Cara mudah mengatasi masalah nexus 5

4

Nexus 5 merupakan salah satu smartphone andalan google, dengan segudang fitur yang di miliki, harga sekitaran Rp 4.799.000,– tidaklah terbilang mahal, apalagi dengan suport dari google ke nexus yang dibilang lebih dari smartphone lain. Tetapi samrtphone tetaplah smartphone, tidak ada yang sempurna, pasti memiliki kesalahan dalam aplikasi tertentu, kesalahan dalam fitur tertentu. Dan ini yang akan kita bahas, permasalahan yang biasa terjadi pada nexus 5.

Dan kita ketahui bahwa nexus 5 sekarang juga sudah menggunakan android marshmillow, selengkapnya permasalahan tentang android marshmillow ada disni. Karena tidak ada updatean android yang sempur untuk awalan, baik itu marshmillow, jellybean, lollipop semua akan mengalami masalah, tidak hanya pada androidnya, pada smartphone yang melakukan update juga tidak luput dari masalah itu, walaupun itu besutan google sendiri seperti nexus 5, dan tanpa banyak kata pengantar lagi, berikut adalah cara mudah mengatasi masalah nexus 5.
Penting : Sebelum melakukan cara apapun, sebaiknya kita mempunyai backup data-data nexus 5 kita, agar jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan kita sudah mempunyai backup terlebih dahulu.

 

Nexus 5 kamera tidak bekerja ( camera not working )

Banyak pengguna nexus yang mengeluh tentang kamera, ketika mereka hendak menggunakan kamera, kamera akan mengalami crash dan muncul pesan “Unfortunately, Camera has stopped.” tentu ini akan sangat menggangu, terutama jika kita akan mengambil gambar yang hanya ada moment sebentar, goal dalam sepak bola misalnya. untuk mengatasinya sebagai berikut.

Cara mengatasi :

  • Pertama, lakukan restart pada nexus kita, biasnaya permasalahan ini bisa diatasi dengan hanya merestart.
  • Tetapi jika terjadi lagi, mungkin kita perlu clear cache aplikasi kamera kita, caranya masuk ke Settings > Apps > All > Camera lalu tap Clear cache. jika menggunakan aplikasi kamera lain, kita juga bisa melakukan hal tersebut.
  • Dan jika masih belum berhasil, mungkin kita perlu uninstal aplikasi tersebut, lalu kita instal ulang dari google play store. Dan pastikan aplikasi kamera kita sudah update versi terbaru, kita bisa cek di google play store.

 

Nexus 5 baterai boros

Seperti yang lain, baterai nexus 5 juga sering mengalami masalah pada ketahanan, menjadi boros merupakan hal yang biasa sering terjadi, dan juga ketika nexus 5 sudah di update ke android marshmillow, biasanya hal seperti ini sering terjadi, daya baterai yang digunakan menjadi sangat boros, berikut adalah solusi untuk mengatasinya :

Cara mengatasi :

Langkah pertama yang dilakukan adalah clear system cache, clear app cache dan lakukan reset, dan jika hal ini terjadi setelah upgrade menjadi marshmillow, ini memungkinkan akan menghapus sisa-sisa file dari lollipop yang membuat system menjadi eror terutama menguras daya tahan baterai, berikut adalah cara untuk clear app cache : masuk ke Settings > Storage and USB > Cached Data > OK/

clear cache nexus 5

Dan jika masalah ini masih terus berlanjut, maka kita perlu melakukan clear system cache, caranya matikan nexus 5 kita, lalu tekan dan tahan tombol Volume up, Volume down, dan Power selama beberapa saat, lalu kita akan melihat layar  robot android, lalu tekan volume down 2 kali sampai Recovery mode terlihat dilayar lalu gunakankan tombol power untuk memilih recovery mode, dan ketika kita melihat robot android dengan segitiga mereah yang terdapat tanda seru, tahan tombol power dan tekan tombol volume up, lalu kita akan melihat System Recovery pada layar, lalu gunakan tombol volume untuk memilih wipe data cache partition dan tekan power untuk enter.

wipe cache partition nexsus 5


Dan jika setelah melakukan langkah diatas masih ada eror, maka kita harus melakukan factory reset.

 

Nexus 5 Permasalahan pada bluetooth

Banyak pengguna yang mengeluh tentang bluetooth pada nexus 5, ini merupakan masalah general, terutama setelah kita melakukan update pada nexus 5, maslah yang terjadi biasnya, kita tidak dapat mendeteksi bluetooth yang ada di sekitar kita, atau kita tidak dapat mengkoneksikan bluetooth kita dan juga permasalahan seperti kita tidak bisa melakukan auto connect bluetooth yang sudah terkoneksi sebelumnya. cara mengatasinya sebagai berikut :

Cara mengatasi :

  • Matikan kedua device yang terkoneksi secara bersamaan.
  • Pastikan kita tidak melebihi jumlah perangkat yang terkoneksi.
  • Coba hapus profile bluetooth yang pernah terkoneksi, lalu pair kembali bluetooth device tersebut caranya masuk ke Settings > Bluetooth lalu tap unpair.
  • Lalu matikan bluetooth nexsus 5 kita, dan aktifkan airplane  mode beberapa saat lalu matikan kembali.

 

Nexus 5 Permasalahan pada Wi-fi atau wifi

Sama seperti permaslaahan pada bluetooth, permasalahan pada wifi juga sering terjadi pada nexus 5 terutama setelah update, permasalahanya biasanya terjadi ketika kita terkoneksi wifi, koneksi kita putus nyambung, atau bahkan tidak bisa terkoneksi sama sekali, untuk mengatasinya sebagai berikut.

Cara mengatasi :

  • Pertama Aktifkan airplane mode lalu  matikan kembali.
  • Kedua forget dan reconnect kembali, caranya masuk ke Settings > Wireless and networks > Wi-Fi select problem network dan pilih Forget, lalu koneksikan kembali.
  • Dan jika masih terjadi maka kita perlu mengganti settingan Wi-Fi frequency dari automatic ke salah satu dari  2.4 GHz or 5 GHz. Caranya masuk ke Settings > Wireless and networks > Wi-Fi lalu pilih menu dan pilih Advanced lalu pilih Wi-Fi frequency band cobalah menajadi 2.5 GHz atau 5 Ghz, coba satu per satu

Wi-Fi frequency band

Nexus 5 Permasalahan charging atau cas

Ini juga sering terjadi pada nexus 5 yang tidak bisa di cas atau charging, banyak yang mengeluh juga tentang hal ini, cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

Cara mengatasi :

google menyarankan untuk melakukan factory reset untuk permasalahan ini, akan tetapi  kita bisa melakukan beberapa hal sebelum melakukan facotry reset, nah kami sudah pernah menulisnya disni ya itu tips memperbaiki smartphone yang tidak bisa di charge untuk melakukan hal-hal tersebut, silahkan buka dan coba lakukan dari tips diatas.

 

Nexus 5 Permasalahan OK google tidak bekerja

Beberapa orang telah menemukan bahwa perintah suara “OK Google” telah berhenti bekerja. nah cara untuk mengatasinya sebagai berikut

Cara mengatasi :

  • Pastikan settingan ok google sudah on caranya Settings > Google > Search > Voice > “OK Google” hotword detection.
  • Pastikann bahasa menjadi bahasa inggris Settings > Google > Search > Voice > Language pilih inggris, karena jika ingin menggunakan fitur ini harus menggunakan bahasa inggris.

 

Nexus 5 Permasalahan Lag

Biasanya hal ini terjadi setelah melakukan update marshmillow, dan walaupun terjadi sebelum update semua diatasi dengan cara yang sama, diatas sudah ditulis peringatan untuk melakukan backup, karena masalah ini hanya bisa diatasi dengan melakukan facotry reset.

Cara mengatasi :

Seperti yang telah disinggung diatas, cara mengatasi permasalahan ini setelah di update marshmillow maupun belum adalah melakukan factory reset, tapi sebelum melakukan facotry reset lebih baik kita backup dahulu data-data penting kita, cara melakukan factory reset sebagai berikut : masuk ke  Settings > Backup and Reset > Factory Data Reset > Reset phone. Setelah nexus 5 melakukan wipe dan restart kita bisa melakukan restore data dengan data yang telah kita backup.

 

Demikian permasalahan yang terjadi pada nexus 5 dan cara mengatasinya, untuk permasalahan lain terutama setelah update, yaitu dengan melakukan factory reset, dan jika kalian masih ada masalah lain yang belum bisa diatasi, silahkan komentar pada kolom komentar dibawah, kami akan dengan senang hati membantu.

Artikel Lain

Whatsapp sekarang geratis loh ! Seperti yang kita ketahui sebelumnya, whatsapp hanya bisa di gunakan geratis selama satu tahun untuk satu nomor, tetapi sekarang whatsapp telah mengum...
Punya Masalah Dengan Aplikasi WhatsApp ? Ini Solus... Whatsapp adalah aplikasi chatting android dll yang populer dengan sekitar 10 persen manusia di bumi ini aktif menggunakan whatsap, dan banyak di antar...
Notifikasi pada android Notifikasi pada android merupakan salah satu hal penting bagi pengguna android, dan kali ini kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan notifika...
Mengatasi permasalahan yang terjadi pada OPPO find... Kali ini kita akan membahas sebuah smartphone yang sekarang menjadi sangat populer di indonesia, smartphone oppo, dan kali ini kita akan lebih terfoku...
Mengatasi Permasalahan yang biasa terjadi pada xia... Dalam artikel ini kami akan membahas permasalahan yang biasa terjadi pada xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a, nah tentu setiap s...

About Author

Super Admin

4 Comments

  1. Bro mau nanya nih, hape nexus ane pas mau dinyalain kok cuma sampe gambar warna google aja ya? Ga bisa masuk ke home screen. Kenapa ya?

  2. Bro hp Nexus 5 saya tadinya mati nyala mati nyala terus nyala . Tapi kalau di pencet tombol powernya pasti mati lagi . Gimana itu cara mengatasi nya kak

Leave A Reply