Mengatasi berbagai masalah pada samsung galaxy s4

15

Seperti yang kita ketahui, samsung galaxy s4 merupakan salah satu smartphone yang sudah berumur, setidaknya dari jarak di luncurkan hingga sekarang sudah banyak generasi penerusnya yang di luncurkan oleh samsung, tetapi bagi sebagian pengguna android samsung galaxy s4 tetap menjadi salah satu smartphone yang di dambakan.

Seperti biasa, setiap smartphone pasti mengalami kekurangan, disni kita akan membahas permasalahan yang sering terjadi pada samsung galaxy s4 dan cara mengatasinya. Sebelumnya kami sudah menulis tentang masalah yang terjadi pada samsung galaxy s4 setelah update lollipop disni.

Dan kali ini, kami akan membahasnya untuk permasalahan lain yang ada pada samsung galaxy s4, berikut adalah permasalahan yang sering terjadi pada samsung galaxy s4 dan cara mengatasinya :

 

Masalah Galaxy S4 : Kurangnya storage ( penyimpanan )

Jika kita membeli samsung galaxy s4 yang 16 GB mungkin kita akan kecewa karena ternyata kita mempunyai sisa penyimpanan hanya 8.5GB, aplikasi dan system android memakan  hampir 6GB dari penyimapnan ( sorage ).

Cara mengatasi :
  1. Kita membeli MicroSD, karena samsung galaxy s4 bisa mengangkat MicroSD sampai 64 gb, dan kita juga bisa menyimpan data kita di google drive.
  2. Dan jika kita tidak bisa menginstal aplikasi pada Micro SD, kita membutuhkan untuk Root samsung galaxy s4 kita.

 

Masalah Galaxy S4 : Kamera dan galeri not working ( tidak bekerja )

Banyak yang mengeluh camera app dan gallery app not working pada samsung galaxy s4, ada juga yang mengeluh bahwa kedua aplikasi tersebut tidak bisa terbuka dan sering crash, dan juga tidak bisa mengambil gambar atau foto pada aplikasi kamera serta aplikasi galeri tidak menampilkan foto dengan baik.

Cara mengatasi :
  • Coba untuk clear data dan cache dua aplikasi tersebut melalui Settings >More > Application manager > All lalu masuk ke aplikasi camera dan galery dan pilih clear data dan cache, dan mungkin kita juga perlu  melakukan force stop pada kedua aplikasi tersebut.
  • Jika masih eror mungkin kita perlu wipe cache partition. Caranya matikan s4 kita lalu lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power secara bersamaan, dan ketika s4 kita bergetar ( vibrate ) lepas tombol power, dan ketika muncul Android Recovery pada screeen, lepaskan volume up dan home. dan gunakan tombol voulme down untuk memilih wipe cache partition, setelah itu tombol power untuk enter. Setelah selesai wipe maka samsung galaxy s4 kita akan otomatis restart.
  • Jika kamera tidak mau berjalan, mungkin langkah pertama kita adalah melakukan restart pada samsung galaxy s4 kita, lalu pastikan jika kamera bekerja dengan baik pada safe mode. Cara masuk safe mode samsung galaxy s4 sebagai berikut : matikan samsung galaxy s4 kita lalu tekan tombol power sampai logo s4 kite terlihat, lepaskan lalu tekan tombol Volume down sampai boot selesai ( safe mode akan di tunjukan pada sisi pojok bawa kiri )
  • Jika ternayata tidak bekerja pada safe mode, mungkin permasalahanya ada pada hardware, silahkan hubungi samsung service center untuk mengatasi permasalahan pada hardware.

 

Masalah Galaxy S4 : SIM card not inserted

Permasalahan ini biasanya kita akan menerima pesan error “SIM card removed. The mobile network will be unavailable until you restart with a valid SIM card”. ini juga sering terjadi pada smartphone lain, bukan hanya samsung galaxy s4.


Cara mengatasi :
  1. Matikan samsung galaxy s4 lalu copot sim card. Pastikan bahwa simcard dan dudukan sim pada s4 bersih, lalu masukan kembali.
  2. Jika masih eror, coba gunakan sim card lain, jika dengan sim card lain bekerja dengan baik, maka kita hanya perlu mengganti sim card kita, tetapi jika ternyata eror, maka kemungkinan ini adalah kerusakan hardware, maka kita perlu untuk membawa ke samsung center untuk penanganan lebih lanjut.

 

Masalah Galaxy S4 : Baterai cepat habis

Banyak pengguna mengeluh bahwa baterai samsung galaxy s4 cepat habis, kami sebenarnya sudah menulis cara mengatasinya samsung galaxy s4 agar tidak boros baterai disni.

Silahkan baca pada link tersebut

 

Masalah Galaxy S4 : tidak bisa koneksi ke  Wi-Fi, atau sangat lambat, atau koneksi drop

Kami juga sudah menulis artikel untuk mengatasi masalah ini cara mengatasi samsung galaxy s4 yang tidak bisa terkoneksi wifi atau wi-fi disni

 

Masalah Galaxy S4 : Random rebooting atau sering terjadi reboot sendiri

Banyak pengguna s4 yang mengeluh akan masalah ini, samsung galaxy s4 sering mengalami reboot dengan sendirinya tanpa ada pemicu yang jelas, berikut adalah cara mengtasi masalah tersebut

 

Cara mengatasi :
  • Beberapa pengguna mengatakan bahwa masalah teratasi setelah mengupdate softwarenya untuk versi yang terbaru, untuk mencek software update caranya : masuk ke Settings > More > About device > Software update lalu pilih Update.
  • Pastikan semua aplikasi terupdate ke versi yang terbaru dengan cara masuk ke play store lalu masuk ke  My apps lalu pilih Update all.
  • Mungkin permasalahan ini disebabkan oleh aplikasi yang rusak, cek melalu safe mode, caranya sebagai berikut : matikan s4 kita lalu tekan dan tahan tombol power untuk hidupkan kembali dan jangan lepas tombol power, setelah logo samsung terlihat lepaskan tombol power tersebut, dan tahan tombol volume down lalu kita akan masuk ke safe mode, dan akan terlihat tulisan “safe mode” pada pojok kiri bawah, dan jika tidak mati setelah masuk safe mode berarti ini merupakan kesalahan pada salah satu aplikasi, kita bisa uninstal satu demi satu atau kita bisa melakukan factory reset dan kembali instal aplikasi yang sebelumnya kita instal.
  • Banyak juga yang di sebabkan oleh kartu memori, kita bisa mencoba melepaskan microSD, dan jika di lepaskan apakah masih suka reboot dengan sendirinya atau tidak.

 

Masalah Galaxy S4 : Smart stay, pause, scroll, rotation tidak bekerja atau berfungsi

Banyak pengguna yang mengeluh bahwa Smart stay, pause, scroll, rotation tidak bekerja, dan tentu ini sangat mengganggu jika terus terjadi, maka kita harus secpatnya mengatasi hal ini.

Cara mengatasi :

Pasitkan bahwa kita sudah menghidupkan fitur tersebut pada Settings > My device > Smart screen.
Pastikan cahaya cukup agar s4 bisa mendeteksi wajah kita, s4 dapat melihat wajah kita melalui front-facing camera, jika kita menutupi kamera tersebut atau cahaya terlalu gelap, memang fitur-fitur ini tidak dapat bekerja.

 

Demikian cara untuk mengatasi peramasalahan-permasalahan pada samsung galaxy s4, jika anda punya masalah lain yang belum bisa diatasi, silahkan komentar pada kolom komentar, kami akan dengan senang hati memabntu mengatasi masalah tersebut.

 

Artikel Lain

Pilih Samsung Galaxy S6 atau Galaxy Note 5 ? Samsung selalu meluncurkan 2 smartphone andalan mereka dengan kurun waktu bersamaan setiap tahunnya, kedua tipe dari samsung ini memang menjadi andala...
Duel oppo f1 vs xiaomi mi 5 bagus mana ? ini ulasa... Kita tentu tahu, bahwa xiaomi dan oppo bersaing untuk merebutkan pasar di indonesia, dan mungkin bagi pengguna smartphone akan  bingung akan memilih s...
Review XIAOMI MI MAX, harga terjangkau dengan sens... Kita semua tentu tahu, bahwa xiaomi sekarang sedang terus melakukan pengembangan terhadap produk-produk terbarunya, dan semakin tahun semakin menujuka...
Cara root android tanpa menghilangkan garansi Disni kita akan menggunakan sebuah software yang di namakan iROOT, ini dapat membuat android kita menjadi root tanpa menghilangkan garansi dan caranya...
Membuat Smartphone Menjadi Lebih Cepat Tanpa Root ... Kita semua menginginkan menggunakan smartphone cepat, tapi terkadang karena smartphone sudah kita gunakan lama, membuat smartphone itu melambat, dan h...

Share.

About Author

Super Admin

15 Comments

  1. itu saya ada samsung s4 dy hanya mau kalau menggunakan aplikasi tambahan apus launcher kalau dr aplikasi home bawaanya dy crash atau macet itu kenapa ya??

  2. Yoshep.angela on

    Gan mau tanya ,hp sya samsung galaxy S4 kadang hp saya itu muncul tampilan Dok .gimana ya gan cara menonaktifkan nya
    Thank u

  3. Yoshep.angela on

    Terus ini ada lagi gan HAHA.
    Gan hp saya tu kalok pas di charger kadang error masuk engak gitu . Padahal konektor nya masi bagus pas waktu saya service ,kenapa ya? Kalk charger hp nya sendiri sih masi bagus

    Ngaruh nya tu sampek kalok hp di power off tiba” nyala sendiri gamau mati itu kalk pas error proses chargernya
    Thank u gan

  4. Sama ka punya saya juga kalo do charger malah muncul notif “dok tersambung” trus charger nya Kdang masuk kadang enggak. Minta solusinya ka

  5. gan, s4 ane idup mati idup mati sampe muncul logo samsung doang kalo dipasang battery nya? apa bootloop gan? saya sudah download bahan buat flashnya nah pas saya coba di s4 ane kan teken tombol home_power_volume up tapi gak muncul gambar robot android yg bacaannya downloding seperti yg dicontohkan agan-agan. nah ini cara ngatasinya bagaimana gan?

      • kalo di factory reset kan hp harus posisi mati, nah ini idup nyala idup nyala gan. jadi gak bisa di factory reset. pas saya coba di charger muncul gambar battery gitu penanda bahwa ngechas tapi gambar battery itu kosong doang gak ada persentase battery nya gan. apa mungkin ini battery nya yg bermasalah?

Leave A Reply