Mengatasi permasalahan yang terjadi pada OPPO find 5 yang biasa terjadi

6

Kali ini kita akan membahas sebuah smartphone yang sekarang menjadi sangat populer di indonesia, smartphone oppo, dan kali ini kita akan lebih terfokus untuk membahas oppo find 5 dan tentu pengguna oppo find 5 memang sangat banyak di indonesia, dikarenakan smartphone ini mempunya spesifikasi yang cukup gahar sehingga cukup menarik minat para pengguna android di indonesia.

Dan kali ini kami akan membahas permasalahan-permasalahan yang biasa terajdi pada opp find 5 dan cara mengatasinya, kenapa kami  membahas permasalahannya? bukan berarti smartphone ini jelek loh ya, dikarenakan sebuah smartphone mau mahal dengan spesifikasi paling mutahirpun, jika pemaikannya terlalu sering dan cukup berart tentu akan terjadi sebuah permasalahan, nah disni kami berharap artikel ini dapat membantu teman-teman untuk mengatasi permasalahan itu, dan berikut adalah tips Mengatasi permasalahan yang terjadi pada OPPO find 5 yang biasa terjadi.

Baca juga : Masalah yang sering terjadi pada Android OPPO dan cara mengatasinya

Baca juga : Tips dan trik OPPO Find 5 yang biasa di gunakan

Baca juga : Ini dia kelebihan OPPO F1 PLUS yang perlu di ketahui

Find 5 Screen atau layar yang tidak responsive

Mungkin bagi pengguna ada yang mengalami hal ini, screen menjadi tidak responsif dan tidak dapat bergerak dengan cepat, itu biasanya terjadi karena teralalu banyak file cache yang tersimpan.

Cara mengatasi

Untuk mengatasi permasalahan ini karena terlalu banyak cache yang terinstall, coba lakukan Wipe Data and cache. tetapi sebelum melakukan cara ini, harap di catat untuk membackup semua data-data yang penting.

Cara wipe data daan cache oppo find 5

  • Matikan oppo find 5 sampai benar-benar mati.
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol Volume Down.
  • Lalu ketika kita menekan tombol volume down, jangan di lepaskan lalu tekan tombol power.
  • Ketika oppo find 5 bergetar, lepaskan kedua tombol tersebut, maka kita akan melihat logo oppo.
  • Setelah itu pilih bahasa yang kita inginkan.
  • Lalu tap atau tekan Wipe data and cache.
  • Lalu Press pada Wipe data and cache.
  • Setelah selesai pilih reboot

 

Oppo find 5 masalah insufficient space atau memori tidak cukup

Permaslahan ini terjadi biasanya karena memori kita tinggal sedikit, biasanya ketika kita akan menginstall sebuah aplikais akan muncul sebuah pesan eror berupa peringatan insufficient space atau memori tidak cukup, nah berikut adalah cara mengatasinya.

Cara mengatasinya

Untuk mengatasi insufficient space atau memori tidak cukup pada oppo find 5, kami telah membuat beberapa cara yang mungkin bisa teman-teman coba.

  • Masuk ke Settings –> General –> Apps –> Installed, disni kita dapat melihat aplikasi yang kita instal.
  • Lalu tap atau tekan aplikasi yang kita ingininkan.
  • Dibawah storage atau penyimpanan akan di sisi kiri terlihat Move to phone.
  • Lalu tap atau tekan move to phone.
  • Setelah itu maka akan berubah dari move to phone menjadi Move to system

Untuk lebih jelas silahkan lihat pada gambar dibawah ini

 

Cara kedua

Selain metode yang disebutkan di atas, kita juga bisa menggunakan file aplikasi untuk membersihkan storage kita. caranya masuk ke Go to Files -> Cleanup, lalu fitur clean up ini akan mencari file-file sampah yang ada pada smartphone kita, setelah itu lalu tekan perintah “Start cleaning” untuk mulai  membersihkan file-file sampah


 

 

Oppo find 5 masalah notifikasi yang tidak muncul

Jika teman-teman pernah mengalami hal ini, notifikasi yang tidak muncul, entah itu instagram, whatsapp, facebook, twitter, line, bbm dan app-app lainnya, tenang mungkin cara ini bisa mengatasi.

Cara mengatasi

Banyak pengguna oppo yang tidak tahu bahwa data saving bisa mengaktibatkan permasalahan ini, karena data saving dapat menghentikan proses berjalan pada layar belakang atau background aplikasi yang idle, seperti facebook dan lain-lain, sehingga untuk mendapatkan notifikasinya kita harus membuka aplikasi tersebut, jika teman-teman mengaktifkan data saving, teman-teman bisa memilih app-app mana saja yang tidak di disable background datanya sehingga bisa muncul notifikasi.

Lalu notification center, jika teman-teman mengaktifkannya, mungkin perlu di check ulang, apakah app yang notifikasinya tidak muncul disebabkan oleh fitur ini.

 

Oppo find 5 masalah freeze atau hang

Permasalahan ini tentu sangat mengganggu, ketika kita sedang asyik menggunakan smartphone kita, tiba-tiba oppo find 5 freeze atau hang dan tidak dapat bergerak, nah berikut cara mengatasinya.

Cara mengatasi

Pertama, mungkin ini disebabkan banyakanya cache atau file sampah yang terimpan pada oppo find 5 kita, maka kita perlu membersihkannya, caranya sebagai berikut. caranya masuk ke Go to Files -> Cleanup, lalu fitur clean up ini akan mencari file-file sampah yang ada pada smartphone kita, setelah itu lalu tekan perintah “Start cleaning” untuk mulai  membersihkan file-file sampah.

Jika ini masih belum mengatasi, mungkin kita perlu melakukan wipe cache dan data, tapi sebelumnya backup dahulu data-data pentingnya.

  • Matikan oppo find 5 sampai benar-benar mati.
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol Volume Down.
  • Lalu ketika kita menekan tombol volume down, jangan di lepaskan lalu tekan tombol power.
  • Ketika oppo find 5 bergetar, lepaskan kedua tombol tersebut, maka kita akan melihat logo oppo.
  • Setelah itu pilih bahasa yang kita inginkan.
  • Lalu tap atau tekan Wipe data and cache.
  • Lalu Press pada Wipe data and cache.
  • Setelah selesai pilih reboot

Dan jika cara diatas belum bisa mengatasi, mungkin teman-teman perlu melakukan upgrade software dan firmware dari oppo find 5.

 

 

Oppo find 5 masalah camera atau kamera

Jika teman-teman mengalami maslaah kamera pada oppo find 5, biasanya kamera yang tidak dapat di gunakan.

Cara mengatasi

Pertama, clear data dan cache aplikasi camera, masuk pada Settings –> General –> Apps –> Installed, disni kita dapat melihat aplikasi yang kita install, setelah itu pilih camera, tap pada app tersebut, lalu cari clear data lalu clear cache, tetapi sebelumnya harus backup dahulu data-datanya.

Kedua, jika cara diatas masih belum bisa mengatasi, coba lakukan wipe data dan cache, tetapi semua data yang penting harus di backup dahulu

  • Matikan oppo find 5 sampai benar-benar mati.
  • Setelah itu tekan dan tahan tombol Volume Down.
  • Lalu ketika kita menekan tombol volume down, jangan di lepaskan lalu tekan tombol power.
  • Ketika oppo find 5 bergetar, lepaskan kedua tombol tersebut, maka kita akan melihat logo oppo.
  • Setelah itu pilih bahasa yang kita inginkan.
  • Lalu tap atau tekan Wipe data and cache.
  • Lalu Press pada Wipe data and cache.
  • Setelah selesai pilih reboot

Ketiga, jika cara diatas belum berhasil, kemungkinan smartphone oppo find 5 membutuhkan upgrade ke software terbaru, lakukan update pada firmware dan software.

Note :  untuk permasalahan kamera yang tidak terhubung, jika cara diatas tidak berhasil, kemungkinan ada  masalah pada harwarenya, saran kami bawa ke service center untuk memastikan permaslaahan hardware yang terjadi.

 

Demikanlah Mengatasi permasalahan yang terjadi pada OPPO find 5 yang biasa terjadi, jika teman-teman mempunyai masalah pada oppo find 5 dan berlum teratasi, teman-teman bisa menanyakan ke kami pada kolom komentar, kami akan berusaha membantu sebisa kami.

Artikel Lain

Cara mempercepat kinerja samsung galaxy s6 tanpa r... Samsung galaxy s6 merupakan salah satu smartphone high-end, begitu juga dengan harga yang fantastis tentunya, tetapi kita diberi kenyamanan berupa spe...
Ini Dia Hands On BlackBerry Priv Kemaren kita telah  membahas tentang fitur, harga, spek dan harga blackberry priv disni, seperti yang tertera pada tulisan di posting tersebut, blackb...
Mengatasi Masalah Xiaomi Redmi 1s Dengan mudah Xiaomi Redmi 1s Merupakan smartphone andalan dari negri tirai bambu, smartphone dengan sejuta fitur dengan harga yang cukup masuk akal di kantong kita...
Keyboard SwiftKey samsung galaxy bisa di hack peng... Para pengguna samsung galaxy dalam bahaya, karena ditemukan kelemahan atau celah keamaanan pada keyboard samsung galaxy, hacker dapat mengakses melalu...
Apa Aja sih Kelebihan Android 7.0 Nougat ? Ini Ula... Semua penggemar atau pengguna android di indonesia pasti sudah tahu bahwa android sudah meluncurkan android terbarunya yaitu android 7.0 nougat, perta...

Share.

About Author

Super Admin

6 Comments

  1. Endi pratama on

    Maaf hp saya.oppo 1201 tidak bisa masuk jaringan 3g padahal di hp lain saya bisa
    Saya menggunakan im3/indosat mungkin ada trik ink mengatasinya ?

    • AnakSantai on

      Pilih ke pengaturan mobile network setelah itu agan coba Enable 3G simnya dirubah ke sim 2.
      setelah itu , otomatis yg sim 1 jadi edge, kerana memang gak bisa kedua sim card itu menjadi 3G gan

  2. pagi gan, saya mau tanya Ni HP OPPo Neo 7 kalo mau tulis pesan di BBM,WA,Line , SMS kok ngk bisa ya bisanya kirim stiker emotion saja sdh di restart tapi tetap ngk bisa itu kenapa ya ? mohon bantuannya, tq

  3. Oppo find5 saya error gan.hidup smpe logo.kata tukang servise masalah baterai.sudah xoba pake charger 1a.2ampere sama juga.Gejalanya getar hidup lalu mati(berulang)mo hidup jg cuma pas colok charger.SuDah coba baterai modifikasi tipe lain(samsung)hasil sama juga.ada solusi gan?.baterai rusak apa mesin rusak gimana??

Leave A Reply