Tips Dan Trik menghemat baterai asus zenfone

10

Kali ini kami akan membagi tips dan trik menghemat baterai asus zenfone, tips dan trik ini bisa di gunakan pada asus zenfone 2, asus zenfone 4, asus zenfone 5 dan asus zenfone 6, jadi bagi kalian yang mempunya tipe-tipe asus zenfone tersebut, mungkin bisa menggunakan cara ini agar baterai asus zenfone kalian menjadi lebih awet dan tahan lama.

Baterai boros merupakan hal yang lumrah bagi pengguna smartphone, apalagi setelah update misal seperti artikel yang telah kami buat disni, sebenernya untuk mengehmat baterai kita tidak perlu melakukan hal-hal yang terlalu extreme, ada banyak tips dan trik untuk melakukanya, dan tanpa banyak basa basi, berikut adalah tips dan trik mengehemat baterai asus zenfone ( zenfone 2, zenfone 4, zenfone 5 dan zenfone 6 ), sehingga kita dapat mengatasi baterai yang boros.

 

Baca juga : Cara memasang anti gores asus zenfone dengan benar

Baca juga : cara membersihkan smartphone android dengan aman

Baca juga : Cara mempercepat charging atau cas pada android

 

Pertama Matikan GPS

Kenapa harus mematikan GPS? sebab jika kita menggunakan GPS, aplikasi GPS akan selalu melakukan tracking, sehingga akan memakan konsumsi daya baterai yang berlebihan.

Cara meematikan GPS masuk ke  Location >> Turn it on>> masuk  Google location history >> Turn off everything >> Then turn off GPS.

Gps asus zenfone


Note : Gunakan GPS jika diperlukan saja, jadi selain mengehmat daya baterai, kita juga bisa mengehmat pake data internet asus zenfone kita.

 

 

Charge atau Cas Baterai

Charge atau cas baterai  dari 20% ke 100% jangan  50% atau 60%. karena baterai Li-Ion and Li-Po akan menjadi lebih awet jika kita melakukan charge atau cas dengan cara seperti ini.

Dan juga setiap seminggu sekali kita lakukan charge atau cas seperti ini habis kan baterai sampai 1%>> Switch it off>> Charge atau cas 100% dan tetap charge sampai 30 menit lebih. Fungsi melakukan ini adalah mengkalibrate baterai sehingga kita bisa melihat statistik baterai dengan benar.

 

 

Selalu memberishkan cache apilikasi

Kenapa kita harus rajin membersihkan cache pada aplikasi? sebab jika kita tidak memberishkan cache aplikasi, maka aplikasi akan mereload cache yang tidak berguna itu ketika kita menggunakan aplikasi tersebut, sehingga aplikasi tersebut bekerja extra dan tentu akan memakan daya baterai yang besar sehingga baterai asus zenfone kita menjadi boros.

Untuk membersihkan cache aplikasi caranya cukup mudah, masuk ke Apps > pada bagian kanan atas > Clear cache of apps > Clear cache > selesai, untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini

 

 

 

Disable App atau aplikasi

Untuk mengehmat baterai asus zenfone, kita sebaiknya bijak dalam menentukan aplikasi yang kita gunakan, kita harus pandai memilah-milah aplikasi mana yang tidak kita butuhkan lalu mendisablenya, jika benar-benar tidak di butuhkan lebih baik uninstall, tetapi jika dibutuhkan hanya sewaktu-waktu lebih baik disable lalu ketika kita butuh, enablekan kembali, sebab jika aplikasi tidak kita butuhkan terus berjalan pada background, ini akan memakan kapasitas dari asus zenfone 2 kita, selain membuat daya baterai menjadi boros, juka dapat membuat asus zenfone 2 kita lag dan sering hang, maka bijaklah dalam memilah-milah aplikasi.

Kita bisa mendisable aplikasi yang tidak berguna melalui Settings > Apps , dan berikut adalah gambar agar mempermudah.

 

 

Selalu Restart Asus Zenfone

Kita harus rajin-rajin merestart asus zenfone kita, minimal 1 hari sekali, agar kita dapat mengehentikan aplikasi yang terlalu banyak memakan resources, dan memulainya dari awal, sehingga daya tahan baterai selalu lama, sebaiknya kita restart sebelum kita memulai charging atau cas.

 

Gunakan Preffered network type 2G only Atau 3G only

Secara manual pada settingan asus zenfone untuk mobile netwrok, kita akan di beri setingan 2G/3G/4G. Jadi kita akan otomatis masuk ke jaringan 2G atau 3G atau 4G pada lokasi kita, misal kita tadi berada di lokasi dimana sinyal yang kita dapat adalah 3G setelah kita berpindah tempat dan ternyata tempat yang sekarang hanya terdapat sinyal 2G maka sinyal asus zenfone kita akan otomatis mencari jaringan untuk 2G.

Cara mengaktifka : Masuk ke setting > More > Mobile networks > Preffered network type > pilih sesuai keinginan > change.

mengganti netwrok asus zenfone

mengganti netwrok asus

menggnati netwrok asus zenfone

 

Kenapa harus 2G atau 3G only?

Sebab ini akan membuat sinyal stabil, ini sangat berpengaruh pada dayan tahan baterai, ketika kita berada di tempat yang sinyalnya tidak stabil maka otomatis asus zenfone kita akan mencari-cari sinyal dan terus mencari, sehingga ini akan memakan daya baterai yang sangat besar, dalam kasus lain, misal kita menggunakan settingan dari asus zenfone yang dengan 2G/3G/4G ini juga dapat mempengaruhi daya tahan baterai, sebab ketika jaringan di tempat kita hanya terdapat sinyal 3G tanpa sinyal 4G, maka asus zenfone kita tetap mencari-cari sinyal 4G sehingga tentu saja ini sangat menguras daya tahan baterai, karena asus zenfone selalu mencari sinyal 4G padahal lokasi kita tidak terdapat sinyal 4G.

 

 

Selalu update system atau firmware

Disni asus membuktikan bahwa tidak hanya mencari penghasilan dari penjualan, tetapi service setelah membeli sangat di perhatikan asus, karena apa, asus selalu melakukan update pada systemnya, celah-celah atau keburukan-keburkan yang terjadi pada sistem selalu di pelajari oleh pihak asus, lalu asus melakukan berbaikan, sehinga sistem android pada asus akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, tidak terkecuali pada masalah boros baterai, asus selalu melakukan update pada sitemnya untuk meannggulangi permasalahan ini.

Selalu cek untuk updatean terbaru

Cara melaukan cek updatean terbaru cukup mudah, masuk ke  > Menu > Ststem update > Check update>>Update it. dan jika ada updatean terbaru, klik update it, maka sistem otomatis akan melakukan update.

 

 

Clear Cache Partition dan factory reset setelah update

Nah, setelah melakukan update, sebaiknya kita juga melakukan clear cache partition dan factory reset, tetapi jika melakukan factory reset, back up dahulu data-data penting kita, kami sudah banyak menulis kenapa harus melakukan clear cache partition dan factory reset setelah melakukan update, sebab ketika kita melakukan update, cache sistem yang lama masih ada yang tertinggal, sehingga membuat sitem yang baru akan harus bekerja lebih extra, dan ini akan memakan daya baterai, selain itu juga, crash juga bisa terjadi karena benturan data dari system lama sehingga asus zenfone akan mengalami lag dan hang juga.


Cara melakukan wipe cache partition asus zenfone 2

  • 1. Matikan androidnya.
  • 2. tekan dan tahan “Power + Volume Up”, lepas tombol power setelah asus vibrates dan tahan tombol volume up sampai terlihat ASUS Logo.
  • 3. Nanti akan terlihat tulisan “Normal mode” dibagian atas.
  • 4. Nah lalu ganti ke “recovery mode with” pilih dengan tombol vulme, dan untuk enter gunakan tombol power
  • 5. System akan restart kita akan liat android logo dengan error message,
  • 6. tekan dan tahan tombol “Volume Down + Power” dan ketika kita menahan tombol voluma down dan power, lalu kita juga tekan dan lepas tombol volume up. lalu kita masuk ke recovery mode.
  • 7. Select wipe cache partition (tombol volume up/down untuk memilih; tombol power enter), lalu proses akan berjalan selama .8-10 minutes.
  • 8. Setelah selesai reboot system now.

Cara melakukan factory reset  partition asus zenfone2

Pertama backup semua data yang penting terlebih dahulu, dan ada 2 cara factory reset, pertama jika asus zenfone 2 dalam keadaan hidup lalu masuk ke Setting > Backup & reset > Factory Data Reset > Reset Phone, dan pilih erase everything.

Cara kedua jika smartphone mati.

  • Pastikan device dalam kondisi mati, dan pastikan kapasitas battery tersedia lebih dari 25%.
  • Tekan dan tahan “Tombol Power + Tombol Volume up” selama 3 sampai 5 detik, Lepaskan setelah icon Android muncul, untuk masuk mode Update.
  • Lalu Pilih recovery dan melanjutkan dengan menekan tombol Power untuk mengkonfirmasi atau OK.
    Pilih option “FACTORY RESET” (Gunakan tombol “Volume Up/ Volume Down” untuk memilih, dan tombol “Power” untuk konfirmasi).
  • Device akan reboot sendiri dan memulai proses factory reset

Cara melaukan Cache Wipe Partitionasus zenfone 5

Ada perbedaan melakukan cache wipe partiton asus zenfone 5 setelah update, nah caranya adalah sebagai berikut

  1. Tekan dan tahan secara bersamaan Home + volume UP untuk beberapa waktu sampe asus logo keluar, kemudian lepas
  2. Sekarang kita di bootloader mode, dalam mode ini kita pilih recovery dan tekan tombol power untuk konfirmasi ok
  3.  Tunggu sampai menampilkan logo android, sekarang tekan dan tahan volume down dan ketika masih menekan voume down, tekan dan lepas volume up setelah itu kita akan masuk ke android system recovery mode
  4. kita mempunyai 4 pilihan disini : 1. 1)Reboot system now 2. Apply update from ADB 3. Wipe data/factory reset 4. Wipe cache partition
  5. Pilih 4 untuk wipe cache partition

Cara melakukan factory reset asus zenfone 5

Tapi sebelum melakukan factory reset, sebaiknya kita backup dahulu data-data penting kita

Melakukan reset melalu menu

Masuk ke menu: Setting > Backup & ulang>  Backup & reset > Reset Phone > Erase Everything > pilih ok.

Melalui Tombol untuk facotry reset.

  • Pastikan baterai terisi sampai 50%
  • Back up dahulu data-data penting
  • Matikan Zenfone 5 kita
  • Tekan dan Tahan tombol Power + Volume up, sampai terlihat logo asus, kemudian lepaskan.
  • Pada Layar Droidboot/Fastboot, Anda bisa memilih Normal Boot atau Recovery Boot dengan menekan tombol Volume up atau Volume down
  • Untuk masuk ke Recovery Mode, pilih Recovery Mode dan tekan tombol Power.
  • Zenfone 5 akan reboot dan akan masuk ke Recovery Mode.
  • Pada saat masuk recovery mode pertama kali, di layar akan tampil Robot Hijau, tekan dan Tahan Power + Volume up sekitar 3-4 detik kemudian lepaskan.
  • Pada Menu Recovery Mode, terdapat beberapa pilihan: Reboot system now, apply update From ADB, wipe data/factory reset, wipe chase Partition, reboot to bootloader, power down, view recovery logs
  • Pilih wipe data/factory reset kemudian pilih Yes dan tunggu hingga proses selesai
  • Jika telah selesai, pilih reboot system now.
  • Tunggu selama proses reboot ( biasnaya proses akan memakan waktu )

 

 

Matikan Scan Otomatis pada wifi asus zenfone

Scan wifi otomatis adalah salah satu alasan kuat kenapa asus zenfone mengalami baterai boros. Karena ketika kita mengaktifkan mode ini, wifi asus zenfone akan otomatis mencari dan menscan wifi yang terpasang, dan ini tentu akan memakan banyak daya baterai, karena membutuhkan daya untuk menscan wifi yang available.

Untuk medisable fitur ini caranya masuk ke Wi-Fi settings >>advanced >>turn off Scanning Always available.

 

 

Aktifkan power-saving modes

Cara mengaktifkan masuk ke Setting  Tap Power Saver untuk memilih mode yang di inginkan.

Catatan :

Super Saving mode sangat di rekomendasikan ketika kita menginginkan daya tahan baterai yang sangat lama, misal kita berada di tempat yang tidak bisa mencharge smartphone, dalam mode ini  WiFi dan cellular data akan disabled, tetapi kita tetap bisa menerima telfon dan sms. tetapi ketika kita mengingikan tetap bisa mengunakan wifi dan paket data internet, kami merekomendasikan power saving mode, nah tetapi wifi dan paket data internet akan mati ketika asus zenfone dalam keadaan sleep atau tidak aktif.

 

Guanakan Auto Start Manager

Beberapa aplikasi akan melakukan auto start pada backgroun akan memakan banyak memori asus zenfone, ini akan memakan konsumsi daya baterai dan selain itu  juga akan membuat asus zenfon menjadi lag, jadi kita harus mengatur aplikasi yang berjalan otomatis atau auto start pada background, untuk melakukanya kita bisa menggunakan Auto-start Manager.

Caranya :

  1. Buka Auto-start Manager.
  2. Lalu Pilih aplikasi atau app yang tidak larang atau tidak kita inginkan untuk melakukan auto start atau start otomatis pada background, lalu ganti statusnya dari Allow menjadi Deny.

 

Matikan Auto Sync

Jika kita tidak mengaktifkan auto sync juga ini akan mengehmat baterai kita.

Caranya Tarik kebawah pada notifikasi panel diatas layar zenfone kita, tap off untuk mematikannya.

auto sync asus zenfone

 

 

Langkah-Langkah Tambahan

Kita juga perlu melakukan langkah-langkah berikut untuk lebih menghemat daya baterai asus zenfone, langkah tambahan ini kami sangat merekomendasikan untuk di gunakan, karena langkah-langkah tambahan ini dapat menunjang tips dan trik diatas yang sudah kami tulis.

 

Disable live wallpapers

Kita dapat menggunakan statik wallpaper dengan cara sliding pada home screen, dan tap wallpapers.

Disable  SIM slot yang tidak di gunakan

kita dapat mendisbale SIM slot yang tidak berguna melalui Dual-SIM settings dan unchecking slot yang tidak di gunakan.

Disable auto rotate

Caranya kita tarik notifikasi panle di atas layar, lalu tap auto rotate untuk enable atau disable.

 

Demikian Tips Dan Trik menghemat baterai asus zenfone yang bisa diguankan pada asus zenfone 2, asus zenfone 3, asus zenfone 5 dan asus zenfone 6, jika pembaca masih mempunyai pertanyaan lain, silahkan tanyakan pada kami pada kolom komentar kami akan menjawab sebisa kami, dan jika pembaca juga mempunyai cara lain untuk menghemat baterai asus zenfone, kami dengan senang hati menerima masukan para pembaca.

 

Artikel Lain

Mengatasi Masalah yang sering terjadi pada sony xp... Kali ini kami akan membuat artikel lagi tentang permasalahan yang sering terjadi pada sony xperia z3, nah sebelumnya kami juga pernah membuat artikel ...
Keuntungan Mempunyai Xiaomi Mi 5 Xiaomi sekarang berubah menjadi salah satu produsen smartphone yang besar, selain kapasitas smartphone yang mumpuni, harga smartphone xiaomi juga term...
Mengatasi samsung galaxy s4 tidak bisa terkoneksi ... Kami sering mendengar keluhan penggung samsun galaxy s4 yang tidak bisa terkoneksi ke wifi atau paket data, kami sudah mencari informasi cara mengatas...
Tips dan trik Xiaomi Redmi 1s yang perlu di coba Banyak orang indoensia yang sudah menggunakan Xiaomi Redmi 1S tetapi banyak yang belum mengetahui bahwa smartphone dari china ini juga mempunyai fitur...
Mengatasi Masalah Xiaomi Redmi 1s Dengan mudah Xiaomi Redmi 1s Merupakan smartphone andalan dari negri tirai bambu, smartphone dengan sejuta fitur dengan harga yang cukup masuk akal di kantong kita...

Share.

About Author

Super Admin

10 Comments

  1. Mau tanya bos,hp w kan asus zenfone 5 t00j,udah lolipop tapi ko tampinya beda y,gak bisa ganti font kaya lolipop 5.1,
    Solusinya gy mnh y bos..
    Trimakasih

  2. Mas baterai asus z5 saya gembung sampe layarnya/screennya hampir terbuka…apa bisadiselamatkan?
    apa bisa ganti baterai? Yg baterai ori kisaran harganya brp ya? Thx

  3. Mas itu kok sudah ada opsi 4G ya? Tapi kok zenfone 5 saya tidak ada opsi 4G ya mas? Apa ada settingan nya lagi ya mas? Mohon pencerahannya mas.. trims

Leave A Reply