Tips Mengehmat baterai sony xperia z2

0

Pernah bete kan kalo baterai boros? lagi asik-asik chat, atau facebookan, tetiba smartphone minta di charge, tentu ini bakal bikin kita bete, ternyata terkadang keborosan baterai itu terletak pada pemaikan kita loh bukan pada smartphonenya, tetapi kita tidak sadar kalo ternyata kebiasaan kita bikin boros baterai, kali ini kita akan membahasnya, dan juga tentu dengan tips menghemat baterai sony xperia z2, karena kali ini kita akan fokus membahas masalah baterai sony xperia z2, tetapi sebelumnya kami juga pernah menlis artikel-artikel cara mengatasi permasalahan pada sony xperia z2 disni dan cara mengatasi permasalahan pada sony xperia z2 bagian 2 disni. nah jika teman-teman mempunyai masalah silahkan baca artikel tersebut.

Mungkin artikel diatas dapat membantu para pengguna sony xperia z2 yang mengalami masalah-masalah, sedangkan untuk permasalahan baterai sony, kami juga sudah menulis artikel tentang cara mengatasi baterai sony xperia z1 yang boros disni, jadi silahkan baca-baca juga bagian-bagian itu, dan sekarang pemabahasan kita seperti pada judul artikel ini, dan semoga artikel ini dapat membantu untuk pengguna sony xperia z2 yang mengalami baterai boros dan cepat habis.

Baca juga : cara membersihkan smartphone android dengan aman

Baca juga : Cara mempercepat charging atau cas pada android

Baca juga : Perbandingan Sony Xperia Z3 dan LG G3

Baca juga : Keunggulan Dan Kelebihan Sony Xperia Z5 Dan Keuntungan Jika Memilikinya

Aktifkan Battery Saving ( STAMINA Mode )

stamina mode adalah fitur battery saving dari sony xperia, ketika fitur ini di aktifkan biasanya aplikasi-aplikasi yang tidak aktif akan di matikan secara otomatis, jadi setelah mengaktifkan fitur ini, kita perlu memilih aplikasi-aplikasi yang ingin di stanby kan, seperti bbm, whatsapp, email, facebook dll, sebab jika tidak di pilih  menjadi standby aplikasi tidak akan menrima notifikasi atau pesan sebelum di buka otomatis.

Cara mengaktifkan Battery Saving atau stamina mode

Masuk ke App > Settings > Power Management. lalu Turn on atau aktifkan .

Akitkfan Extended Stand By

Cara mengaktifkan fitur ini, masuk ke App drawer > Settings > Power Management > Stamina mode. lalu chek Extended Standby.

 

Aktifkan Extended usage

Cara mengaktifkan masuk ke App drawer > Settings > Power Management > Stamina mode lalu check  Extended Usage

Note: jika kita merasakan lag pada xperia z2, matikan fitur ini, tetapi fitur ini sangat berguna untuk mengurangi baterai yang cepat habis, jadi jika tidak merasakan lag setelah fitur ini aktif, lebih baik aktifkan fitur ini untuk membantu menghemat baterai.

 

Akifkan mode Low Battery

Low battery  mode adalah fitur sony xperia dimana jika kita mengaktifkan fitur ini, maka jika baterai sudah mengalam low atau baterai lemah, beberapa aplikasi di hentikan, dan fitur-fitur pemakan daya baterai akan dimatikan speperti layar yang di gelapkan dll, serta termasuk internet ( wifi atau paket data ) tetapi kita juga bisa memilih apa saja yang bisa untuk dibiarkan aktif.

Cara mengaktifkannya cukup masuk ke App drawer > Settings > Power Management. Turn on atau aktifkan Low battery mode.

Jika kita menginginkan internet tetap aktif ketika baterai low maka kita perlu uncheck Mobile Data Off dan WiFi Off, sehingga internet tetap menyala ketika baterai low atau lemah.

 

Aktifkan location Based WiFi

Cara kerja fitur ini adalah sebagai berikut, secara otomatis jika wifi berada di dalam dearah yang kita add seperti rumah atau kantor, maka wifi akan otomatis menyala, tetapi jika kita keluar dari daearah tersebut maka wifi akan otomatis dimatikan oleh sistem, sehingga jika kita lupa untuk mematikan wifi fitur ini dapat membantu kita, sebab jika wifi selalu aktif, dia akan terus mencari-cari jaringan dan tentu ini akan memakan daya tahan baterai.

Cara mengatifkannya masuk ke App drawer > Settings > Power Management. Turn on atau aktifkan Location based wifi.

 

Aktifkan Queue background data

Fungsi dari fitur ini adalah mengirimkan data-data secara terjadwal, jika secara acak mengirimkan data ini dapat membuat baterai menjadi boros.

Cara mengaktifkannya masuk ke App drawer > Settings > Power Management. check Queue background data.

Matikan bloatware

Bloatware adalah aplikasi-aplikasi bawaan dari smpatphone android dan kebanyakan dari aplikasi tidak efesiens dan tidak berguna, walau tidak terlalu berguna tetapi karena terinstall maka ini akan memakan RAM dan jika berjalan pada background tentu ini akan membuat smartphone menjadi boros baterai, sehingga kita perlu untuk mendisable atau bahkan uninstall jika memang benar-benar tidak di gunakan, dan kami telah membuat beberapa list aplikasi bloatware yang tidak berguna pada sony xperia z2 yang aman untuk dimatikan

Cara untuk mematikan aplikasi bloatware sebagai berikut  masuk Settings > Apps, lalu swipe ke  ‘All’  lalu pilih app yang ingin di matikan dan tekan disable.

List aplikasi bloatware yang aman untuk dimatikan pada sony xperia z2


  • Account Manager
  • Black Hole
  • Bubbles
  • Drive ( kebanyakan kita tidak menggunakan aplikasi ini )
  • Google lyrics extension
  • Google Play Newsstand
  • Google Search (kita biasanya menggunakan browser untuk mencari informasi dan mengetiknya di browser)
  • Movie Creator
  • News & Weather
  • Photo Analyser Service
  • Play Games
  • Podcast
  • SensMe slideshow
  • Sketch
  • Smart Connect
  • Social Live
  • Socialife
  • Sony Select
  • Support
  • Weather Widget
  • Wikipedia extension
  • Wireless Emergency Alerts
  • Xperia Calender Sync
  • Xperia Music Likes
  • Xperia Socila Engine Sharing
  • Xperia Lounge
  • Xperia with Facebook
  • YouTube (I almost never use it, if you do.. No need to)
  • YouTube extension
  • YouTube karaoke extension

Dari list-list diatas, pilih beberapa yang menurut kalian tidak penting atau tidak di gunakan, tidak semua list diatas harus di matikan, pilih sesuai  kebutuhan kita saja.

 

Kurangi Screen Brightness dan Timeout Delay

Seperti yang kita ketahui, jika kita melihat aplikasi yang banyak memakan daya baterai, pasti kita akan melihat screen yang teratas, ini memang sudah tidak bisa di hindari lagi, tetapi bisa kurangi, caranya adalah kita geser kecerahan layar sampai batas terendah, lalu centang pada auto, jadi kita nanti tidak perlu repot-repot untuk mengatur ketika kita berada di luar ruangan.

screen memakan daya baterai

screen memakan daya baterai

Untuk timeout delay juga harus kita atur sampai 15 – 30 menitan, dan juga hindari menggunakan wallpaper bergerak atau live wallpaper karena dengan menggunakan wallpaper seperti ini akan menggunakan GPU untuk mengatur animasi.

 

Matikan App Auto-Sync

Setiap 15 menit sekali, google akan merefersh untuk mendapatkan data-data baru dari aplikasi yang tersinkronisasi dengan akun google kita, seperti tiwtter, facebook, dll, tentu ketika melakukan update akan menyerap daya baterai, bayangkan jika 15 menit sekali melakukan refresh untuk updatean baru dan ini dilakukan selama 1 hari, ada berapa kali google melakukan refresh, dan tentu ini akan membuat baterai boros.

  • Pertama masuk ke Menu.
  • Setelah itu masuk ke Settings.
  • Setelah itu masuk ke Account, jika ada beberapa account pilih yang akan di edit.
  • Lalu uncheck auto sync data

 

Google now

Google now sangat beberperan penting dalam menguras daya baterai, dan mungkin sebagain besar pengguna di indonesia jarang yang menggunakan fitur in, jadi sebaikan jika kita tidak menggunakanya lebih baik kita matikan google now, cara mematikanya masuk ke google now lalu masuk ke settings dan turn off atau matikan.

 

Matikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS Jika tidak di gunakan

Jika kita sudah tidak menggunakan wifi, bluetooth dan GPS lebih baik di matikan, karena ketika aplikasi-aplikasi ini aktif mereka akan terus memakan daya baterai yang berlebihan, karena mereka akan mencai-cari sinyal terus menerus terutama untuk GPS karena GPS akan selalu mencari letak dimana kita berada dan ini tentu akan memakan daya baterai dan baterai akan menjadi boros.

Untuk mematikan aplikasi tersebut cukup kita tarik kebawah notifikasi bar yang terletak pada bagian atas layar sony xperia z1 kita, lalu tap pada menu-menu wi-fi, bluetooth, dan GPS untuk menontaktifkannya ( jika warna hijau aktif jika tidak berwarna berarti off )

 

Gunakan Tipe Only pada Mobile Network

Disni kita biasanya sering melakukan kesalahan, kita biasanya sering menggunakan tipe preferred padahal mode ini dapat menguras daya baterai, sebab ketika kita menggunkana WCDMA preferred maka ketika kita berada di lokasi 3G dan pindah ke lokasi yang tidak ada sinyal 3G maka sinyal kita akan terus mencari sinyal 3G setelah pindah ke 2G dan mencari sinyal ini selain dapat membuat smartphone panas, juga sangat menguras daya baterai.

Maka kami sarankan gunakan WCDMA only ketika berada di sinyal 3G dan gunakan GSM only ketika berada di sinyal 2G, sedangkan jangan aktifkan koneksi 4G sebab sama serpti kejadian diatas, kebanyakan masih berada di jaringan 3G jika kita mengaktifkan mode 4G pada mobile network, maka sinyal akan mencari-cari terus sinyal 4G dan ini akan sangat memakan daya baterai tanpa kita sadari.

 

Disable Animation scales

Cara untuk matikan animation scales sebagai berikut : Settings > Developer Options. lalu scroll ke bawah ke ‘Drawing’ . dan set ‘Animation Off’. Window animation scale, Transition animation scale dan Animator duration scale. ini berfungi untik mendisable UI animation dan tentu akan sangat menhemat baterai sony xperia z2 , selain itu mendisable fitur ini akan membaut smartphone berjalan lebihcepat dan mengungari lag.

Jika kita tidak bisa menemukan developer options, untuk mengaktifkannya caranya sebagai berikut masuke ke Settings > About Phone > Build number lalu tekan-tekan beberapa kali sampai muncul notifikais “You are now a developer” setelah itu kembali dan kita sudah dapat melihat developer options.

 

 

Demikian Tips Mengehmat baterai sony xperia z2, dan ada beberapa tips yang bisa di artikel Mengatasi Sony Xperia Z1 Yang Boros Baterai disni yang juga bisa di gunakan pada xperia z2, jadi kita dapat membuat baterai xperia z2 kita lebih tahan lama, dan jika teman-teman mempunyai kenadala atau masalah lain pada sony xperia z2, jangan sungkan-sungkan untuk di tanyakan kepada kami, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami, silahkan tanyakan pada kolom komentar.

 

 

Artikel Lain

Tips Dan Trik Sony Xperia Z3 Dan Compact Sebelumnya kami sudah membahas tentang masalah yang sering terjadi pada sony xperia z3 disni dan kali ini kita akan membahas tips dan trik sony xperia...
Bagus mana oppo f1 dan xiaomi redmi note 3, ini di... Nah kali ini kita akan membahas tentang perbandingan 2 smartphone dari oppo dan xiaomi, kita tentu sudah paham semuanya jika kedua produsen smartphone...
Masalah Samsung Galaxy S3 dan Cara Mengatasinya Samsung galaxy s3 merupakan smartphone yang cukup tua, diluncurkan 3 tahun yang lalu dan sekarang sudah banyak generasi penerusnya, diantaranya s4, s3...
Mengurangi LAG dan Hemat Baterai Samsung Galaxy Gr... Kali ini kita akan membahas cara mengurangi LAG dan menghemat baterai samsung galaxy grand prime, banyak pengguna samsung galaxy grand prime yang meng...
Menghitung iv di pihak ketiga bisa kena ban, ini c... Kali ini kita akan memabahas lagi pokemon go ! salah satu game paling fenomenal tahun ini, awal-awal muncul sih kayaknya para cheater yang menggunakan...

Share.

About Author

Super Admin

Leave A Reply