seru, heroik dan dramatik. Biasanya beliau berkomentar dan justru komentarnya membuat keadaan perang/debat semakin keruh, Setelah itu dia di debat dan mlongo dan berkata dalam hati “aku tadi komentar apa sih” dan tentu dia akan mebalasnya dengan balasan yang sangat jauh dari topik, karena sudah merasa tertekan, dia akan mundur tanpa rasa dosa dan masih tetap dengan ke gak tau apa-apan tentang apa yang dia lakukan barusan.

 

Si tukang oposisi

Nah untuk yang satu ini, motifnya satu “iseng” beliau dimana-mana akan menjadi oposisi, seperti kejadian capres kemaren, ketika status orang membela jokowi, dia akan menyerang habis-habisan, dan ketika ada yang satus membela prabowo, dia juga akan menyerang habis-habisan, dan motifnya hanya satu yaitu iseng.

 

Si tukang kacang

Nah si tukang kacang ini, beliau ini biasanya suka berkomentar, tapi ketika berkomentar, beliau hanya akan membalas komentar dari si pembaut satus, jangan harap komentarmu bakal di tanggepin ama beliau ini, pokoknya urusanya hanya beliau dan si pembuat status, jadi argumen apapun yang akan kamu sapaikan, beliau akan mengacuhkannya.

begitu juga ketika membuat status, beliau akan memilih-milih orang mana saja yang akan dibalas komentarnya, biasanya dia yang di balas komentaranya hanya yang pro dengan dia saja, sedangkan yang kontra, akan di kacangin.

Relijius angin-anginan

Nah ini biasanya tipe-tipe facebookers gini ini, akan jadi sangat relijius ketika ada situasi atau musim tertentu, seperti situasi sedang ramadhan, dan situasi seperti sekarang ini tentang penistaan agama, dia akan berubah menjadi sangat relijius, dan tentu copas atau membuat status yang mendukung kesan relijiusnya, tapi di kesempatan lain, dia akan menjadi sangat brutal, menggoda wanita di jejaringan sosial apapun, sepik sana sepik sini, dan begitu terus sirkulasi berfacebookannya.

Nah, itu dulu yang baru saya dapatkan dari observasi dan analisa di dunia facebook akhir-akhir ini, nanti pasti kalo menemukan spesies baru dari pengguna facebook, akan di update lagi kok, kalo misal yang baca ini ada meneukan spesies baru, silahkan bagi-bagi infonya di kolom komentar

Artikel Lain

Terlahir Aneh, Aneh Karena Terlahir Ok setelah kemaern berhasil membangun sebuah blog, dan wow, dari bantuan seorang teman yang tinggi dan berambut gondrong akhirnya saya bisa mendapat t...
Semua Salah jokowi !     Kali ini aku akan membahas sedikit kejadian di indonesia, tentang presiden kita, jokowi! loh kenapa kok bahas politik? oh bukan, i...
Paradigma ngawur tentang lagu bob marley no woman ... Mungkin sudah banyak yang menuliskan hal ini, tapi pemikiran saya selalu berkecambuk ketika mendengar lagu bob marley yang satu ini ,tentang paradigma...
Pekerjaan berat atau memberatkan pekerjaan? Kebahagiaan macam apa yang di harapkan para manusia? semua sibuk dengan kesibukannya masing-masing, tanpa peduli terhadap suatu perkara kemanusiaan, b...
Kekonyolan Atas Ketakutan Sebuah Konspirasi Akhir-akhir ini saya merasa aduh, karena setiap membuka facebook, diberanda saya selalu muncul sesuatu yg di share secara aneh, membabi  buta dan mass...

Share.

About Author

Super Admin

Leave A Reply