Masalah Charging atau cas samsung galaxy s6 ( edge, edge plus )

16

Kali ini kami akan membahas permasalahan charging atau cas pada galaxy s6, galaxy s6 edge, galaxy s6 edge plus, memang tidak setiap pengguna smartphone ini mengalami masalah ini, tetapi juga tidak jarang yang mengalami permasalahan pada charging atau cas, nah dengan alasan seperti itu, kali ini kami akan membuat artikel tenang masalah cas pada smartphone ini.

Tidak semua smartphone yang kita beli berjalan lancar setelah penggunaan, walaupun itu smartphone yang canggih dan mahal sekalipun, jika kalian punya masalah tentang chargin gatau cas pada samsung galaxy s6 atau s6 edge atau s6 edge+ kita, jangan dulu panik, karena mungkin cara yang akan kami berikan dapat mengatasi permasalahan itu, dan berikut adalah cara Masalah Charging atau cas samsung galaxy s6 ( edge, edge plus atau edge+ )

 

Baca juga : Mengatasi masalah-masalah samsung galaxy s6 edge+ plus

Baca juga : Tips dan trik Samsung galaxy s6 yang harus dicoba

Baca juga : Cara flash ulang / Upgrade / Downgrade samsung galaxy s6 dan s6 edge

Charger atau cas yang sangat lambat

Peramasalahan ini terjadi biasanya pengguna mengeleuh akan lambatnya charging samsung galaxy s6, s6 edge atau s6 edge+, bahkan terkadang indikator seperti tidak berjalan atau baterai tidak terisi.

Cara mengatasi

Pertama lakukan cek pada aplikasi, biasanya program atau aplikasi yang berjalan pada background dapat menguras baterai lebih banyak dari pada daya yang masuk pada smartphone kita saat di charger, dan ini dapat mengakibatkan lambat atau bahkan seperti tidak masuk listrik saat kita mencharging atau cas, dan terkadang aplikasi berjalan otomatis pada background walaupun kita tidak menggunakan smartphone kita, semakin banyak aplikasi yang kita instal, maka akan semakin banyak proses yang berjalan pada latar belakang atau background, nah sebaiknya kita periksa aplikasi-aplikasi yang tidak kita gunakan dan jika ada aplikasi yang tidak kita butuhkan, lebih baik kita uninstall saja, karena aplikasi yang tidak berguna tersebut dapat menguras daya baterai kita.

Kedua periksa pada software update, karena biasanya sebuah pihak samsung telah menyediakan software update untuk mengatasi masalah-masalah atau celah pada software sebelumnya, dan lakukan update jika ada update terbaru dari software.

 

Restart ketika charging atau cas

Biasanya permasalahan ini terjadi ketika kita mencharger atau cas lalu samsung galaxy s6, s6 edge, atau s6 edge plus kita mengalami restart secara otomatis, atau ketika kita sudah mencharger 100% dan kita mencabut, smartphone kita akan merestart dengan sendirinya, lalu baterai menjadi sangat drop.

Cara mengatasi

Permasalahan ini biasanya bisa teratasi dengan cara mengcalibrate atau kalibrate baterai kita, karena samsung galaxy s6 menggunakan baterai Lithium-ion, dan baterai sekelas ini perlu di refresh atau maintenance beberapa bulan sekali, dan cara untuk merefresh adalah dengan cara recalibrate atau kalibrate ulang baterai kita.

Cara calibrate atau kalibrate baterai samsung galaxy s6, s6 edge dan s6 edge+

  • Charge atau cas smartphone kita menggunakan charger resmi.
  • Tunggu sampai tercharger sampai 100%.
  • Cabut charger ketika baterai sudah penuh.
  • Lalu gunakan baterai sampai 0%.
  • Lalu charger lagi sampai 100%.

Dengan melakukan cara ini secara rutin, 2 minggu sekali misal, kita juga akan menjaga keawetan baterai kita.

 

 

Freeze atau hang ketika charging atau cas

Biasanya ini terjadi setelah kita memainkan game-game berat, ketika baterai habis, kita mencharger atau cas samsung galaxy s6, s6 ede atau s6 edge+ kita, setelah beberapa persen, smartphone kita menjadi hang atau freeze, dan kasus lain juga mungkin terjadi tetapi intinya sama, ketika charging atau cas, smartphone kita akan menjadi hang dan freeze.

Cara mengatasi

Lakukan booting ke safe mode, dan lihat apakah ketika masuk pada safe mode, tetap terjadi hang atau freeze.

Cara masuk safe mode samsung galaxy s6, s6 ede atau s6 edge+

  • Matikan smartphone kita.
  • Tekan dan tahan Tombol power.
  • Ketika logo samsung muncul, lepas tombol power dan langsung tekan dan tahan tombol volume down.
  • Tetap tekan dan tahan tombol volume down sampai smartphone kita menyala.
  • Dan ketika kita melihat tulisan safe mode pada bagian pojok kiri, lepas tombol volume down dan kita sudah masuk safe mode.

Lihat apakah ketika kita masuk safe mode permasalahan ini masih terjadi, dan jika permasalahan ini masih terjadi, maka kami sarankan untuk melakukan factory reset, tetapi sebelum melakukan factory reset backup dahulu data-data penting kita.

Cara pertama :


Masuk ke Settings – Backup & reset – Reset device – Erase Everything.

Cara Kedua :

  1. Matikan samsung kita
  2. Tekan dan tahan tombol volume up dan tombol home dan tombol power secara bersamaan sampai keluar logo android.
  3.  Gunakan tombol volume down pilih wipe data/factory reset dan tekan tombol power untuk memilih pilihan
  4. lalu arahkan ke menu Yes – delete all user data menggunakan tombol volume down, lalu tekan tombol power untuk memilih
  5. setelah samsung reboot, kemudian tekan tombol power untuk memilih “Reboot system now
  6. setelah galaxy restart semua akan terwipe dan siap untuk di set up ulang

Dan jika cara ini belum bisa mengatasi, kemungkinan permasalahan ada pada hardware, silahakn bawae samsung service center untuk penanganan secara fisik.

 

 

Charger atau cas berhenti

Biasanya pengguna mengalami permasalahan charger atau cas berhenti ketika sedang pengisian, tetapi jika kalian mengalami permasalahan ini, jangan panik dahulu, coba langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

Cara mengatasi

Cara pertama mengatasi adalah mengidentifikasikan jika ada aplikasi pihak ketiga atau third party apliacation yang menyebabkan permasalahan ini terjadi, untuk mengidentifikasikan caranya adalah masuk safe mode, dan lihat apakah ketika kita masuk safe mode, semua berjalan lancar, jika semua berjalan lancar, berarti kita perlu mencari aplikasi yang menjadi penyebab permasalahan ini.

Cara berikutnya ketika ternyata masuk safe mode masih sama permasalahanya adalah dengan cara melakukan factory reset, tetapi sebelum melakukan factory reset, sebaiknya kita backup dahulu data-data penting kita.

Dan berikutnya jika masih belum bisa, lakukan update pada firmwre, karena banyak pengguna android lollipop yang mengalami permasalahan ini juga, tidak hanya pada samsung galaxy s6, s6 edge atau s6 edge+.

 

 

Panas ketika di charger atau di cas

Banyak pengguna yang mengatakan bahwa samsung galaxy s6, s6 edge, s6 edge plus mengalami panas ketika di charger, nah berikut adalah cara-cara yang bisa di gunakan untuk mengatasi

Cara mengatasi

Pertama, jangan gunakan smartphone kita kita charging, karena ketika kita melakukan charging kita tetap menggunakan smartphone kita, maka aplikasi-aplikasi akan terus berjalan, terutama screen, karena screen akan banyak memakan daya.

Kedua, lihat aplikasi yang berjalan pada background, jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada background ini akan menyebabkan panas, nah force stop aplikasi yang berjalan pada background jika tidak digunakan, dan jika benar-benar tidak kita gunakan sama sekali aplikasi tersebut, lebih baik uninstall saja.

Ketiga charger dengan keadaan mati, ini hanya untuk sekali saja.

Keempat jika cara-cara diatas masih belum berhasil, kemungkinan permasalahan ada pada software atau firmware, coba lakukan factory reset untuk mengatasi permasalahan ini, tetapi backup dahulu data-data penting kita sebelum melakukan factory reset.

 

 

Tidak bisa di cas atau charge sampai 100%

Biasanya permasalahan ini terjadi, kita tidak bisa mencharger sampai 100%, terkadang hanya 98% saja atau 97% saja, setelah itu charging akan berhenti dan daya listrik seperti tidak masuk lagi.

Cara mengatasi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permasalahan ini, nah berikut adalah faktor-faktor yang akan kami jabarkan dalam artikel ini.

Pertama adalah terlalu banyak cache yang berada di dalam sistem, untuk mengatasi permasalahan ini lebih baik lakukan wipe cache partition, cara wipe cache partition sebagai berikut.

  • Matikan samsung kita.
  • Lalu tekan dan tahan tombol volume up , home , dan power secara bersamaan.
    Ketika logo samsung terlihat, lepas tombol power dan tetap tekan dan tahan tombol voulme up dan home.
  • Ketika layar Android system recovery terlihat, lepaskan tombol-tombol tersebut.
  • Gunakan tombol volume down untuk memilih wipe cache partition kemudian tekan tombol power untuk enter.
  • Setelah selesai, pilih Reboot system now.

Cara berikutnya adalah lakukan charger atau cas dalam mode ultra power saving mode, karena biasanya permasalahan ini terjadi karena kesalahan smartphone sementara.

 

Demikan cara Masalah Charging atau cas samsung galaxy s6 ( edge, edge plus ), jika teman-teman masih mempunyai permasalahan pada samsung galaxy galaxy s6 ( edge, edge+ ) silahkan komentar pada kolom komentar, bahkan permasalahan lain dari smartphone tersebut juga tidak apa-apa, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami.

 

 

Artikel Lain

Tips mengatasi softbrick Redmi 2/2A/Prime bergamba... Kali ini kita akan memberikan tutorial mengatasi softbrick redmi 2, dan jika teman-teman mempunyai kendala atau masalah tentang softbrick kami harap t...
Masalah yang sering terjadi pada Asus Zenfone 2 da... Asus Zenfone 2 merupakan salah satu smartphone laris manis di indonesia, berbagai kalangan menggunakan asus zenfone 2 sebagai smartphone andalannya, h...
Cara flash ulang / Upgrade / Downgrade samsung gal... Nah kali ini kami akan memberikan tutorial, cara melakukan flash ulang manual untuk samsung galaxy s6 dan s6 edge, kenapa flash ulang ? biasanya karen...
Perbandingan samsung galaxy s7 dan samsung galaxy ... Seperti yang telah kita ketahui, samsung tahun ini meluncurkan smartphone terbaru dari seri galaxy, yaitu samsung galaxy s7, tetapi mari kita cari tah...
Cara Root Asus Zenfone 6 Android Kitkat Seperti yang kita ketahui bahwa zenfone 6 sudah menerima updatean kitkat, dan pasti jika kita sering mengutak atik android kita, kita akan mencoba unt...

Share.

About Author

Super Admin

16 Comments

  1. Saya ada masalah nih tentang fast charger, kenapa saya pake fast charger adaptor tapi di s6 saya cuma cable charger saja??

    Mohon pencerahannya..

    Thank you anaksantai.com

  2. Mau nanya nih aku pake 6 edge plus awalnya pas di cas cepet karna fast charger tapi belakangan ini udah gak mau fast charger lagi kenapa ya..padahal semuanya original….mohon bantuannya..

      • Wah sama nih, awalnya lancar” aja fast charging berfungsi dgn baik tapi skrg tiba” fast charging nggak berfungsi padahal option di battery udah pilih fast charging ON. Kenapa ya? Charger yg sy pakai charger ori yg dpt dari samsung nya lgsg. Sempat coba restart trs saya on off kan fitur fast charging nya trs saya cas eh mau tp skrg nggak bisa lg meskipun udh di restart. Ada yg tau knp ya?

  3. Mau Tanya hp sy Samsung A8…tdk mau di charge…krn saat di charge..baterai tdk terisi sama sekali. Mohon Saran Dan petunjuknya . terima kasih

  4. Saya menggunakan samsung galaxy s6 edge…
    Akhir2 ini saya punya masalah charging..
    Icon fast charging dalam handphone saya tidak bekerja meskipun menggunakan adaptor fast charging original samsung bawakan handphone.
    Skarang super lambat saat men charging..
    Bisa tau solusinya gak?
    Please…

  5. S6 edge di charge 100% tapi setelah lepas dari charge hp nya mati ,setelah di on lagi tetap mati lagi…
    Tau solusi nya gak?

    Makasih

  6. Mau tanya…hp saya samsung s6 edge …malam2 dicas jalan pada saat saya bangun subuh hp saya mati total…saya nyalakan ga bisa nyala..lalu dicas ga jalan malah hpnya panas…solusinya bagaimana ya?terimakasih

Leave A Reply