Tips dan trik Android Marshmallow Yang Harus Dicoba

22

Sudah banyak smartphone android yang memberikan update untuk android marshmallow, seperti yang dirasakan untuk yang sudah update versi androidnya, android marsmallow itu seperti android lollipop akan tetapi banyak hal buruk lollipop yang di perbaiki di android marshmillow.

jadi sepertinya android marsmillow ini adalah perbaikan perbaikan dari keburukan yang ada di lollipop. nah disni kami akan memberikan tips dan trik android marshmillow agar kita mendapat performa yang jauh lebih baik dan kita dapat menggunakanya secara maksimal Berikut adalah tips dan trick android marshmillow :

Baca juga : Apa Aja sih Kelebihan Android 7.0 Nougat ? Ini Ulasan Kami

Baca juga : Tips dan trik rahasia instagram yang perlu di coba

Memberikan permissions pada setiap aplikasi ( individual app  )

Kali ini android memberikan fitur granular app permissions pada android terbarunya yaitu marshmillow, harapan kita fitur ini akan bekerja dengan baik, pada android versi sebelumnya kita sering kali tidak bisa mengatur sebuah aplikasi atau denied ( ditolak ) dan kita harus menggunakan aplikasi third-party ( aplikasi tambahan ) untuk mengaturnya, nah di android marshmillow kita dapat mengaturnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk mengakses app permission, masuk ke Settings – Apps dan tekan individual app untuk melihat permissions, lalu geser untuk merubah permissions ( perijinan ), kita juga bisa melihat aplikasi mana saja yang sudah kita berikan permissions. Ini bisa diakses melalui Settings – Apps lalu tekan menu di kanan atas dan Advanced > App Permissions.

 

Memantau Ram Melalui Ram Manager

Android marshmillow memberikan kita hak hak spesial untuk mengatur android kita sendiri, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mudah pada android marshmillow diantaranya kita bsa memantau RAM yang kita gunakan, caranya masuk ke Settings > Memory > Memory used by apps, disni kita melihat aplikasi yang banyak memakan RAM kita dengan detail.

 

 

Jika kita ingin info lebih detail kita bisa menekan pada enteri, setelah kita tekan kita akan di berikan informasi secara mendetail dan rinci dan jika di perlukan kita bisa melakukan force stop. Pelajari fitur ini dengan baik karena fitur ini adalah firu yang hebat, dimana kita bisa memantau RAM kita dengan baik, jadi jika kita mengalami lag pada smartphone kita, kita bisa dengan cepat mengetahui aplikasi yang banyak memakan memori.

 

Membuka sebuah link dengan aplikasi yang terkait

Android marshmillow sangat memanjakan kita, pada android sebelumnya jika kita membuka sebuah link dari email atau pesan kita akan masuk pada browser bukan? tapi android marshmillow tidak seperti itu, ini adalah fitur baru android marshmillow, jadi semisal seseorang memberikan kita sebuah link melalu email, bbm, atau pesan sms, kita bisa membukanya link tersebut dengan aplikasi yang terkait, semisal link facebook kita bisa membukanya dengan aplikasi facebook, link twitter kita bisa membukanya dengan aplikasi twitter dan sebagainya.

Tetapi kita perlu mengaturnya kembali karena terkadang pengaturan default tidak bekerja dengan baik, sekarang kita bisa mengatur spesifikasi URL dengan spesifikasi Aplikasi yang berkaitan dengan URL tersebut. Semisal semua link facebook.com kita bisa membukanya dengan aplikasi facebook atau dengan aplikasi lain yang biasa kita gunakan untuk membuka facebook secara otomatis.

Untuk mengaturnya kita bisa masuk ke Settings – Apps, lalu pilih menu dibagian kanan atas lalu masuk ke Advanced > App Links, lalu geser untuk mengaktifkanya.


 

Mengaktifkan google now ketika screen terkunci

Mungkin kita tidak terlalu memperhatikan fitur ini, tetapi perlu di catat bahwa lock screen shortcut untuk dialer ( memanggil ) telah di ganti oleh google now, kita bisa menelpon seseorang hanya dengan memerintah android kita dan juga masih banyak hal hal lain yang bisa kita lakukan menggunakan google now ini. Cukup menggeser dari sudut kiri bawah lock screen untuk mengaktifkan Google Now dan dengan begitu google now siap untuk menerima perintah kita.

 

Uninstal aplikasi dari home screen

Pada Android Marshmallow kita dapat menghapus aplikasi pada home screen. ini dapat memudahkan kita ketika kita ingin menghapus sebuah aplikasi yang tidak terlalu berguna, kita tidak perlu repot-repot membuka ini dana itu cukup dengan menekan agak lama di bagian atas home screen lalu akan muncul opsi hapus dan uninstal. Cukup dengan drag icon aplikasi yg kamu ingin unsital atau hapus. Dan kita sudah menguninstal atau menghapus aplikasi tersebut.

 

 

Mengaktifkan Developer Options

Seperti yang kita ketahu bahwa semua versi android mempunyai fitur Developer Options, tetapi perlu di catat bahwa ada beberapa hal baru pada Developer Options android marhmillow, untuk mengakses Developer Options caranya mudah, cukup masuk ke Settings > About Phone dan tekan build number sebanyak 7 kali sampai keluar notifikasi pop up “you are now a developer”.

Setelah selesai lalu kembali ke settings kita akan memlihat Developer Options  dibawah About Phone. Nah sekarang kita bisa mengakses enable USB Debugging, OEM Unlocking atau Show Touches, tweak animations dan beberapa tips lain yang nanti akan kita berikan.

 

Customize quick settings menggunakan UI Tuner

UI Tuner tersedia setelah kita sudah mengaktifkan Developer Options dan untuk mengaktifkan Developer Options caranya sudah kami tulis diatas. cara untuk mengaktifkan UI TUNER sebagai berikut masuk ke Settings > Developer Options lalu geser swicth untuk memunculkan UI TUNER sistem. Kembali ke Settings dan kita akan melihat UI TUNER pada bagian bawah list menu.

Jika masih belum berhasil, lakukan cara sebagai berikut, geser kebawah bagian atas android kita untuk melakukan quick setting, nah setelah kita geser kebawah, ada menu setting ( gambar gear ) setelah itu klik gambar itu, nanti akan muncul pesan Congrats! system UI Tuner has been added to settings

Untuk melakukan setting kita cukup menggeser geserkan aplikasi yang ingin kita settings, untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini

 

 

Menonaktifkan notifikasi peeking atau Head-up notifkasi

Head-up notifikasi, atau ‘peeking’ seperti yang sekarang kita akan bahas adalah fitur yang memungkinkan notifikasi pop up di bagian atas layar kita. Saat ini sudah diperkenalkan di Android Lollipop, tapi karena aplikasi developer sekarang cenderung mengaktifkan peeking secara default, Android Marshmallow memberikan kita pilihan untuk memutuskan apakah kita ingin mengaktifkannya atau tidak.

Jika jenis pemberitahuan ini mengganggu kita, kita dapat menonaktifkannya dari Settings > Sound & Notifications > App Notifications,, lalu pilih dari sumber aplikasi, dan matikan ‘allow peeking’

 

Google Now on Tap

Ini adalah fitur yang sangat banyak orang sukai dari android marshmillow Google Now on Tap, kita tidak perlu lagi pindah aplikasi untuk mengaktifkan google map, ketika google now sudah aktif kita dapat mengaktifkan google now on tap di setiap aplikasi yang sedang kita buka, caranya mudah, select text lalu tekan agak lama pada tombol home.

 

Demikianlah tips dan trik android marshmillow, bagi kita yang masih bingung untuk menggunakan android marshmillow silahkan komentar pada kolom komentar dibawah kami akan senang hati membantu dan jika ada yang punya tips dan trik lain dan ingin di share, kami  akan senang hati untuk menambahkanya pada positngan ini.

 

 

Artikel Lain

Duel oppo f1 vs xiaomi mi 5 bagus mana ? ini ulasa... Kita tentu tahu, bahwa xiaomi dan oppo bersaing untuk merebutkan pasar di indonesia, dan mungkin bagi pengguna smartphone akan  bingung akan memilih s...
Tips dan Trick Samsung Galaxy Core Duos Kali ini kita akan membahas tentang smartphone yang Samsung Galaxy Core Duos, bagi para user android yang ini smartphone terjangkau tetapi kualitas ba...
Sony xperia z5 bermasalah ? ini solusinya Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas keunggulan dari sony xperia z5, memang sony xperia z5 merupakan smartphone high-end yang kecanggihannya su...
Menghitung iv di pihak ketiga bisa kena ban, ini c... Kali ini kita akan memabahas lagi pokemon go ! salah satu game paling fenomenal tahun ini, awal-awal muncul sih kayaknya para cheater yang menggunakan...
Permasalahan yang sering terjadi pada Asus Zenfone... Asus zenfone 5 merupakan perangkat android yang murah tapi berkualitas, teteap tetap setiap smartphone pasti mempunyai masalah tekhnis, disni kita aka...

Share.

About Author

Super Admin

22 Comments

    • tidak bisa menggunakan atau tidak aktif? kalo tidak bisa menggunakan, google on tap untuk sekarang memang belum mendukung bahasa indonesia

    • apakah Developer Options pada android sudah aktif? jika belum aktif harus di aktifkan dahulu caranya Settings > About Phone dan tekan build number, terus tap sebanyak 7 kali, jika masih belum keluar tekan beberapa kali lagi, setelah itu aktfikan UI tunner dengan cara, geser kebawah bagian atas android kita untuk melakukan quick setting, nah setelah kita geser kebawah, ada menu setting ( gambar gear ) setelah itu klik gambar itu, nanti akan muncul pesan Congrats! system UI Tuner has been added to settings

  1. Gan numpang tanya, makasih sblmnya.

    Seandainya ane sdh dinyatakan sebagai developer (now you are ready as developer), pertanyaan ane apakah hp ane msh tetep dpt update software android via OTA?

    Trima ksh bnyk gan

    • update software via ota tidak bisa hanya jika keadaan root, jadi developer options tidak mempengaruhi masalah update via OTA kecuali smartphone agan pernah diroot

  2. gan, saya menggunakan samsung S6, dan baru update android marshmalllow. saya ada masalah, HP g bisa kebuka, lupa pasword,. mhn saran gan untuk cara buka nya? kalo androi sebelumnya, ketika salah masukin 3x pasword, otomatis masuk ke google dan dminta pasword google, skrg tidak ada. plzzz

    • Coba agan masuk ke android device manager disni https://www.google.com/android/devicemanager

      lalu cari samsung galaxy s6 agan pada layar

      terus pilih enable “lock & erase”

      lalu ikuti petunjuk langkah-langkah dari halaman itu untuk lock

      lalu set password

      lalu masukan password pada s6 agan

      lalu bikin password baru

      misal agan pengen berdikusi bisa masuk ke forum anaksantai di http://anaksantai.com/forums, cara daftarnya agan tinggal masuk ke, cara daftarnya, liat menu, ada logo di bagian akhir lalu klik

  3. Saya mau nanya, saya baru upgrade ke android marshmellow, tp knp hp saya jd tdk bs memakai applikasi font tambahan ya? Ketika saya ingin menggunakannya lewat setting selalu muncul tulisan this application unsupport, pdahal sblm saya upgrade ke marshmellow fine2 aja. Tolong bantu jawab ya min

Leave A Reply