Maka terpujilah orang yang cuek dengan ukuran tubuhnya

1

Setiap orang pasti mengalami hal merasa badanya gendut atau emang benar-benar gendut, begitu juga salah satu teman cindil yang setiap hari merengek akan gendutnya, setiap datang kerumah cindil pasti muring-muring, sambil mencak-mencak “aduh badanku-badanku, dulu tak seperti ini!” atau kata-kata lain yang mendramatisir tentang bentuk tubuhnya.

Tidak jarang anak-anak di basecamp atau rumah cindil yang biasa mereka menyebutnya memberi masukan, tentu masukan yang sangat bermutu misal seperti sapun yang bilang “wah gampang cara melangsikan badan, kawin lagi !” atau gudal yang lebih extreme “perutku kok ada dimana-mana, pipi perut, lengan perut, kaki perut, jidat perut tapi anumu cilik ! ( cilik = kecil )” kalo gudal sebenernya menurut orang lain adalah makian, tapi menurut diri sendiri dan dari sudut pandangnya omongannya adalah sebuah nasihat yang berarti sabda, ya memang begitu, dan akan selalu begitu, begitu uniknya manusia-manusia yang ada di tempat dan desa cindil ini, dengan segala pemikirannya yang tidak rasional tapi ternyata jika di pikir-pikir sangat rasional.

Ini yang membuat keadaan ekonomi di desa ini sebenernya biasa-biasa saja, tetapi mereka hidup dalam kebahagiaan, bahkan begitu banyaknya keunikan di desa ini sampai-sampai sejarah desa ini juga unik, mungkin akan di bahas pada tulisan berikutnya.

Cindil sendiri sebenernya agak geli jika membahas masalah gendut, sebab gendut kurus bukan karena apa yang dimakan, seperti gudal, sebenernya gudal doyan makan, semua anak yang nongkrong di tempat cindil ini doyan makan, makannya jangan berani-berani ngundang mereka ini ke acara nikahan kalian, merkeka semua akan menjadi vacum cleanernya makanan, contoh lain lagi misal ketika bertamu, ketika empunya rumah masih ngobrol dengan mereka, makanan tidak akan pernah di sentuh sama sekali, karena mereka gengsi, tapi sekali empunya rumah pergi ke toilet atau kemana, balik pasti sudah bersih.

“pie ndil ini, kok badanku makin hari makin melar, ada resep gak buat bikin badanku gak melar lagi” daplun yang dari tadi merengek-rengek karena badannya yang melar itu akhirnya menanyakan hal ini ke cindil yang dari tadi sibuk sendiri ngurusin alam ghoib.

“nikmati aja” cindil mulai memposisikan tubuhnya menghadap teman-temannya

“lah nikmati pie? mau duduk aja susah gini!”

“kamu seharusnya bersukur plun, gak semua orang yang makan banyak itu bisa gemuk seperti kamu loh! contoh si gudal itu, makan siang malam tapi kurus kering gitu”

“ya tapi kan gak enak kalo setiap hari di katain gendut ama orang-orang” daplun merengek lagi

“kamu hidup kok menurut kata orang, biarkan aja orang mau ngomong apa, gendut kurus itu kan setiap manusia berbeda-beda dalam hal ini, mungkin bagi orang, kamu gendut itu keliatan tidak bagus, belum tentu menurut gusti Allah, bisa jadi menurut Gusti Allah justru itu yang baik, membuat tubuhmu  melar, bisa jadi  nanti ada banjir besar justru kamu bisa ngambang kan?”

Serempak anak-anak di tempat cindil ketawa “jiamput, tak kira meh kasih solusi akhirnya malah ngatain juga kamu ndil!!” daplun agak meninggikan suaranya

“Tapi tenang plun”

“tenang pie” daplun menimpali

“Maka terpujilah orang-orang yang cuek akan bentuk tubuhnya”

“Ngawur kamu ndil” gudal memprotes

“iyo kui ngawur” daplun juga ikut menimpali

“Gini loh plun, ada jiwa yang besar di dalam tubuh yang besar, itu potensi yang tidak pernah di pikirkan oleh manusia, loh alasanku bilang gitu kenapa? lihat Semar, betapa bijaksana beliau dan betapa beliau menjadi panutan orang-orang jawa, loh beliau berbadan besar, gendut, orang akan menghormatimu bukan karena badanmu, tapi karena sikapmu, tutur katamu, dan manfaat hidupmu terhadap orang lain”


“Mau kurus, mau gendut, tidak ada urusan untuk ukuran badan, hanya orang materalistik saja yang memikirkan hal-hal tersebut, kalo kamu memang sudah seusai aturan dalam pola hidumu seperti makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang dan ternyata masih gendut, itu bukan salahmu, berarti ada hal yang harus kamu ambil sesuatu yang membuat kenapa Gusti Allah memberimu kelebihan, atau mungkin karena Gusti Allah bingung akan memberikan kelebihan apa ke dirimu sehingga akhirnya di putuskanlah untuk memberikan kelebihan berat badan”

“huahahahaahahah” gudal dan sapun tertawa bebarengan.

“loh jangan diketawain, pasti ada hal penting juga kenapa kok di beri kelebihan berat badan, coba perhatikan orang yang kurus seperti sapun, rata-rata sering mengeluh sakit, entah itu sakit kepala, sakit meriang dan sakit-sakit sebagainya, ini berarti orang yang mempunyai kelebihan berat badan lebih kebal dengan penyakit-penyakit seperti ini, tapi ini kan cuma asumsiku tok, kalo di buktikan secara medis mungkin salah, cuma kan ini yang kita lihat dari kenyataan hidup yang kita alami”

“Jadi temukan keuntunganmu dalam hidupmu, mau itu gendut atau mau itu kurus, pasti semua ada untungnya, tidak mungkin tidak, selama kita menjaga pola makan kita, tidak terlalu berlebihan dengan makanan kita, pasti kegendutan itu bukanlah hal yang buruk dan bukan juga sebuah kerugian, temukan potensi Laba gendut atau kurus dalam hidupmu, jika memang gendut atau kurus bukan kehendakmu, pasti ada laba atau keuntungan yang ada”

“Sepeti semar tadi, tapi jika kamu ingin menguruskan badanmu ya puasa, berbanyak puasa pasti juga badanmu akan mengecil, tapi jika puasa masih membesarkan badanmu, sekali lagi itu bukan kehendakmu”

“Dalam hati orang gendut itu biasanya lebih besar, karena itu mereka di beri badan yang gendut untuk menampung hati yang besar itu, loh kenapa hatinya besar? setiap manusia pasti mengalami masa susah dan senang, tapi ketika susah saja mereka masih gendut, berarti memang mereka mempunyai hati dan jiwa yang besar untuk membuat kesusahan tidak membuat hidupnya susah dan kehidupannya tetap berjalan stabil dan selaras, jadi mungkin si daplun ini berbadan gendut, memang hati dan jiwanya itu besar oleh sebab itu kesusahan apapun yang dia alami, tidak mengganggu hidupnya, sehingga badanya tetap bisa berkembang dan subur.”

“Orang yang merasa terganggu akan kesusahan dalam hidupnya itu, pikiranya akan ruwet, keruwetan pikiran akan membuat kestabilan hidupmnya menurun, lalu badanpun akan menjadi lemah, kelemahan badan ini yang akhirnya membuat kurus, dan kekurusan ini yang membuat badan lemah sehingga mudah pula mengalami sakit-sakit kecil seperti yang sering di keluhkan gudal kan?”

“tapi menurut dokter dan ahli medis lainnya, gendut itu bisa membuat orang cepat mati dan sakit-sakitan” sergah sapun

“Loh hidup kok menurut medis dan dokter, hidup menurut Allah, Rossul Dan keyakinanmu akan keduanya itu saja, dan menurut keyakinanku yang mebuat kita sakit itu ada di hati dan pikiran kita, kalo pikiran dan hati kita di penuhi oleh rasa hasut, iri, dengki, riya dan sombong, itu yang akan membuat dirimu sakit dan pesakitan”

Lalu cindil menatap tajam mata daplun, lalu memegang kedua pundaknya dan menggoyang-goyangkannya sambil mengatakan “Maka terpujilah orang-orang yang cuek akan bentuk dan ukuran tubuhnya” berkali kali sambil sesekali air liurnya seperti hujan yang menyirami muka daplun, setelah merasa puas cindil akhirnya  merebahkan dirinya dan memunggungi teman-temanya dan memeluk bantal guling sambil bergumam “badan orang yang gendut selalu lebih hangat di peluk”

“wuasyuuuuuuuuuu !! ” daplun, sapun dan gudal bebarengan memaki cindil

Artikel Lain

Teman menjauh saat kita susah dan mendekat saat ki... Aku sering menjumpai kata-kata ini berseliweran di dunia maya, di media sosial, bahkan di kehidupan nyata banyak orang yang sering kali yakin dengan k...
Baby sitter jahat atau orang tuanya ? Indonesia kembali heboh dengan kejadian seorang pengasuh anak atau baby sitter bernama muityah terdapat menganiyaya anak majikannya atau ndoronya ! ka...
Boikot Kurma Iran? Duh Gusti Apa aku kudu ketawa? Dunia makin canggih, dengan banyaknya hal-hal baru dan modern, seperti smartphone yang sekarang berkembang dengan pesat, dan aplikasi-aplikasi yang ca...
Ngiseng, Boker, Modol Dan Sinonim lainnya Semua orang pasti punya hobi ini, hobi ngiseng atau boker atau modol dan nama lain-lain yang masih mempunyai arti sama, tetapi pernahkah kita sedikit ...
Ciri-ciri makhluk jenius di facebook akhir-akhir i... Kali ini saya akan membahas tentang facebook, akhir-akhir ini banyak sekali perdebatan gak karu-karuan, dan aku sendiri sih kadang yang tertarik juga ...

Share.

About Author

Super Admin

1 Comment

Leave A Reply