Mengatasi Masalah Galaxy S4 setelah update Lollipop

61

Baik teman-teman, apakah samsung galaxy s4 kita sudah melakukan update ke lollipop? jika sudah melakukan update, biasanya setelah update akan terjadi sedikit permasalahan-permasalahan karena sistem yang baru ini terjadi konflik dengan data-data sistem lama, nah kali ini kita akan membahas itu, permasalahan-permasalahan samsung galaxy s4 setelah update lollipop.

Error setelah update itu wajar untuk semua smartphone, alasanya seperi yang kami tulis diatas, tetapi jangan khawatir, jika eror itu masih sebatas software disni kami akan berusaha membantu, jika kalian masih punya masalah selain yang kami tulis disni, silahkan komentar pada kolom komentar, kami akan berusaha membantu mencari solusinya sebisa kami, dan berikut adalah cara mengatasi permasalah samsung galaxy s4 setelah upgrade lollipop.

kami sebelumnya juga pernah menulis artikel tentang mengatasi masalah pada samsung galaxy s4 dan cara mengatasinya disni.

 

Galaxy s4 Aplikasi kontak yang sering crash atau terhenti setelah update lolllipop

Masalah yang sering terjadi pada pengguna samsung galaxy s4 yang telah update lollipop adalah seringnya crash atau berhenti pada aplikasi kontak, dengan pesan yang sering muncul adalah “Unfortunately Contacts has stopped’.

Pendekatan yang mungkin untuk mengatasi masalah ini adalah pergi ke Settings > App Manage lalu swip ke All tab, dan scroll kebawah lalu pilih kontak dan clear cache dan jika ini masih belum mengatasi masalah ini, cobalah clear data app lalu sync ulang.

 

Kamera galaxy s4 sering berhenti, crash atau lag setelah update lolllipop

Terkadang ketika kita sedang membuka kamera, kamera akan terasa sangat lambat

nah untuk solusi kamerea berjalan lambat adalah mudah, turn off image stabilization pada app kamera samsung galaxy s4, cukup buka app, lalu pilih icon settings, dan turn off anti-shake

dan jika masalahnya adalah kamera terhenti atau crash cara untuk mengatasinya adalah pergi ke Settings > Application Manager > Camera dan clearing app cache, jika ini tidak bekerja, cobalah reboot samsung galaxy s4 kita, dan jika ini masih belum berhasil, mungkin kita perlu app kamera yang lain, kita bisa mengunduhnya di playstore.

 

Galaxy s4 lambat ketika membuka app setelah update lolllipop

Kami juga mendapat keluhan bahwa samsung galaxy s4 menjadi lag setelah update lollipop dan ketika hendak membuka aplikasi, aplikasi yang kita buka lambat untuk terbuka, nah bagaimana cara mengatasi ketika kita mengalami hal ini?

Pertolongan pertama mengatasi hal ini cukup simple, matikan s4 kita, lalu cabut baterai, tunggu sampai beberapa detik, setelah itu masuka baterai dan hidupkan kembali, coba apakah ada perpbedaan? jika masih sama coba langkah selanjutnya berikut.

Cara yang kedua, lakukan wipe cache partition, untuk melakukan wipe cache partition caranya matikan s4 kita lalu lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power secara bersamaan, dan ketika s4 kita bergetar ( vibrate ) lepas tombol power, dan ketika muncul Android Recovery pada screeen, lepaskan volume up dan home. dan gunakan tombol voulme down untuk memilih wipe cache partition, setelah itu tombol power untuk enter. Setelah selesai wipe maka samsung galaxy s4 kita akan otomatis restart.

Cara ketiga factory reset kami sarankan untuk membackup data-data kita dahulu, cara melakukan factory reset samsung galaxy s4 sebagai berikut, ada 2 cara.

-Cara pertama dengan masuk ke Settings → Accounts  →  Backup and reset →  Factory data reset.

-Cara kedua menggunakan tombol.  Caranya matikan s4 kita lalu lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power secara bersamaan, dan ketika s4 kita bergetar ( vibrate ) lepas tombol power, dan ketika muncul Android Recovery pada screeen, lepaskan volume up dan home. dan gunakan tombol voulme down untuk memilih wipe data / factory reset, setelah itu tombol power untuk enter, lalu gunakan tombol volume down untuk memilih delete all user data, lalu gunakan tombol power untuk enter.

jika kita masih mengalami kelambatan pada samsung galaxy s4 kita, mungkin kita perlu mematikan semua animasi : window animation scale, transition animation scale and animator duration scale caranya adalah pergi ke setting lalu development options, jika development options belum aktif silahkan aktifkan dengan cara pergi ke Settings > About Phone dan tap Build Number 7 kali mungkin juga kita bisa mendisbale S voice

 

Celah keamanan pada keyboard samsung galaxy s4

Kami telah menulisnya disni tentang masalah ini, silahkan di baca lebih lanjut pada link tersebut, sedangkan untuk mengatasi ini, kita hanya update pada versi terbaru


 

Galaxy s4 mengalami masalah pada koneksi wi-fi atau wifi setelah update lolllipop

ini adalah masalah umum setelah samsung galaxy s4 update lollipop, cara mengatasi masalah ini cukup simple, on off kan wi-fi atau wifi, aktifkan ariplane mode sesaat lalu offkan lagi, rubah wi-fi setting ( dari  2.4 GHz menjadi 5 GHz ), delete wifi yang sudah pernah di add, restart router.

 

masalah bluetooth samsung galaxy s4 setelah update lollipop

ini adalah salah satu masalah yang sangat umum setelah update, cara mengatasi maslaah ini cukup mudah, on off bluetooth dan jika cara ini belum berhasil, forgot semua device yang telah di add lalu repair kembali.

 

samsung galaxy s4 overheating atau kepanasan

Kami sebenarnya belum menemukan solusi efektif untuk masalah ini, tetapi ada beberapa yang mengatakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara cabut baterai lalu cabut micro SD, entah betul atau tidak karena kami belum mencoba, tapi jika kalian mengalami masalah ini, mungkin solusi ini dapat membantu

Jika belum berhasil lakukan wipe cache partition. Caranya matikan s4 kita lalu lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power secara bersamaan, dan ketika s4 kita bergetar ( vibrate ) lepas tombol power, dan ketika muncul Android Recovery pada screeen, lepaskan volume up dan home. dan gunakan tombol voulme down untuk memilih wipe cache partition, setelah itu tombol power untuk enter. Setelah selesai wipe maka samsung galaxy s4 kita akan otomatis restart.

Setelah itu lakukan factory reset, tetapi sebelum melakukan factory reset, kami sarankan untuk membackup data-data kita dahulu, cara melakukan factory reset samsung galaxy s4 sebagai berikut, ada 2 cara.

Cara pertama dengan masuk ke Settings → Accounts  →  Backup and reset →  Factory data reset.

Cara kedua menggunakan tombol.  Caranya matikan s4 kita lalu lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power secara bersamaan, dan ketika s4 kita bergetar ( vibrate ) lepas tombol power, dan ketika muncul Android Recovery pada screeen, lepaskan volume up dan home. dan gunakan tombol voulme down untuk memilih wipe data / factory reset, setelah itu tombol power untuk enter, lalu gunakan tombol volume down untuk memilih delete all user data, lalu gunakan tombol power untuk enter.

 

samsung galaxy s4 boros baterai setelah update lollipop

ini adalah masalah umum lainnya setelah kita melakukan update, masalah ini akan selesai dengan sendirinya setelah beberapa hari update, tetapi jika maslah ini tetap terjadi setelah beberapa hari update, mungkin anda perlu melihat aplikasi yang banyak memakan memori, dan melihat  aplikasi yang memakan daya baterai tinggi.

Kita juga perlu melihat pemakaian baterai kita, pertama chek aplikasi yang banyak memakan RAM, dan untuk menceknya masuk ke Settings > App Manager, setelah itu kita harus juga cek aplikasi yang banyak memakan daya baterai, caranya masuk ke Settings > Battery, cara ini  akan membantu kita untuk mengatahui aplikasi-aplikasi yang membuat daya baterai menjadi boros.

Jika cara diatas belum berhasil mengatasi, coba untuk melakukan wipe cache partition. Caranya matikan s4 kita lalu lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power secara bersamaan, dan ketika s4 kita bergetar ( vibrate ) lepas tombol power, dan ketika muncul Android Recovery pada screeen, lepaskan volume up dan home. dan gunakan tombol voulme down untuk memilih wipe cache partition, setelah itu tombol power untuk enter. Setelah selesai wipe maka samsung galaxy s4 kita akan otomatis restart.

Setelah itu lakukan factory reset, tetapi sebelum melakukan factory reset, kami sarankan untuk membackup data-data kita dahulu, cara melakukan factory reset samsung galaxy s4 sebagai berikut, ada 2 cara.

Cara pertama dengan masuk ke Settings → Accounts  →  Backup and reset →  Factory data reset.

Cara kedua menggunakan tombol.  Caranya matikan s4 kita lalu lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Home, dan Power secara bersamaan, dan ketika s4 kita bergetar ( vibrate ) lepas tombol power, dan ketika muncul Android Recovery pada screeen, lepaskan volume up dan home. dan gunakan tombol voulme down untuk memilih wipe data / factory reset, setelah itu tombol power untuk enter, lalu gunakan tombol volume down untuk memilih delete all user data, lalu gunakan tombol power untuk enter.

Setelah semua berjalan lancar, mungkin kita juga perlu tips dan trik mengehmat baterai samsung galaxy s4 disni yang sudah kami tulis, silahkan baca dan coba, semoga dapat membantu daya tahan baterai kita.

 

Artikel Lain

Cara mempercepat charging atau cas pada android Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone membutuhkan waktu untuk mencharger atau cas sampai penuh, tetapi bagaimana jika kita terburu-buru ? tentu t...
Cara mudah banget install google play dan google a... Nah, dahulu, sempat kami membuat artikel cara install google app atau aplikasi google pada xiaomi yang hilang, dan kali ini, kita akan membuat artikel...
Tips Dan Trik LG G2 Banyak pengguna smartphone yang tidak benar-benar tau fungsi dari smartphone tersebut, jadi banyak orang yang memgang smartphone tetapi tidak bisa men...
Permasalahan Layar atau screen samsung galaxy note... Layar pada samsung galaxy note 4 merupakan salah satu layar terbaik sebuah smartphone high-end, dengan warna yang jernih serta kelembutan layar, pengg...
Mengatasi masalah pada Xiaomi Mi4i dengan mudah Kali ini anaksantai.com kembali lagi untuk membahas permasalahan pada sebuah smartphone, dan tentu pada artikel kali ini kita akan fokus pada permasal...

Share.

About Author

Super Admin

61 Comments

  1. Om.. saya mau tanya,setelah saya update S4 ke Lollypop versi 5.0.1 kok,utk keyboardnya malah ga bisa digunakan ya? alias tombol pengetikannya hilang.. mohon pencerahannya.. thks

    • baik mas hang rahar, pada keyboard yang hilang, pada text messege atau yang lain digantikan oleh gambar ? maksudnya kaya semacam kertas yang di coret2 ? atau tidak ada apa apa sama sekali?

    • coba untuk melakukan clear data/cache pada samsung keyboard caranya buke settings->more->Application manager — swipe ke kanan agar masuk ke tab “ALL” apps dan scroll kebawah dan cari Samsung Keyboard. klik Force stop button, lalu clear data/cache.

    • maaf baru sempat membalas, apakah s4nya sudah di root?

      Coba update menggunakan KIES

      Caranya download Samsung KIES di pc atau laptop
      Setelah itu Koneksikan samsung s4 ke laptop, nanti otomatis KIES akan mendeteksi s4nya
      Setelah itu, klik gambar s4 kita yang berada di dalam software kies, lalu select tombol firmware upgrade lalu ikuti langkah-langkahnya

      Kami tunggu jawabanya kembali

  2. hp samsung s4 ane, bekas di root tapi udah ane unroot kok. tetep aja gak bisa (selalu ada tulisan sambungan gagal) kalo pake komputer atau leptop ane gak punya.

    • nah walau udah di unroot, tetapi sistem pernah mengalami root, memang harus menggunakan pc atau laptop untuk update gans..

  3. Klo s4 ane masalah sinyal nya ga stabil..kadang2 ngdrop kadang penuh sinyal nya..apalagi didalam ruangan susah kali sinyal nya.bagaimana cara nya mas??thanks

  4. dr kitkat update ke loli 5.0.1 official melalui pengaturan dan perbarui sistem, dan besarny data update 1gb lebih, padhal dalam proses update gk ada kendala Tapi setelah reboot dan tampilany jadi bagus kok ini tombol kembali dan recent/ pilihan gk bisa digunain sama sekali ya:/
    udah di restart melalui pengaturan bahkan melalui CWM juga tp kok tetep gk bisa ya hmmm
    mohon bantuany ya para master,..

    takut gk kbaca, tolong bales k’email juga yak klow ada jawaban?
    bemyself.eko@gmail.com

    • baik gan, sudah dilakukan factory reset, biasanya setelah updare,data-data firmware lama masih tetep ada di s4, itu yang menyebabkan crash, coba lakukan factory reset, setelah itu coba lagi, beri tau kami hasilnya ya gan

  5. Kebetulan kasus ekp sama dengan kasus yg saya alami skrg, sarannya sudah saya coba tapi hasilnya ttap tidak fungsi gang..mohon solusinya

  6. gan, s4 sodara ane kalo buka banyak aplikasi jadi panas terus sering mati sendiri, udh gtu gabisa dnyalain lagi kecuali harus lepas batre dlu baru bisa nyala lg… ini masalah software apa hardware ya ? thanks sebelumnya

    • coba gan, lakukan wipe cache partition, setelah itu konfirmasikan ke kami apa masih panas atau tidak, kami tunggu infonya ya

  7. maaf om saya mau nanya, kenapa ya hp s4 saya suka restart dan sering cepat panas bahkan ngak di main pun tetap panas jika ndihidupkn,, mohon penjelasannya.. trimakasih

  8. Ahmad Rahmadani on

    di samsung galaxy s4 saya tidak ada fitur air jump?
    untuk fitur quick glance, air browse,air move,air call accept ada.
    kira-kira knapa ya?
    untuk samsung sendiri ORI

  9. Gan kenapa S4 saya sudah Lolipop pas pake kamera udah 2/3 jepretan malah mati sendiri gan mohon pencerahan nya soalnya saya malu begitu saya buka kamera foto2 seperti biasa udah beberapa kali jepretan malah mati sendiri.

  10. adnan kasogi on

    saya punya s4 build…mengalami overheat parah gara2 upgrade lollypop melalui ota…sehingga kadang di cas lgsg ada notif cooldown/charger tidak diterima krena trllu panas…mohon bantuanya

  11. Pagi min
    saya mau bertanya mengenai hp samsung gal.S4 saya.
    Masalah nya saat hp saya persentase baterainya dibawah 40% tiba2 mati. Dicabut baterai dan dinyalakan tdk mau nyala,mau nyalanya dipancing dgn cara di charger,tiba2 baterai 0% dan selalu seperti itu. Itu software atau hardware nya min yg bermasalah?
    terima kasih

  12. Fajar hariyanto on

    Kasus KAY, sama persis kayak S4 saya.
    Untuk smartphone nya siih barusan aja saya beli. Blm sampai 6 bulan. Tapi saya gak tahu, udah bep lama si tangan pertama pegang tuh smartphone. Hehehehehehehe……..saya belinya barang second Gan. Maklum lah, isi dompet tipis. Pengen punya barang canggih, mampunya cuman beli second.
    Tapi awalnya normal2 aja, dapat sebulanan baru kasus ini muncul. Mohon pencerahannya Gan. Minta tlg, sekalian dikirim ke email yaaaa…….takutnya gak kebaca. fajar2809@gmail.com

  13. abinaya reynand nazula on

    Kenapa ya sesudah upgrade s4 saya malah tombol back sama tombol bagian kirinya gak jalan tolong bantuannya gan

    • AnakSantai on

      settings > my device > display > touch key light duration, set jadi 1.5 seconds.

      kami tunggu infonya

  14. Risky gobel on

    saya mau tanya mengapa samsung galaxy s4 saya ketika di carger hidup hanya terkurang baterai nya,saya suda ganti baterai nya baru tetap nga ada perubahan.mohon info nya mas

  15. Misi Mas mau tanya..

    Kenapa di S4 ane (lolipop) aplikasi line tidak bisa dihapus../?
    Udh di Factory reset tapi tttp aja aplikasi LINE tidak bisa terhapus..jadi sperti aplikasi bawaan nya..
    Tapi selama ini S4 sangat normal..

    Dan..klo ane pengen coba flashing ulang ke lollipop lagi apakah bisa…???
    Trimakasih ..

  16. tariq ziyad on

    S4 saya sudah upgrade ke lolipop tapi smart scrollnya langsung tidak berfungsi.apakah ada cara untuk atasi masalah ini?

  17. maaf mas..s4 ane klo mw ngecas hrus nunggu hp itu dingin paling tdk sktar 5 jaman..stelah itu bru bs cas..klo stelh pkai langsung dcas cas gk msuk meskipun diotak atik port usbnya..apakah itu pxebab upgrade lolipop..

Leave A Reply