Masalah Samsung Galaxy S3 dan Cara Mengatasinya

8

Samsung galaxy s3 merupakan smartphone yang cukup tua, diluncurkan 3 tahun yang lalu dan sekarang sudah banyak generasi penerusnya, diantaranya s4, s3 dan s6 bahkan untuk rumor-rumor s7 sekarang sudah beredar dan kami sudah menulis rumor-rumor samsung galaxy s7 disni

Mungkin karena pengaruh umur yang sudah tua, samsung galaxy s3 akan mengalami penurunan masalah performa, dan mungkin juga sering terjadi masalah pada galaxy s3, disni kami akan memberikan solusi atau cara mengatasi masalah-masalah pada samsung galaxy s3 tersebut.

 

Berikut adalah Masalah Samsung Galaxy s3 dan cara mengatasinya :

 

Mengatasi Masalah Boros Baterai Samsung Galaxy s3

Baterai boros merupakan keluhan yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna samsung galaxy s3, apalagi sekarang ini dengan bertambah tuanya umur dari samsung galaxy s3, makin banyak pula keluhan-keluhan oleh pengguna.

Permasalahan baterai paling sering di sebabkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi dapat menguras secara berlebihan pada daya tahan baterai dan hal pertama yang kami harus dilakukan adalah booting Galaxy S3 ke Safe Mode. Safe Mode akan menonaktifkan aplikasi pihak ketiga yang membuat kita diberi keleluasan untuk memilih aplikasi yang dapat menguras baterai. Ini adalah proses yang membosankan, tetapi itu adalah cara yang baik untuk mengurani keborosan pada baterai.

Cara mengatasi :

Cara untuk masuk safe mode samsung galaxy s3 :

  • Pertama reboot samsung galaxy s3 kita atau matikan samsung s3 lalu hidupkan kembali
  • Ketika s3 menyala maka kita akan melihat logo samsung
  • Setelah kita melihat logo samsung, tekan tombol menu pada s3
  • Ketika kita berhasil masuk pada safe mode samsung galaxy s3, kita bisa melihat pesan “safe mode” pada bagian pojok kiri samsung s3 kita

Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini

safe mode samsung galaxy s3

 

Dan jika cara itu masih belum bisa mengatas masalah boros baterai samsung galaxy s3 kita, maka kita perlu melakukan clear cache, dan kita merekomendasikan untuk mendisable fitur yang kurang kita gunakan seperti  NFC connectivity, Bluetooth, GPS, Air View dan juga kita merekomendasikan cara yang pernah kami tulis pada samsaung galaxy s4 tetapi juga bisa bekerja di samsung galaxy s3 silahkan baca disni

 

Mengatasi Masalah Wifi atau Wi-fi Samsung Galaxy s3

Permasalahan ini juga sering di keluhkan oleh pengguna s3, banyak yang mengeluh koneksi wi-fi sering mendadak terputus, tetapi tenang kami mempunyai beberapa tips dan trik untuk mengatasi masalah ini.

Cara mengatasi :

  • Pertama cobalah untuk mereboot s3 kita.
  • Jika cara ini berlum berhasil, coba matikan mode wifi pada s3, lalu on off kan mode pesawat pada s3 setelah itu hubungkan kembali wifi kita.
  • Jika masih belum berhasil coba matikan router selama 1 menit, lalu hidupkan kembali.
  • Lalu forget connection pada s3 kemudian koneksikan kembali, ketika terkoneksi kembali, kita akan dimintai password seperti awal lagi.

 

 

Mengatasi Masalah bluetooth Samsung Galaxy s3

Permasalahan ini tidak hanya sering terjadi pada s3, tetapi semua smartphone android sering mengalami masalah-masalah seperti ini karena kami sering mendengarkan keluhan dari pengguna-pengguna smarphone, dan kami juga telah mencoba cara-cara untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah cara kami mengatasinya.


Cara mengatasi :

  • Pertama coba matikan bluetooth lalu hidupkan kembali.
  • Jika cara ini belum bisa mengatasi, maka coba untuk unpair connection lalu kita pair kembali device yang kita forget, karena biasanya permasalahan ini terjadi akibat kapasitas bluetooth sudah tidak mencukupi.

 

Mengatasi Masalah freeze dan sering restart atau reboot Samsung Galaxy s3

Banyak pengguna s3 yang mengatakan bahwa s3 sering mengalami restart atau reboot dengan sendirinya tanpa kita bisa mengetahui kenapa dan selain itu s3 juga sering mengalami freeze atau hang.

Cara mengatasi :

  • Pertama coba masuk safe mode pada samsung galaxy s3, untuk cara masuk safe mode kami sudah menulisnya diatas silahkan baca ulang, dan lihat apakah ketika masuk safe mode permasalahan ini masih terjadi, dan jika tidak terjadi maka ada aplikasi yang membuat system crash dan kita harus mencari aplikasi tersebut lalu uninstall.
  • Kedua jika ternyata pada posisi safe mode masih terjadi  masalah yang sama, maka kita harus melihat microSD kita, coba untuk mencabut micro SD, karena ada beberapa micro SD yang tidak dapat berjalan dengan normal pada hardware samsung.

Mengatasi Masalah Lag atau lambat Samsung Galaxy s3

Permasalahan ini sangat biasa terjadi untuk smartphone tua sekelas s3 seperti ini, jadi wajar jika performa samsung galaxy s3 tidak sama seperti baru, karena banyak faktor, tetapi kami punya solusi untuk mengatasi masalah lag atau lambatnya performa s3 ini.

Cara mengatasi :

Cara pertama yang memungkinkan untuk mengtasi masalah ini adalah clear cache partition, cara untuk melakukan clear cache partition samsung galaxy s3 adalah sebagai berikut :

  • Matikan samsung galaxy s3
  • Tekan dan tahan tombol Home, Power dan Volume Down secara bersamaan sampai s3 vibrate ( bergetar )
  • Ketika samsung logo keluar, lepaskan tombol-tombol tersebut
  • Lalu tekan tombol volume down sampai menghighligh Wipe Cache Partition. pilih dengan tombol power, lalu yes.
  • Tunggu sampai semua selesai, ini akan membutuhkan waktu.
  • Lalu reboot s3

Kami juga merekomendasikan untuk menonaktifkan NFC lalu di homescreen matikan animations untuk mematikan animation caranya masuk ke home screen settings lalu disable animation effects.

 

Dan jika semua cara tidak dapat bekerja kami rekomendasikan cara di bawah ini

Ketika masalah-masalah samasung galaxy s3 kita tidak dapat diatasi dengan cara-cara diatas, atau kita mempunyai masalah lain yang tidak dapat di selesaikan, maka kami merekomendasikan untuk melakukan factory reset, cara ini akan mengapus semua file yang ada pada s3 kita, ini sama halnya seperti menginstall ulang OS samsung galaxy s3 kita, maka kami sarankan sebelum melakukan cara ini, hendaknya melakukan backup data-data penting terlebih dahulu.

Kita bisa melakukan factory reset melalu samsung galaxy s3 kita caranya, masuk ke  Settings, Accounts, Backup Options, dan select Backup and Reset. lalu pilih Factory Data Reset.

  • Tetapi jika cara diatas tidak bisa kita lakukan, kita bisa melakukanya melalu tombol hardware samsung galaxy s3 caranya sebagai berikut
  • Pertama, matikan samsung galaxy s3
  • Setelah s3 mati, lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power secara bersamaan sampai kita melihat robot android pada layar.
  • Setelah kita melihat ini, lalu kita gunakan tombol volume down untuk memilih opsi Wipe Data/Factory Reset, lalu gunakan tombol power untuk enter.
  • Gunakan tombol volume down untuk memilih Yes – delete all user data dan gunakan tombol power untuk enter.
  • Dan ketika kita melihat pilihan Reboot system now setelah delet all user data makan untuk memilih gunakan tombol power.

 

 

Demikian Masalah Samsung Galaxy S3 Can Cara Mengatasinya, jika kalian punya masalah pada samsung galaxy s3 kalian dan belum menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya, silahkan komentar pada kolom komntar dibawah, kami akan dengan senang hati  membantu

Artikel Lain

Fitur-Fitur Android KitKat dan cara mengaktifkanny... Tentu pengguna android banyak yang sudah menggunakan OS android kitkat pada smartphonenya, tetapi jarang pengguna yang paham fitur-fitur yang dibawa o...
Cara mudah mengatasi masalah pada samsung galaxy n... Ini adalah smartphone yang dikeluarkan samsung pada tahun 2012 silam, meskipun sekarang sudah penerusnya yaitu samsung galaxy note 3 , 4 dan 5, tetapi...
Whatsapp sekarang geratis loh ! Seperti yang kita ketahui sebelumnya, whatsapp hanya bisa di gunakan geratis selama satu tahun untuk satu nomor, tetapi sekarang whatsapp telah mengum...
Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada LG G2 B... Kami akan membahas lagi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada LG G2 dan tentu ini adalah bagian kedua karena sebelumnya kami juga sudah membahas...
Bagus mana oppo f1 dan xiaomi redmi note 3, ini di... Nah kali ini kita akan membahas tentang perbandingan 2 smartphone dari oppo dan xiaomi, kita tentu sudah paham semuanya jika kedua produsen smartphone...

Share.

About Author

Super Admin

8 Comments

    • usahakan jgn sampe baterai habis gan, misal baterainya memang sudah lemah, mending di bantu dengna power bank

  1. sudah dicoba untuk menganktifkan safe mode ,tetapi ketika logo samsung muncul dan saya klik tombol menu tapi tombol menu tidak berfungsi,bagaimana solusi lainnya

Leave A Reply