Mengatasi Sony Xperia Z1 Yang Boros Baterai

1

Sony xperia z1 adalah smartphone yang cukup lama di rilis ya itu tahun 2013, walaupun sony xperia z1 ini sudah lama di rilis tetapi peminat masih sangat banyak untuk menggunakan smartphone ini, selain smartphone ini kuat dan waterproof atau tahan air, fitur-fitur pada sony xperia z1 ini termasuk canggih dan masih mengikuti perkembangan sampai tahun ini, 2015, sebelumnya juga kami sudah menulis artikel mengatasi masalah umum yang biasa terjadi pada sony xperia z1 disni.

Tetapi seiring waktu berjalan mungkin kita merasa bahwa sony xperia z1 mengalami penyakit umum pada smartphone yaitu borosnya pemaikan baterai, dan kali ini kami akan membahas hal ini, tips dan trik mengatasi boros baterai pada sony xperia z1, cara ini tidak memerlukan root, jadi kita semua bisa melakukan cara ini untuk mengehmat baterai sony xperia z1 kita, berikut adalah tips dan trik menghemat baterai sony xperia z1.

Baca juga : cara membersihkan smartphone android dengan aman

Baca juga : Cara mempercepat charging atau cas pada android

 

Kurangi Screen Brightness dan Timeout Delay

Layar yang terlalu cerah dapat memakan konsumsi baterai yang berlebihan ini sebabnya kita perlu mengurangi kecerahan pada layar, dan juga timeout delay, semakin lama layar kita menyala maka akan semakin banyak daya yang di perlukan, apalagi jika kedua-duanya ini berjalan bersama, menggunakan layar yang cerah dan timeout delay yang lama, tentu xperia z1 kita akan semakin boros dalam mengkonsumi daya baterai, maka kita perlu melakukan pengurangan kecerahan layar dan lamanya timeout delay.

Cara mengurangi

  • Dari Home screen tap Applications
  • Tap Settings lalu tap Display dibawah Device
  • Setelah itu pilih Brightness
  • Setelah itu hapus centang pada kotak Adapt to lighting conditions
  • Setelah itu akan muncul slider brightness.
  • Lalu tarik ke arah yang mengurangi kecerahan untuk mengurangi kecerahan dan pastikan kita tetap nyaman menggunakannya jangan terlalu redup, dan setelah kita rasa cukup mengurangi dan kita tetap nyaman Tap OK
  • Setelah itu tap Sleep lalu pilih lower time out menjadi 15 second ( 15 detik )

 

Matikan App Auto-Sync

Setiap 15 menit sekali, google akan merefersh untuk mendapatkan data-data baru dari aplikasi yang tersinkronisasi dengan akun google kita, seperti tiwtter, facebook, dll, tentu ketika melakukan update akan menyerap daya baterai, bayangkan jika 15 menit sekali melakukan refresh untuk updatean baru dan ini dilakukan selama 1 hari, ada berapa kali google melakukan refresh, dan tentu ini akan membuat baterai boros.

Cara mematikan Auto sync

  • Pertama masuk ke Menu.
  • Setelah itu masuk ke Settings.
  • Setelah itu masuk ke Account, jika ada beberapa account pilih yang akan di edit.
  • Lalu uncheck auto sync data

 

 

Disable Background Data

Mendisbale background data juga dapat membantu untuk mengehmat baterai sony xperia z1 kita, nah cara untuk mendisable background data sebagai berikut

Cara mendisable background data

  • Pertama masuk ke Settings
  • Setelah itu masuk ke Wireless & Networks lalu pilih Data usage
  • Lalu tekan icon Menu ( 3 titik pada bagian atas ) lihat gambar dibawah agar lebih jelas.
  • Restrict background data

    Restrict background data

  • Setelah itu chck pada kotak sebelah Restrict background data
  • Restriction background data xperia z1

    Restriction background data xperia z1

  • Setelah kita check pada kotak tersebut maka akan muncul pop up dan tap OK

 

 

Aktifkan Battery Saving ( STAMINA Mode )

Ini adalah fitur dari sony untuk agar daya tahan baterai menjadi lama, fitur ini diberi nama STAMINA mode,  Bila stamina mode diaktifkan, secara otomatis menutup semua aplikasi yang tidak digunakan, untuk meningkatkan daya tahan baterai, ini kenapa terkadang bbm, whatsapp, email dll tidak memunculkan notifikasi karena dibatasi penggunaanya dengan mode ini, ketika kita membuka baru kita dapat menerima notifikasi dan pesan dari aplikasi yang kita buka.


Cara mengaktifkan Battery Saving

  • Pertama masuk ke Settings.
  • Pada Setting lalu pilih Power management
  • Setelah itu geser atau swich Stamina mode untuk mengaktifkan ( menjadi warna hijau jika aktif )
  • Enable stamina mode sony xperia z1

    Enable stamina mode sony xperia z1

 

Matikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS Jika tidak di gunakan

Jika ktia sudah tidak menggunakan wifi, bluetooth dan GPS lebih baik di matikan, karena ketika aplikasi-aplikasi ini aktif mereka akan terus memakan daya baterai yang berlebihan, karena mereka akan mencai-cari sinyal terus menerus terutama untuk GPS karena GPS akan selalu mencari letak dimana kita berada dan ini tentu akan memakan daya baterai dan baterai akan menjadi boros.

Untuk mematikan aplikasi tersebut cukup kita tarik kebawah notifikasi bar yang terletak pada bagian atas layar sony xperia z1 kita, lalu tap pada menu-menu wi-fi, bluetooth, dan GPS untuk menontaktifkannya ( jika warna hijau aktif jika tidak berwarna berarti off )

 

Disbale aplikasi pihak ketiga yang tidak di gunakan

Banyak dari kita yang biasanya mencoba untuk mendownload aplikasi-aplikasi yang di rekomendasikan teman kita dari playstore, setelah itu karena aplikasi itu tidak kita butuhkan, kita tidak menggunakan tapi sayangnya kita juga tetap membiarkan aplikasi itu berada di dalam sistem smartphone kita, padahal jika kita biarkan aplikasi tersebut akan terus berjalan, dan tentu semakin banyak aplikais yang berjalan semaki cepat pula daya baterai kita habis, maka coba periksa kembali aplikasi-aplikasi yang tidak berguna itu dan disable atau bahkan jika benar-benar tidak berguna lebih baik uninstall.

Caranya

  • Masuk  “Settings
  • Tap “Apps
  • Swipe screen dan pilih tab “Downloaded
  • Tap pada aplikasi yang ktia tuju, lalu pilih “Disable” atau “Uninstall
  • Tap “OK

 

Gunakan Tipe Only pada Mobile Network

Disni kita biasanya sering melakukan kesalahan, kita biasanya sering menggunakan tipe preferred padahal mode ini dapat menguras daya baterai, sebab ketika kita menggunkana WCDMA preferred maka ketika kita berada di lokasi 3G dan pindah ke lokasi yang tidak ada sinyal 3G maka sinyal kita akan terus mencari sinyal 3G setelah pindah ke 2G dan mencari sinyal ini selain dapat membuat smartphone panas, juga sangat menguras daya baterai.

Maka kami sarankan gunakan WCDMA only ketika berada di sinyal 3G dan gunakan GSM only ketika berada di sinyal 2G, sedangkan jangan aktifkan koneksi 4G sebab sama serpti kejadian diatas, kebanyakan masih berada di jaringan 3G jika kita mengaktifkan mode 4G pada mobile network, maka sinyal akan mencari-cari terus sinyal 4G dan ini akan sangat memakan daya baterai tanpa kita sadari.

 

Selalu cek software update

Ini bagian yang penting, selalu cek software update, karena biasanya update terbaru akan menutup celah baterai yang boros dan melakukan perbaikan-perbaikan yang baru pada sistem android.

  • Masuk “Settings” select “About phone”  lalu “System
  •  Lalu tap Software update dan biarkan sistem mencari untuk update software dan firmware terbaru.
  • Jika ada updatean terbaru pilih ok dan ikuti instruksi untuk melakukan udpate.

 

Demikan cara untuk mengatasi boros baterai pada sony xperia z1, jika ada permaslalahan yang belum diatas, silahkan komentar pada kolom komentar, kami akan dengan senang hati  membantu, atau jika punya tips dan trik lain agar baterai sony xperia z1 tidak boros, silahkan beri kami masukan, kami akan senang hati untuk menambahkan pada postingan ini.

Dan juga kami sudah membuat artikel Tips mengembat baterai sony xperia z2 disni dan di dalam artikel itu ada berapa tips dari xperia z2 yang dapat juga di gunakan pada xperia z1, jadi kita bisa menggabungkan 2 cara diatas dan lebih menghemat baterai.

Artikel Lain

Cara meningkatkan RAM smartphone Android ketika handphone anda mulai terasa lambat, dan RAM - random akses memory, yang mana digunakan untuk menyimpan data data anda - mungkin itu salah satu ...
Masalah yang sering terjadi pada Asus Zenfone 2 da... Asus Zenfone 2 merupakan salah satu smartphone laris manis di indonesia, berbagai kalangan menggunakan asus zenfone 2 sebagai smartphone andalannya, h...
Permasalahan yang sering terjadi pada LG G3 dan ca... LG g3 merupakan smartphone andalan dari LG dan memang smartphone ini bertahan cukup lama dan mampu di sejajarkan dengan smartphone-smartphone lain, de...
GALAXY NOTE 4 Mati ketika baterai tinggal 20 perse... Samsung galaxy note 4 merupakan salah satu smartphone high-end yang fantastis, karena di lengkapi dengan spesifikasi yang luar biasa, serta fitur S-Pe...
Aplikasi android untuk download musik atau mp3 ger... Di playstore banyak aplikasi yang menawarkan untuk melakukan streaming musik online, seperti Spotify dan Deezer, tetapi itu membutuhkan paket data ket...

Share.

About Author

Super Admin

1 Comment

Leave A Reply