Problem samsung galaxy note 2 dan cara mudah mengatasinya

16

Kali ini kami akan membahas permasalahan atau problem yang biasa terjadi pada samsung galaxy note 2, ini merupakan tulisan dari lanjutan sebelumnya, sebab sebelumnya kami juga pernah menulis permaslahan-permasalahn ini,dan mungkin tulisan kami yang sebelumnya juga dapat membantu permasalahan pemabaca dan jika ingin membaca silahkan baca cara mudah mengatasi permasalahan samsung galaxy note 2 disni. dan ini adalah lanjuta-lanjutan dari tulisan itu, nah jika teman-teman mempunyai masalah yang belum dibahas di artikel ini, mungkin pada artikel sebelumnya kami sudah menulisnya.

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa samsung galaxy note 2 merupakan salah satu smartphone yang cukup tua milik samsung, tetapi karena performa dan memang note 2 masih layak bersaing sampai tahun sekarang, masih banyak pengguna android yang mengandalkan smartphone ini, tetapi seiring waktu berjalan tentu masalah-masalah bisa terjadi pada sebuah smartphone, apalagi smartphone yang sudah cukup lama seperti note 2, tetapi disni kami akan memberikan soluis-solusi dari permasalahan itu, jadi silahkan baca lebih lanjut.

Baca juga : Daftar smartphone android dengan daya tahan baterai kuat 2015

 

Pertama-tama kami akan memberikan cara factory reset dan wipe cache, agar nanti jika solusi dari permasalahan factory reset dan wipe cache, pembaca tinggal scroll up pada halaman ini di bagian atas

Cara factory reset samsung galaxy note 2

Note : sebelum melakukan factory reset, hendaknya membackup dahulu data-data penting kita.

cara petama masuk ke Settings > Back up and reset > Factory data reset > Reset device > Erase everything.

  • Tekan dan tahan tombol Power, Home dan Volume Up bersamaan.
  • Lepas tombol ketika logo android muncul, kita sudha masuk pada android recovery.
  • Scroll down menggunakan  tombol Volume Down dan pilih Wipe Data/Factory Reset menggunakan tombol Power
  • Scroll kebawah dan pilih Yes, Delete User Data dan gunakan tombol Power untuk enter.
  • Lalu pilih reboot system now

Cara wipe cache partition samsung galaxy note 2

 

  • Tekan dan tahan tombol Power, Home dan Volume Up bersamaan.
  • Lepas tombol ketika logo android muncul, kita sudha masuk pada android recovery.
  • Scroll down menggunakan tombol Volume Down dan pilih Wipe Cache Partition lalu gunakan tombol Power untuk enter.
  • Lalu pilih reboot system now

 

 

Dan berikut permasalahan-permasalahan pada note 2 dan cara mengatasinya.

 

Unfortunately, TouchWiz Home has Stopped

Jika kita mengalami permasalahan ini biasanya akan muncul pesan error Unfortunately, TouchWiz Home has Stopped, atau touchwis home berhenti, dalam sebuah forum mengatakan bahwa kemungkinan permasalahan ini terjadi sebab configurasi aplikais note 2, sedangkan untuk mengatasi solusi ini kami memberikan beberapa pendekatan sebagai berikut.

Cara mengatasi

  • Masuk ke Settings
  • Lalu masuk ke Application Manager dan pilih All.
  • Setelah itu pilih Reset App Preferences.
  • Jika muncul pesan konfirmasi tap  Reset Apps.

Langkah berikutnya adalah clear cache pada touchwiz home

  • Masuk ke Settings
  • Select Applications
  • Tap Running atau tab All dan pilih TouchWiz
  • Tap Clear Data

Dalam kasus ini jika cara diatas tidak bisa diatas, maka kemungkinan ada software yang eror, dan untuk mengatasi permasalahan ini, kita bisa melakukan factory reset, dan caranya kami sudah tulis pada bagian atas postingan ini. Cara diatas juga bisa mengatasi jika touchwiz lag, atau freeze atau hang, jadi kita bisa mengatasinya dengan cara-cara diatas

 

Not anough space to install this item atau tidak cukup ruang untuk install note 2

Jika kita mengalami eror seperti ini ketika hendak menginstall sebuah aplikasi, error ini biasanya muncul karena space atau ruang pada samsung galaxy note 2 kita tidak mencukup disebabkan karena banyaknya aplikasi yang terinstall, atau cache aplikasi yang tidak pernah di bersihkan sehingga menumpuk dan akhirnya memenuhi space pada note 2.

Cara mengatasi

Langkah pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan restart pada note 2 kita, restart note 2 kita dengan mematikan secara penuh dan tunggu sampai 1 menit, lalu hidupkan kembali dan coba untuk menginstallnya.

Langkah kedua adalah dengan mendelete atau memindahkan file-file, pertama kita harus memerika apakah ruang pada note 2 benar-benar cukup untuk menginstall aplikasi dengan cara masuk ke SD Card & Phone Storage lalu pilihan di bawah Settings atau pengaturan, disana kita dapat melihat apakah space dari noet 2 kita cukup untuk menginstall aplikasi.

Jika memang space tidak mencukupi, maka kita perlu memindahkan file-file seperti file musik, foto, video dll keadalam pc atau micro SD kita, sehinga internal memori dalam note 2 lebih lega dan dapat menginstall aplikasi.

Lalu coba untuk melakukan clear cache, wipe cache partition dan factory reset, cara untuk melakukanya ada di bagian atas postingan ini, silahkan untuk scroll up halaman ini untuk melihat cara-caranya.

 

Peringatan memori penuh atau memory full note 2

Ketika kita mendapatkan peringatan itu, ini bukan masalah besar, ini adalah masalah kita harus mencoba untuk melakukan manage pada memori kita, nah kami akan memberikan tips dan trik untuk memanage memory samsung galaxy note 2 dan cara mengatasi pesan eror ini tentunya.


Cara mengatasi

Pertama sebelum melakukan langkah-langkah yang lebih maju, terlebih dahulu cobalah untuk matikan note 2 kita untuk 1 menit atau 2 menit, setelah itu hidupkan kembali dan coba apakah pesan eror ini masih muncul.

Langkah berikutnya jika masih muncul pesan ini adalah masuk ke Home screen atau layar depan, lalu tekan dan tahan tombol Home lalu swipe ke kanan dan kiri untuk melihat aplikasi dan cari Taks manager, lalu tap RAM dan kemudian cari tombol Clear Memory dan tap pada tombol tersebut dan setelah itu note 2 akan melakukan permbersihan memori.

Cara ketiga jika cara-cara diatas tidak bisa diguanakan adalah factory reset agar kembali mefreshkan os pada sistem android note 2, cara untuk factory reset ada di bagian atas postingan ini.

 

Samsung galaxy note 2 sering reboot atau restart sendiri

Ada beberapa sebab permasalahan ini terjadi, diantaranya karena kesalahan sementara note 2, aplikais pihak ketiga yang menyebabkan masalah, note 2 yang pernah jatuh dan mengalami kerusakaan, tidak cukupnya memori sehinga menyebabkan sistem crash ketika membuka aplikasi, firmware yang belum update.

Cara mengatasi

Pertama Coba matikan note 2 setelah itu lepas baterai, lalu tunggu beberapa saat sekitar 1 atau 2 menit, setelah itu masukan lagi baterai dan hidupkan kembali, ini biasanya dapat mengatasi karena kesalahan semantara pada note 2.

Setelah itu perhatikan dan ingat-ingat apakah ada aplikasi yang baru di install dan setelah itu masalah ini terjadi, jika ada, segera uninstall aplikasi tersebut, karena aplikasi pihak ke 3 biasnaya menyebabkan permasalahan ini.

pastikan memori tidak terlalu penuh, caranya untuk melihat masuk ke Home screen atau layar depan, lalu tekan dan tahan tombol Home lalu swipe ke kanan dan kiri untuk melihat aplikasi dan cari Taks manager, lalu tap RAM dan kemudian cari tombol Clear Memory dan tap pada tombol tersebut dan setelah itu note 2 akan melakukan permbersihan memori.

Cek software update untuk note 2 kita, jika ada update terbaru, maka segera lakukan update, dan setelah update selesai lakukan factory reset, cara untuk factory reset ada di bagian atas postingan ini.

Jika belum berhasil, coba untuk lakukan factory reset, tetapi backup dahulu data-data penting kita.

Jika masih belum bisa, kemungkinan ada hardware yang mengalami rusak, maka saran kami, bawa ke samsung center untuk mengatasi masalah ini.

 

 

Baterai cepat habis

Banyak faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai pada samsung galaxy note 2 ini, sehingga menyebabkan terjadinya kepanasan dan tentu menyebabkan cepat habisnya baterai, nah berkut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi cepat habisnya baterai pada samsung galaxy note 2.

Pertama

Tidak menggunakan baterai orisinal, ini menjadi penyebab juga kenapa baterai cepat habis, baterai asli samsung galaxy  note 2 mempunyai kapastias sebesar 3100 mAh, sehingga jika menggunakan baterai yang tidak orisinal dibawah kapastias itu, tentu akan membuat cepat habis

Kedua

Banyaknya aplikasi yang berjalan pada background menjadi faktor utama dalam permasalahan ini, karena aplikasi yang berjalan di dalam background terus berjalan tentu juga akan memakan daya tahan baterai, nah cara untuk menutup aplikasi yang berjalan pada background caranya masuk Home screen, lalu tekan dan tahan tombol Home, setlah itu swipe ke kanan ke kiri untuk menutup aplikasi yang berjalan pada background satu persatu, tentu aplikasi yang tidak kita butuhkan.

Ketiga

Disable WiFi, mobile data, Bluetooth, dan GPS, karena jika fitur itu selalu aktif tanpa di gunakan, fitur-fitur ini akan memakan konsumsi daya baterai, karena mereka akan mencai-cari sinyal terus menerus terutama untuk GPS karena GPS akan selalu mencari letak dimana kita berada dan ini tentu akan memakan daya baterai dan baterai akan menjadi boros.

Keempat

Lakukan update software pada software update, karena biasnaya kita tidak melakukan software update, maka bugs-bugs atau celah pada software lama yang akan menyebabkan carash pada system dan akhirnya akan memakan daya baterai yang banyak.

Kelima

Lakukan factory reset, fungsinya agar system kembali fresh seperti baru, tetapi untuk melakukan ini kita harus melakukan backup terlebih dahulu.

 

 

Galaxy note 2 lambat dan lag

Permasalahan ini terjadi biasanya menyebabkan note 2 kita menjadi lambat, ketika membuka aplikasi membutuhkan waktu yang lama, menjadi lag, terkadang ketika kita membukan aplikasi pesan, aplikasi tersebut tidak dapat terbuka, dan berbagai macam lag yang terjadi.

Cara Mengatasi

Ada beberapa cara untuk mengatasi dan berikut adalah berapa cara-cara untuk mengatasi hal ini.

Pertama

  • Masuk ke Settings.
  • masuk ke Applications Manager dan tap tab Running lalu liat aplikasi-aplikasi yang berjalan pada background.
  • Lalu pilih satu persatu aplikasi yang tidak dibutuhkan dan pilih Force Close.
  • Lalu coba kembali ke home dan rasakan apakah note 2 berjalan lebih cepat.

Kedua

  • Settings.
  • Applications Manager.
  • Lihat pada Touchwiz Launcher dan pilih.
  • Sekarang tap tombol Clear dan lihat apakah ada perubahan. jika tidak maka kita perlu kembali ke page pertama lalu tap “Force Close.”

Keempat

Lakukan factory reset, untuk melakukan factory reset, caranya ada di bagian atas artikel ini, coba scroll up page ini keatas untuk membaca cara-cara factory reset samsung galaxy note 2.

 

Demikan Probelem galaxy note 2 dan cara mudah mengatasinya, untuk melihat artikel sebelumnya silahkan baca cara mudah mengatasi permasalahan samsung galaxy note 2 disni, dan jika kalian masih  mempunyai masalah pada note 2 dan belum terselesaikan, silahkan komentar pada kolom komentar dibawah, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami.

 

 

Artikel Lain

Mengatasi permasalahan yang sering terjadi di Sony... Kali ini kami akan kembali membahas permasalahan yang sering terjadi pada sony xperia z2, beberapa waktu sebelumnya juga kami membahas permasalahan pa...
Mengurangi LAG dan Hemat Baterai Samsung Galaxy Gr... Kali ini kita akan membahas cara mengurangi LAG dan menghemat baterai samsung galaxy grand prime, banyak pengguna samsung galaxy grand prime yang meng...
Permasalahan Asus Zenfone 5 Setelah Update Kitkat Seperti yang kita ketahui kita bisa update asus zenfone 5 kita ke kitkat, tapi setelah update kita sering mengalami masalah-masalah karena ada beberap...
Samsung galaxy s7 dan iphone 7 mana yang lebih ung... Seperti yang kita ketahui bahwa samsung sudah meluncurkan produk baru di tahun ini yaitu samsung galaxy s7, sedangkan pesaing terberatnya adalah iphon...
Tips Dan Trik Asus Zenfone 4 Setelah kemaren kita membahas permasalahan asus zenfone 5,  sekarang kita membahas tentang asus zenfone 4 tips dan triknya. Bagi pengguna Asus Zenf...

Share.

About Author

Super Admin

16 Comments

  1. admin…saya sudah buat factory reset..tp hp saya masih lg dalam keadaan yg sama..iaitu tertera logo samsung note2 di skrin…..

  2. admin,saya mau tanya,kalau misal saya punya line dan WA di note 2 saya,itu kalau saya factory reset,nanti kontaknya hilang smua ga ya ?

  3. saya mau tanya nih knapa ya note 2 ku klw menerima telpon langsung panas. atw klw maen game kuga panas. klw biasanya yang panas itu di bagean batre. tp ini yang panas bagian atas deket kamera. mohon pencerahan nya

  4. Salam kenal om admin. Malam om. Mohon pencerahannya. Mengapa note 2 saya pada menu settibg storage hanya terbaca 10.95Gb padahal jikalau saya bandingkan dgnmilik teman saya sesama note 2. Di storage info tetap terbaca 16Gb. Apa ada masalah dgn internal storage saya ? Dan bagaimana cara mengatasi nya. Trims banyak sebelumnya.

    • coba gan lihat, used spacenya sama gak ama temen ente, maksudnya walau berbeda tetapi gak beda jauh jauh banget, iya atau tidak? kami tunggu infonya, atau beri kami screenshot dari hape agan dan hape temen agan

  5. Gan, ini note 2 saya ada masalah “not registered network” solusinya gmna ya?
    udah saya factory reset, copot pasang sim card, dsb masih “not registered network”
    mohon bantuannya.

    • coba gan, cabut baterai lalu setelah baterai di lepas, jangan dlu di masukan, setelah itu tekan tombol home dan power berasmaan selama 10 detik, lalu tekan dan tahan lagi tombol home dan power selama 1 – 2 menit, setelah itu masukan bateraai lagi, tapi jangan dlu di tutup cover belakangnya, setealh itu, masukan simcard lalu hidupkan, setelah itu cabut dan pasang kembali sampai 3 kali kartu simnya, nanti akan diminta untuk reboot, setelah itu reboot saja

Leave A Reply