Cara mudah mengatasi masalah pada samsung galaxy note 2

22

Ini adalah smartphone yang dikeluarkan samsung pada tahun 2012 silam, meskipun sekarang sudah penerusnya yaitu samsung galaxy note 3 , 4 dan 5, tetapi masih banyak orang yang menggunakan smartphone ini, nah dari alasan itulah kami akan memposting masalah yang sering terjadi pada samsung galaxy note 2 dan cara mengatasinya, seperti yang kita ketahui bahwa pengguna galaxy note 2 memang masih banyak, samsungpun memberi update os os terbaru dari android untuk note 2 ini.

Tentu saja walau note 2 memang smartphone yang berkualitas tentu tidak luput dari masalah-masalah pada diri note 2 ini, nah untuk mengatasi masalah ini, berikut kami berikan cara caranya :

 

Masalah aplikasi atau app galaxy note 2 dan cara mengatasinya

Pengguna samsung galaxy note 2 sering mengalami perubahaan performa aplikasi secara mendadak ketika akan menggunakanannya, solusi pertama adalah kita harus cek terlebih dahulu tentang bugs fix update atau update terbaru dari aplikasi tersebut, karena dengan rajin update sebuah aplikasi, maka performa kita akan mendapat performa aplikasi yang baik dari aplikasi tersebut.

Jika itu masih belum berhasil cobalah untuk menghapus aplikasinya setelah itu hapus semua file-file sisa aplikasi tersebut, lalu kita menginstal ulang aplikiasi tersebut dari play store,.

Kita juga mendapati aplikasi yang sering mengalami error adalah Messenger app atau aplikasi sms, untuk mengatasinya adalah dengan cara restart  note 2 kita, jika masalah itu masih muncul gunakan aplikasi lain seperti google hangout.

Tapi sebelum itu cobalah untuk celar data dan cache aplikasi tersebut, untuk clar cache dan data silahkan masuk pada settings lalu Application Manager, lalu pilih All, lalu pilih Messenger dan clear cache, nah jika ada aplikasi lain yang error, kami sarankan untuk melakuka langkah-langkah seperti ini, entah itu aplikasi facebook, instagram dll semua bisa menggunakan cara tersebut.

 

Masalah WI-FI atau Wifi galaxy note 2 dan cara mengatasinya

Masalah pada wifi adalah masalah yang sangat umum pada sebuah smartphone begitu juga pada note 3, kami telah sering mendapatkan informasi tentang masalah-masalah ini, dan sekarang kami akan berusaha untuk memberikan solusi yang paling tepat untuk permasalahan yang sering terjadi ini, selain sering wifi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk smartphone android manapun, sedangkan hal yang sangat penting jika mengalami masalah tentu akan sangat mengganggu bukan, berikut adalah caranya :

Pertama kami sarankan untuk mereboot note 2 kita, nah setelah itu cobalah untuk mereboot router,  untuk mendapat hasil yang lebih baik cobalah tunggu sampai 1 menit kemudian hidupkan kembali.

Yang kedua, cobalah untuk forget connection pada wifi yang pernah terkoneksi lalu pairing ulang kembali wifi tersebut.

Yang Ketiga jika cara diatas masih belum berhasil mungkin kita perlu melakukan update routers firmware, setelah update maka semua sistem yang ada pada  routers firmware akan mengalami pembaharuan.

 

Masalah Bluetooth galaxy note 2 dan cara mengatasinya

Masalah bluetooth adalah masalah umum lain pada Samsung Galaxy Note 2. Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika Bluetooth mulai mengalami masalah pada perangkat walaupun kita sudah melakukan perbaikan, tidak ada jaminan bahwa mereka akan bekerja.

Cara pertama adalah dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali bluetooth tersebut, untuk melakukan hal ini kita lihat di laayar atas lalu tarik layar itu kemudian ada icon bluetooth, kita cukup tap 2 kali untuk on off kan, nah jika masalah ini masih terjadi setelah kita on off kan bluetooth, maka kita harus mencoba untuk repair ulang bluetooth. forgot perangkat bluetooth yang sudah terkoneksi lalu sambungkan kembali.

 

Masalah pada pelemahan performa galaxy note 2 dan cara mengatasinya

Seperti yang tadi saya sebutkan, samsung galaxy note 2 di luncurkan pada tahun 2012 dan ini termasuk salah satu smartphone yang agak tua, nah wajar jika mengalami penurunan performa bukan? kami juga sudah banyak pertanyaan ketika note 2 mengalami pelemahan performa ketika di update menjadi kitkat.


Kami hanya dapat membantu cara meningkatkan kinerja dari note 2 ini, disni untuk permasalahan secara keseluruhan kami belum menemukan ramuan jitu untuk itu, nah berikut adalah cara untuk mengingkatakan kinerja atau performa note 2 :

Pertama adalah dengan melakukan clear cache partition, untuk melakukan clear cache partition ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Matikan samsung galaxy note 2
  • Tekan tombol Home, Power dan Volume Down secara bersamaan sampai note 2 bergetar ( vibrate )
  • Dan ketika note 2 menampilkan logo samsung, lepaskan tombol yang kita tekan
  • Tekan Volume Down beberapa kali sampai ke Wipe Cache Partition. Pilih dengan tombol power dan pilih YES
  • Tunggu sampai proses komplit dan ini mungkin memerlukan banyak waktu
  • Reboot samsung galaxy  note 2

Nah untuk cara lainya mungkin cara disni cukup ampuh juga untuk membantu meningkatkan performa samsung galaxy note 2

 

Masalah carghing atau cas galaxy note 2 dan cara mengatasinya

Untuk permaslahan ini memang smartphone lama seperti note 2 memang sering sekali mengalaminya, jangankan smartphone lama, smartphone baru juga banyak mengalami masalah seperti ini, contoh pada samung galaxy s5, s4, note 3, lg g3 dll. semua smartphone berpotensi mengalami masalah seperti ini, dan bagi note 2 sendiri ini bukan merupakan hal yang mengejutkan.

Untuk mengatasi permasalahan ini langkah-langkahnya sebagai berikut :
Pertama pastikan note 2 tercharge atau cas dengan benar, jika memang sudah benar cara menchargenya berarti kita harus mencoba solusi lain, cobalah menggunakan charge lain yang mempunyai voltase sama dengan charge samsung galaxy  note 2, jika ini masih belum berhasil, coba congkel pelan pelan dan hati hati bagian dalam dari port USB menggunakan bahan kecil seperti jarum atau tusuk gigi, biasanya karena sering cabut colok USB akan membuat besi bagian dalam kabel USB mengalami pergeseran, jika masih belum berhasil juga, coba charge menggunakan laptop atau pc.

 

Masalah hang dan tidak dapat bekerja galaxy note 2 dan cara mengatasinya

untuk mengatasi masalah ini kita memerlukan factory reset pada note 2 kita, tetapi disarankan ketika melakukan factory reset kita harus mempunyai back up data-data penting kita, karena factory reset kita sama saja menginstal ulang OS android kita, dan semua akan terwipe.

Untuk melakukan cara ini kita perlu masuk ke Settings, Accounts, Backup Options dan pilih Backup and Reset, nah dari situ kita pilih Factory Data Reset.

jika cara itu tidak bisa karena masih hang, maka kita perlu menggunakan hardware key, nah caranya sebagai berikut.

Pertama kita perlu mematikan samsung galaxy note 2 kita.

  • Tekan tombol Home, Power dan Volume up secara bersamaan sampai note 2 memunculkan logo robot android
  • Setelah muncul logo robot android untuk memilih Wipe Data/Factory Reset gunakan tombol volume down dan gunakan tombol power untuk yes
  • Gunakan volume down untuk memilih Yes – delete all user data dan kemudian gunakan tombol power untuk yes
  • Nah setelah itu ketika kamu melihat pilihan reboot now gunakan tombol power untuk memilih pilihan tersebut
  • Cara ini membuat system smartphone kita seperti baru lagi dan kita perlu menginstal aplikasi yang di downlod dari play store

 

Demikian permaslahan yang sering terjadi pada samsun galaxy note 2, dan jika kalian masih punya masalah lain yang belum diatasi, silahakan berikan komentar pada kolom komentar, kami akan senang sekali jika dapat membantu, kami juga sudah menulis lanjutan dari permasalahan note 2 problem samsung galaxy note 2 dan cara mengatasinya disni.

 

 

Artikel Lain

Cara mudah mengatasi kerusakkan samsung galaxy s2 Samsung galaxy s2 merupakan smartphone yang sudah tergolong smartphone tua, tetapi walau tua banyak pengguna android yang masih menggunakan smartphone...
Ini Dia Hands On BlackBerry Priv Kemaren kita telah  membahas tentang fitur, harga, spek dan harga blackberry priv disni, seperti yang tertera pada tulisan di posting tersebut, blackb...
Mengatasi permasalahan yang terjadi pada OPPO find... Kali ini kita akan membahas sebuah smartphone yang sekarang menjadi sangat populer di indonesia, smartphone oppo, dan kali ini kita akan lebih terfoku...
Samsung galaxy s7 smartphone wajib di tunggu di ta... Seperti yang sudah-sudah, setiap tahun samsung selalu  mengeluarkan produk terbarunya dari versi galaxy, dan tahun ini kemungkinan adalah samsung meng...
Whatsapp sekarang geratis loh ! Seperti yang kita ketahui sebelumnya, whatsapp hanya bisa di gunakan geratis selama satu tahun untuk satu nomor, tetapi sekarang whatsapp telah mengum...

About Author

Super Admin

22 Comments

  1. Note2 saya problem pada layar. Di bahagian bawah nya tak bisa touch screen. Bahagian atas dan tengah ok. Tapi jika menggunakan pen touch screen ngak ada masalah sama sekali.
    Tolong gimana solusi nya… TQ

    • Baik kawan zimmy, saya hendaknya bertanay dahulu, sebelum permasalahan ini terjadi

      Pertama apakah kamu melakukan update firmware atau OS?
      Kedua apakah pernah terjatuh note 2 ?

      kami tunggu jawaban untuk mengidentifikasikan permasalahan ini, terimakasih

  2. Samsung note 2 saya jika posisi standby dri malam paginya perangkat sdh off dgn sendirinya….
    itu knp ya gan…

  3. Hp saya hang di tulisan Samsung Galaxy Note, sudah coba langkah diatas. Tapi tetep gak mau masuk ke menu dan hang di tulisan semula. Mohon bantuannya

  4. Note2 saya di install os lain krna wkt tu sring msti sndri, trus kmrn lowbat saya cas pas slse cas gk bs nyala hnya mncul tulisan reset tp dreset dy balik mncul reset lg , cara di atas ud dcb tp gk brhasil. Ad cr lain gk format nya ?
    Thx b4

  5. Tombol swift on off nya tiba2 gak berfungsi, niatnya cuma mau off in layarnya tapi malah keluar option daya mati, mode penerbangan n atur ulang 🙁 padahal mencetnya gak lama loh

  6. samsung note 2 saya bila menelpon lewat vidio call maupun menerima itu mati mendadak.. tolong solusinya gan

    • coba di wipe cache, kalo masih belm bisa di factory reset, tapi sebelum melakukan itu coba backup dahulu data-data pentingnya

Leave A Reply