Mengatasi masalah-masalah samsung galaxy s6 edge+ plus

0

Halo kawan anaksantai, kali ini kita akan membahas masalah-masalah yang sering terjadi pada samsung galaxy s6 edge+, loh samsung galaxy s6 edge+ di klaim sebagai smartphone terbaik tahun 2015 kok masih ada masalah?, tetapi sebelum kami jelaskan lebih lanjut, kami juga sudah menulis tentang permasalahan pada samsung galaxy s6 disni dan kami juga telah membuat postingan tips dan trik galaxy s6 yang harus di coba

Baik biar kami jelaskan, smartphone sebaik apapun, secanggih apapun, semahal apapun, dengan spek yang melebihi laptop atau pc kita sekalipun tetap akan mengalami masalah seiring pemaikan yang kita lakukan, jika ingin membaca lebih lengkap review spesifikasi samsung galaxy s6 edge silahkan baca disni.

Baca juga : Perbandingan iphone 6s dan samsung galaxy s6

Baca juga :  Perbandingan Samsung galaxy s6 edge+ plus dan iphone 6s plus

Baca juga : Masalah Charging atau cas samsung galaxy s6 ( edge, edge plus )

Baca juga : Cara flash ulang / Upgrade / Downgrade samsung galaxy s6 dan s6 edge

Permasalahan yang sering terjadi biasanya menyerang software yang membuat smartphone bekerja lambat, panas dll, tetapi juga tidak menutup kemungkinan permasalahan akan menyerang hardware-hardware pada smartphone, jadi tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi smartphone yang sering di pakai, sering download dan instal aplikasi, pasti akan mengalami kerusakaan-kerusakaan yang akan terjadi, entah itu kerusakaan karena aplikasi yang salah, data yang terlalu banyak dll, nah disni kita akan membahas cara mengatasi masalah-masalah itu, masalah yang biasa terjadi juga pada sasung galaxy s6 edge+, smartphone high-end tahun 2015, baik tanpa basa basi, silahkan baca lebih lanjut.

 

 

Samsung galaxy s6 edge+ ( Plus ) tombol menu hilang

Sebenarnya ini bukan masalah tetapi hanya beda fungsi, pada samsung galaxy s5 ketika kita berada dalam sebuah aplikasi lalu menekan tombol dibagaian bawah sebelah kanan tombol home dengan agak lama, maka menu setting akan keluar ini berfungsi untuk menggantikan 3 titik pada aplikas, sedangkan pada samsung galaxy s6 edge+ ( plus ) ketika kita menekan tombol tersebut ( silahkan lihat pada gambar  dibawah yang kami lingkari ) dengan agak lama, itu akan membawa kita kembali ke home.

tombol menu hilang samsung galaxy s6

tombol menu hilang samsung galaxy s6

Cara mengatasi :

Untuk mengatasi ini dan jika kita ingin menyamakan seperti samsung galaxy s5 caranya kita masuk ke Settings – Accessibility – Dexterity and interaction – Assistant menu, dan enable Assistant menu. Lalu tap edit dan atur sesuai keinginakan kita.

 

 

Samsung galaxy s6 edge+ ( Plus ) finger print tidak bekerja

Masalahan ini merupakan masalah umum yang biasa terjadi pada Galaxy S6 Edge+  maupun samsung galaxy lainnya.

Cara mengatasi :

Ini merupakan kesalahan pada kita, biasanya kita ketika pertama scan sidik jari, kita menggesek dengan sama, padahal setelah kita gunakan untuk mengunci kita menggeseknya tidak sama seperti saat melakukan scan, maka lebih baik ketika kita melakukan scan, usahakna lakukan scan dengan 10 scanan yang berbeda dari gerakan jari-jari kita.

Kita bisa mengulangi scan finger print, caranya masuk ke Settings > Lock screen and security > Fingerprints > Add fingerprint.

 

 

Samsung galaxy s6 edge+ ( Plus ) Permasalahan Wifi atau Wi-Fi

Peramasalahan wifi pada samsung galaxy s6 edge+ memang banyak terjadi, biasanya pengguna mengeluh bahwa wi-fi menjadi lambat, bahkan setiap 15 menit wifi disconnected setelah itu gagal untuk menghubungkan kembali

Cara mengatasi :

  • Ganti fruekensi melalui advanced setting pada wifi menu, rubah dari default menjadi 2.4 Ghz only, biasanya ini dapat mengatasi permasalahan ini pada sebagain user.

Jika tidak bisa terkoneksi

  1. Coba matikan s6 edge+ dan router kita bersamaan, tunggu sampai 1 menit lalu hidupkan kembali dan koneksikan kembali.
  2. Masuk ke Settings – Power saving dan pastikan pilihan ini di tidak aktifkan.
  3.  Forget koneksi wifi atau wi-fi, masu ke Settings – Wi-Fi lalu tekan dan tahan koneksi yang kita ingin forget lalu pilih Forget dan koneksikan kembali, biasanya akan di minta ulang mengisikan password.
  4. Pastikan firmware router terupdate dengan update terbaru.
  5. Pastikan aplikasi dan software pada s6 edge plus up to date terbaru.
  6. Masuk ke  Wi-Fi – Settings – Advanced dan lihat mac adress s6 edge+ dan pastikan mac adress tersebut allowed acces ke router.

 

 

Samsung galaxy s6 edge+ ( Plus ) Permasalahan Bluetooth

Permasalahan biasanya terjadi ketika kita ingin mengoneksikan bluetooth pada 2 device, misal kita ingin mengoneksikan bluetooth s6 edge plus kita dengan smartwatch dan wireless headphone.

Cara mengatasi :

Sejauh ini permasalahan ini terjadi ketika kita mencoba mengoneksikan dengan multi koneksi antara smartwatch dan perangkat lain pada saat yang sama, coba uninstal aplikasi android wear apakah masih terjadi kesalahan seperti ini, dan sayangnya untuk permasalahan ini belum menumkan solusi yang terbaik, mungkin kedepannya samsung akan melakukan update untuk menangani permasalahan ini.

 

 

Samsung galaxy s6 edge+ ( Plus ) Permasalahan wireless charging atau cas

Biasanya permasalahan wireless charging atau cas pada s6 edge+ itu seperti ini, ketika kita sedang melakukan charging atau cas, lalu sebelum s6 edge+ terisi penuh charging akan berhenti atau pause, banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini.


Cara mengatasi :

Ada 2 cara yang kami rekomendasikan untuk di lakukan, cara pertama masuk ke Settings > Display > Wallpaper > Daydream > On > More > Select when to daydream > dan select pada While charging. ini berfungsi agar s6 edge plus kita tidak terkunci saat charging.

Cara kedua, aktifkan night clock pada setting, caranya masuk ke Settings > Edge screen > Night clock.

 

Samsung galaxy s6 edge+ ( Plus ) Permasalahan Fast Charging atau charge cepat

Permaslaahan ini terjadi biasanya fast charging atau charge atau cas tidak bekerja secepat yang kita harapkan, charge menjadi lambat, ketika melakukan charge atau cas, seharusnya s6 edge plus itu terisi penuh hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit, tetapi dalam permasalahan ini kita akan mendapati bahwa s6 edge+ akan menjadi lebih lama dalam pengisian daya baterai.

Cara mengatasi :

Pertama-tama, permasalahan ini kemungkinan terjadi bukan karena dari software samsung galaxy s6 edge plus, tetapi dari kabel USB yang kita gunakan, coba untuk cabut dan colokan kembali charge USB kita dan pastikan tersambung dengan benar, tetapi jalan keluar satu-satunya adalah mengganti kabel USB kita, tetapi sebelum mengganti kabel USB ktia ada baiknya kita baca artikel tentang charge disni.

 

 

Samsung galaxy s6 edge+ ( Plus ) Baterai cepat habis

Jika kita mengalami bahwa galaxy s6 edge+ kita baterainya cepat habis, tenang kita tidak sendirian yang mengalami hal ini, banyak pengguna s6 edge plus yang mengeluhkan hal ini.

 

Cara mengatasi :

Setelah kami mengamati ternyata permasalahan ini terjadi kepada semua smartphone, kami  merekemomendasikan artikel yang kami buat untuk samsung galaxy s5, yaitu tips dan trik agar baterai tahan lama disni walau memang itu untuk samsung galaxy s5 tetapi itu juga dapat bekerja pada semua smartphone android.

 

Samsung galaxy s6 edge+ ( Plus ) Freeze, Hang, reboot sendiri dan menjadi tidak responsif

untuk mengatasi samsung galaxy s6 edge+ plus mengalami freeze dan terkadang suka hang permasalahan juga tidak hanya itu, kita juga terkadang mengalami samsaung galaxy s6 edge+ restart sendiri, reboot sendiri, dan itu terjadi berulang-ulang.

Cara mengatasi :

  • Pertama kemungkinan ini disbeabkan aplikais yang terinstal, kita bisa mengalaisisnya dengan cara masuk safe mode, lalu uninstal aplikasi yang menjadi sebab permasalahan ini, cara masuk safe mode baca caranya dibawah postingan ini.
  • Terkadang peramasalahan seperti ini terjadi setelah kita melakukan update, untuk mengatasinya dengan cara melakukan wipe cache partition, cara melakukan wipe cache partition lihat pada tulisan dibawah postingan ini.
  • Dan ketika cara diatas tidak ada yang berhasil, maka kita perlu melakukan facotry reset, kami sudah merangkum cara-cara tersebut dibawah postingan ini, silahkan baca lebih lanjut.

 

Cara Masuk Safe mode, factory reset dan wipe cache pada samsung galaxy s6 edge+ ( plus )

Kami telah memberikan bagian khusus untuk melakukan cara-cara diatas, agar pembaca mudah untuk melakukan dan membacanya, berikut adalah cara cara untuk masuk safe mode, cara facotry reset dan cara wipe cache pada s6 edge plus atau s6 edge+ dan cara ini juga bisa di gunakan pada samsung galaxy s6 dan samsung galaxy s6 edge, berikut cara caranya.

 

Cara masuk safe mode pada samsung galaxy s6 edge+ plus

Bagi yang tidak mengetahui apa itu safe mode, berikut penjelasannya, safe mode adalah salah satu mode berbeda yang di terapkan pada samsung galaxy s6 edge+ dimana dalam mode ini kita bisa uninstal aplikasi, menghapus bugs dll secara aman, kita bisa menggunakan safe mode jika mengalami masalah aplikasi yang tidak berjalan atau masalah samsung galaxy s6 edge+ restart sendiri karena aplikasi nakal.

cara masuk safe mode samsung galaxy s6 sebagai berikut, tekan power untuk reboot, setelah samsung galaxy s6 edge+ menampilkan logo start segera tekan tombol volume bawah / down ( tombol untuk  mengurangi suara ), tetap tekan sampai samsung galaxy s6 edge+ selesai reboot, setelah reboot sukses di bagian kiri bawah pilih terdapat “safe mode” kemudian lepas volume bawah ( tombol untuk mengurangi suara ), untuk keluar dari safe mode silahkan tekan Power/Tombol untuk mengunci dan pilih restart.

 

Cara wipe cache partition pada samsung galaxy s6 edge+ plus

  • Matikan S6 edge+ kita.
  • Lalu tekan dan tahan tombol volume up , home , dan power secara bersamaan.
    Ketika logo s6 edge+ terlihat, lepas tombol power dan tetap tekan dan tahan tombol voulme up dan home.
  • Ketika layar  Android system recovery terlihat, lepaskan tombol-tombol tersebut.
  • Gunakan tombol volume down untuk memilih wipe cache partition kemudian tekan tombol power untuk enter.
  • Setelah selesai, pilih Reboot system now.

 

Cara Factory reset atau hard reset pada samsung galaxy s6 edge+ plus

Ada dua cara melakukan factory reset, berikut adalah cara-caranya, tetapi kami sarankan sebelum melakukan facotry reset sebaiknya kita back up dahulu data-data penting kita.

Cara pertama :

Masuk ke Settings – Backup & reset – Reset device – Erase Everything.

Cara Kedua :

  1. Matikan samsung galaxy s6 edge+
  2. Tekan dan tahan tombol volume up dan tombol home dan tombol power secara bersamaan sampai keluar logo android.
  3.  Gunakan tombol volume down pilih wipe data/factory reset dan tekan tombol power untuk memilih pilihan
  4. lalu arahkan ke menu Yes – delete all user data menggunakan tombol volume down, lalu tekan tombol power untuk memilih
  5. setelah samsung galaxy s6 edge+ reboot, kemudian tekan tombol power untuk memilih “Reboot system now
  6. setelah galaxy restart semua akan terwipe dan siap untuk di set up ulang

 

 

Demikian Mengatasi masalah-masalah samsung galaxy s6 edge+ plus, jika kalian masih punya permasalahan lain, silahkan komentar pada kolom komentar dibawah, kami akan membantu sebisa kami.

Artikel Lain

Perbandingan Samsung galaxy s6 edge+ plus dan ipho... Kali ini kami akan membahas tentang samsung galaxy s6 edge+ plus dan iphone 6s plus, kedua duanya mempunyai plus, tetapi apa kelebihan dari plus-plus ...
Masalah Charging atau cas samsung galaxy s6 ( edge... Kali ini kami akan membahas permasalahan charging atau cas pada galaxy s6, galaxy s6 edge, galaxy s6 edge plus, memang tidak setiap pengguna smartphon...
Mengatasi Baterai Boros Samsung Galaxy Note 3 Kali ini kita akan membahas bagaimana mengatasi baterai boros samsung galaxy  note 3, ya kali ini akan sedikit rumit, sebab tips kali ini tidak akan m...
Spesifikasi lengkap Mi Note 2 dengan kamera 22.56 ... Xiaomi baru saja merilis smartphone terbarunya pada november 2016 ini, yaitu xiaomi mi note 2, lalu kita tentu perlu tahu dong jagoan xiaomi baru ini ...
Keuntungan Mempunyai Xiaomi Mi 5 Xiaomi sekarang berubah menjadi salah satu produsen smartphone yang besar, selain kapasitas smartphone yang mumpuni, harga smartphone xiaomi juga term...

Share.

About Author

Super Admin

Leave A Reply