Ini Review Lengkap LG G5 Modular Pada Sebuah Android Smartphone

0

Kali ini kita akan membahas tentang LG G5 gan, ya smartphone terbaru dari produk LG ini adalah smartphone andalan dari LG, kali ini LG mengluarkan sebuah konsep desain baru untuk LG G series, dan kali ini konsep desain LG G sendiri sangat berbeda dengan sebelum-sebelumnya, nah apa sih yang membuat LG G5 ini berbeda dengan konsep sebelumnya? nah ini yang akan kita review di artikel ini secara lengkap gan.

Dan seperti yang kita semua ketahui bahwa LG ini bersaing dengan produsen-produsen smartphone preimum, seperti sony dan samsung serta yang lainnya, dan tentu kali ini LG akan mempelajari kekuarangan dari saingan-sainganya, mungkin konsep terbaru dari LG G5 ini akan menjadikan unggul di pasaran, tetapi kita juga belum mengetahui secara pasti tentang itu perkembangan pasar LG G5 ini gan, nah berikut adalah Ini Review Lengkap LG G5 Modular Pada Sebuah Android Smartphone, cekidot gan !

 

Desain atau Design LG G5

Desain LG G5

Desain LG G5

Seperti yang kita ketahui semua, LG G5 merupakan perangkat terbaru dari LG G Series, tetapi kali ini LG G5 benar-benar beda dari pendahulu-pendahulunya gan, pada pendahulunya, mereka menggunakan bahan polycarbonate untuk cashingnya, tetapi sekarang LG G5 menggunakan logam atau alumunium untuk desainnya, tetapi jangan salah dulu gan, bukan berarti kaya logam-logam biasa, body LG G5 menggunakan logam yang sudah di olah sedemikan rupa, konsep dasarnaya seperti pengecatan pada mobil gan, memang sih kalo untuk desain logam sudah banyak yang menggunakannya diantara yang sudah menggunakan desain logam atau alumunium adalah HTC, Huawei dan tentu Iphone.

LG G5

LG G5

Dan dengan pengolahan logam pada desain LG G5, pengguna akan dimanjakan karena tangan kita seperti tidak sedang menyentuh logam ketika sedang menggunakannya, memang ini akan membuat kesan premium berkurang sih, tetapi LG G5 berfokus pada kenyamanan pengguna, sehingga walau terbuat dari logam, tangan kita akan nyaman untuk menggengam, selain itu juga dengan ukurannya 5.3-inch serta berat 159 grams, tentu LG sudah memikirkan bagaiaman agar semua pas di tangan ketika di gunakan, walau resikonya harus mengurangi kesan premium pada desain.

Dan ada perubahaan yang terjadi pada tata letak tombol gan, jadi ini perubahaan baru yang berbeda dengan pendahulu-pendahulunya seperti LG G4 dan LG G3 gan. Tombol On Off atau power masih ada di belakang, tetapi ada perubahan untuk tombol volume gan, letaknya sekarang ada di bagian sisi kiri. Sedangkan untuk sensor sidik jari atau finger print, juga berada di belakang pada tombol power atau on off tersebut gan. Untuk kamera LG menggunakan double-camera optics pada LG G5 juga ada dibagian belakang, diatas tombol Power, dan di sampingnya ada flashlgiht dan auto fokus gan, Sedangkan dibagian atas terdapat port headphone gan, sedangkan untuk charging ada dibagian bawah smartphohe.

Desain LG G5

Desain LG G5

Secara keseluruhan sih sebenenrya untuk LG G5 memang kekuranganya adalah bahan logam tetapi kurang terlihat preimum, tetapi ini di obati dengan kita dapat melepas baterai pada sebuah smartphone yang berbahan logam atau alumunium.

 

Tampilan layar LG G5

layar LG G5

layar LG G5

Untuk masalah display atau tampilan LG G5 sekarang mengecilkan diri, dengan hanya 5.3 inci, tetapi tetap mempertahankan kualitas layarnya menggunakan QHD (2560 x 1440 pixels) keuntungan dari mengecilkan diri ini justru dapat menambah kepadatan pixel dari layar atau screen LG G5 gan, dari yang tadinya hanya 534 ppi sekarang kepadatan pixelnya menjadi 554 ppi. Dan ini tentu membuat kualitas grafis menjadi lebih halus dan smooth untuk LG G5 dibanding dengan pendahulunya, dan tentu nyaman ketika kita genggam gan.

Selain itu LG G5 juga dilengkapi dengan fitur ALWAYS ON, jadi kita masih bisa melihat nofitikasi dan sebagainya ketika layar terkunci, tetapi sayangnya ketika dibawah cahaya matahari, kita harus menaikan kecerahan layar kita agar always on bisa terlihat. tetapi jangan khawatir, fitur ini hanya memakan daya baterai sedikit kok, jadi jangan khawatir fitur ini akan membuat baterai boros, dan juga ada pilihan untuk menonaktifkan fitur always on jika kita rasa ini membuat baterai boros.

Secara kesluruhan LG G5 mempunyai layar yang dapat memanjakan mata kita dengan warna-warnanya yang cerah, memang tidak menggunakan AMOLED, sehingga warna-warna akan lebih alami, karena warna yang muncul tidak sebanyak layar amoled, tetapi ini bukan berarti kekurangan, justru ini adalah perbedaan dari LG G5 dibanding smartphone 2016 yang lain.

 

Software LG G5

LG G5 software

LG G5 software

Dan kali ini kita sampai pemabahasan pada software LG G5, dan kali ini LG G5 menggunakan android versi 6.0.1 atau android marshmallow, Sedangkan LG G5 menggunakan UI atau user interface miliknya sendiri, UI pada LG G5 ini sangat lembut dan nyaman tetapi sayangnya tidak tersedianya APP drawer pada UI yang di gunakan LG G5.

Tetapi jika kita benar-benar membutuhkan app drawer, kita juga bisa mendapatkannya pada LG Home Launcher 4.0 yang bisa kita ambil LG Smart World, nah salah satu keuntungannya di hapus app drawer adalah membuat tampilan menjadi rapi, tapi disni juga kita akan kehilangan fitur multi window pada UI LG G5 ini. Selain itu LG G5 juga mengurangi bloatware sehingga smartphone akan berjalan lebih cepat.


 

Hardware dan performa LG G5

hardware LG G5

hardware LG G5

Nah kali ini kita sampai pada spesifikasi hardware LG G5, apa sih yang menjadi keunggulan hardware dari LG G5? LG G5 ini menggunakan proseso Qualcomm Snapdragon 820 processor, quad-core, Dengan RAM 4 GB, ini membuat LG G5 mendapatkan performa yang cepat, didukung lagi dengan chips grafisnya menggunakan Adreno 530.

Selain itu internal memori atau internal storage LG G5 ini mempunya kapastias 32, kita dapat menginstall aplikasi-aplikasi tanpa harus takut kehabisan memori internal dengan kapastias sebanyak itu, mungkin untuk softwrae seperti android 6.0.1 marshmallow serta aplikasi-aplikasi bawaan LG ini akan memakan 5 – 8 GB saja, berarti masih banyak sisa memori yang bisa kita gunakan untuk menginstall aplikasi, dan tentu dengan spesifikasi seperti ini, kita dapat bermain game dengan lancar jaya gan. Misal agan masih kurang dengan kapastias internal memori, LG G5 juga bisa agan pasang micro SD atau memori external sampai 200 GB loh, untuk masalah konektivitas, LG G5 dilengkapi dengan LTE, Bluetooth 4.2, NFC, USB Type-C  dan infrared.

Sedangkan untuk performa, skor pada GeekBench single core score hasilnya adalah 2252 dan untuk multi core score hasilnya 5215, sedangkan untuk skor antutu LG G5 mendapatkan skor 133054, kedua skor itu mengalahkan skor dari samsung galaxy s7 loh gan.

Skor antutu benchmark LG G5

Skor antutu benchmark LG G5

Kapastias baterai LG G5 memang dibawah smartphone saingan mereka, yaitu 2,800 mAh sedangkan untuk smartphone lain seperti samsung galaxy s7, Huawei P9 dan HTC 10  menggunakan kapasitas baterai 3000 mAh. Tetapi ini bukan berarti daya tahan baterai LG G5 lemah, daya tahan baterai LG G5 dapat bertahan seharian dengan penggunaan standar gan.

 

Camera atau kamera LG G5

Untuk kamera, sepertinya LG G5 tidak main-main, karena total kamera yang ada pada LG G5 adalah 3 kamera, dengan 2 kamera yang berada di bagian belakang, yang satu mempunyai kapastias 16 MP dan yang satunya mempunyai kapastias 8 MP. Sedangkan untuk Kamera depan atau kamera selfie LG G5, mempunyai kapastias 8 MP, dan ini tentu akan membuat selfi menjadi lebih menarik.

hasil Kamera LG G5

hasil Kamera LG G5

Dengan dual kamera kita bisa menggunakan fitur dimana kita mengambil gambar dengan dua kamera  belakang, jadi seperti model frame, kita mengambil gambar pada dengan menggunakan kamera 8 MP dan kita memasukan gambar yang di ambil dengan kamera 16 MP dibagian tengah-tengah, nah fitur ini bisa di sebut juga wide angle. Selain itu juga ada fitur multi view, dimana kita bisa menggabungkan 3 kamera sekaligus.

 

Fitur unggulan LG G5

LG G5 module

LG G5 module

Fitur-fitur unggulan dari LG G5 adalah modular yang kita tulis pada judul, nah fitur ini juga disebut “friends” jadi LG G5 ini membawa teman-temannya juga dalam fitur unggulannya.  nah ada dua Friends atau modul yang di bawa LG G5 diantaranya LG Cam Plus dan  LG Hi-Fi Plus, nah mari kita bahas kedua teman LG G5 ini.

LG G5 cam plus

LG G5 cam plus

LG Cam Plus ini sebenernya adalah sebuah fitur yang di tambahkan kepada LG G5 dimana kita dapat mengontrol kamera secara fisik jadi ktia tidak perlu lagi menyentuh-nyentuh layar kita ingin membuka kamera, mengambil foto, atau merekam video, selain itu kita juga bisa menggunakan untuk melihat-lihat gambar, zoom gambar hasil jepretan kita menggunakan tombol-tombol yang ada di LG Cam Plus ini, selain itu, LG cam plus juga di lengkapi dengan baterai 1,200 mAh

lg g5 hi fi plus

lg g5 hi fi plus

Sedangkan LG Hi-Fi Plus adalah modul untuk yang suka mendengarkan musik melalu smartphone, dengan 32-bit DAC dan headphone amp serta ES9028C2M + Sabre9602 chipset yang dapat mendukung musik 384KHz. Tentu dengan modul ini kita dapat mendengarkan musik lebih maksimal dan dapat diatur sesuai keinginakan kita tentunya, memang untuk sementara ini jarang sekali sebuah smartphone mengandalkan speaker mereka, tetapi LG G5 hadir dengan module yang dapat memanjakan telinga kita ketika mendengarkan musik melalui smartphone.

Selain dua module itu kita juga akan mendapatkan module lain seperti Virtual Reality dan cam 360 16MP atau 360 ° foto atau 360 ° video dalam resolusi Quad HD (2K).

Sepsifikasi Lengkap LG G5

ProcessorQualcomm Snapdragon 820
GPUARM Mali T860 MP2
Tampilan5.3-inch QHD display, 2560 x 1440 pixels (554 ppi)
KameraKamera belakang: Standard lens 16MP dengan OIS, wide-angle 8MP

Kamera depan: 8MP
RAM4GB RAM
Penyimpanan32GB storage, dengan microSD sampai 200 GB
SoftwareAndroid 6.0 Marshmallow dengan LG UI
KoneksiWifi 802.11a/b/g/n/ac
USB Type C, NFC, Bluetooth 4.2
Battery2800mAh dengna quick charging via Type-C USB
Ukuran149.4 x 73.9 x 7.7 mm (5.88 x 2.91 x 0.30 in)

159 g (5.61 oz)
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, color spectrum
FiturModule LG Cam Plus & LG Hi-Fi Plus, B&O Play, camera 360 dan virtual reallity
Jaringan GSM / CDMA / HSPA / LTE
WarnaPink, Gold, Titan (Charcoal) dan Silver

 

Demikain untuk review kami tentang LG g5 yang mempunyai fitur module yang menarik tentunya, sedangkan untuk fungsi itu tergantung kita masing-masing, jika teman-teman mempunyai pertanyaan lain yang belum dijelaskan pada artikel ini, silahkan komentar pada kolom komentar dibawah, dan jika teman-teman mempunyai info lain tenang smartphone ini juga bisa ikut berpartisipasi dalam artikel ini dengan berkomentar pada kolom komentar, sedangkan jika teman-teman ingin memberikan rating pada smartphone ini, teman-teman juga bisa memberikan rating dibawah ini pada bagian user vote.

 

Penilaian Akhir

87%
87%
Bagus

LG G5 hadir dengan sepsikasi gahar, serta modul yang bisa di fungsikan lebih, dan juga salah satu smartphone dengan perubahan besar dari LG G series.

  • Baterai
    8.2
  • Tampilan
    9.1
  • Kamera
    8.6
  • Performa
    8.7
  • Software
    8.9
  • Desain
    8.5
  • User Ratings (4 Votes)
    5.9

Artikel Lain

Google apps atau aplikasi google hilang pada smart... Pernah kalian mengalami notice pada recent update xiaomi bahwa aplikasi google atau google apps hilang? jika iya jangan khawatir memang xiaomi sering ...
Perbandingan Samsung galaxy s6 edge+ plus dan ipho... Kali ini kami akan membahas tentang samsung galaxy s6 edge+ plus dan iphone 6s plus, kedua duanya mempunyai plus, tetapi apa kelebihan dari plus-plus ...
Rumor Samsung Galaxy S7 Harga, Tanggal Rilis Dan S... Kehadiran samsung galaxy s7 mungkin masih beberapa bulan lagi, akan tetapi sudah banyak yang menunggu dan tidak sabar untuk mengetahui kapan samsung g...
Membuat Smartphone Menjadi Lebih Cepat Tanpa Root ... Kita semua menginginkan menggunakan smartphone cepat, tapi terkadang karena smartphone sudah kita gunakan lama, membuat smartphone itu melambat, dan h...
Agar baterai smartphone Samsung Galaxy S5 Tahan La... Sudah kita ketahui dari awal, bahwa samsun galaxy S5 mempunyai daya baterai yang bagus, serta kapasitas baterai yang besar, ini membuat samsung galaxy...

Share.

About Author

Super Admin

Leave A Reply