Cara pindah riwayat percakapan whatsapp ke smartphone baru

0


Hai Fellas, kembali lagi bersama anaksantai, kali ini kita akan memberikan tips dan trik cara kita memindahkan riwayat percakapan kita ke hape atau smartphone baru, nah biasanya problem kaya gini terjadi ketika kita punya smartphone baru, tapi ada banyak pesan whatsapp yang penting, lalu anda kelimpunngan, gimana ya biar pesannya gak hilang walau ganti smartphone baru, nah disni kami akan memberikan cara Pindah riwayat percakapan whatsapp ke smartphone baru.

Sebenarnya cara ini cukup simple sih untuk yang sudah mahir dan malang melintang dalam dunia perwhatsappan, tapi bagi teman-teman yang belum tau silahkan baca artikel ini sampai kelar, sebab ada beberapa cara bukan cuma satu cara, jadi opsi-opsi yang menurut kalian mudah silahkan di lakukan, pilih-pilih aja yang gapang menurut kalian gimana, nah berikut ini adalah Cara pindah riwayat percakapan whatsapp ke smartphone baru.

Baca juga : Game-game balapan atau race terbaik di android 2017

Baca juga : Cara mengembalikan Pesan Whatsapp yang di hapus

Menggunakan google drive

Nah cara yang pertama adalah cara yang paling mudah dan simpel, sebenarnya backup dan restore menggunakan google drive itu memang itu adalah fitur whatsapp sendiri, jadi memang pengguna di mudahkan dengan fitur ini untuk membackup, nah tapi fitur ini memang perlu di aktifkan agar backup riwayat percakapa kita ada di google drive.

Cara backup restore whatsapp dengan google drive

Seperti yang kami katakan sebelumnya, cara ini cukup simple, jadi caranya adalah masuk ke aplikasi whatsapp lalu tekan tekan titik 3 pada bagian atas whatsapp

masuk settings whatsapp

masuk settings whatsapp

Setelah itu pilih settings dan masuk ke chat and call seperti gambar dibawah ini yang kami lingkari merah

lalu pilih chat

lalu pilih chat

Setelah itu pilih chat backup

pilih chat backup

pilih chat backup

Setelah itu akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini.

pilih google account

pilih google account

Pada gambar diatas, kita pertama harus memilih akun google yang akan kita gunakan untuk membackup data riwayat atau history chat whatsapp kita, dengaan menekan Account, setelah itu tekan lagi backup to google drive, nah nanti kita akan di beri pilihan seperti gambar dibawah ini.

pilih waktu backup

pilih waktu backup

Nah disana terdapat pilihan never atau tidak, only when i tap back up, berarti kita harus menekan backup dulu pada halaman  chat backup, daily berarti setiap hari di backup, weekly berarti  mingguan dan monthly berarti setiap bulan.

Nah untuk restore dengan smartphone baru, pastikan sebelum membuka whatsapp kita login dengan email kita yang di gunakan untuk membackup ya, jangan sampai lupa password email kita dan kita gak bisa login.

 

Menggunakan SD card

Nah selain menggunakan google drive, kita juga bisa menggunakan SD card, caranya seperti cara diatas masuk ke Settings > Chats and calls > Chat backup, setelah itu tekan backup aja, nanti otomatis akan membackup ke SD card jika terdeteksi ke SD card.

Setelah itu cabut SD card dan masukan ke smartphone yang baru, dan install whatsapp, lalu otomatis whatsapp akan mendeteksi backup file di sd card.

 

Menggunakan PC atau laptop

Nah cara ini cukup ribet sih, dan juga mungkin karena smartphone jaman sekarang banyak yang gak mendukung SD card, jadi cara ini bisa berguna, dan juga bagi pengguna whatsapp yang ada pc atau laptop, caranya sama awalnya yaitu masuk ke Settings > Chats and calls > Chat backup, setelah itu sambungkan Smartphone dengan pc atau laptop.

Setelah terdeteksi dan terhubung hape kita dengan pc atau laptop, kita arahkan laptop atau pc ke smartphone kita lalu masuk ke folder WhatsApp -> Database. disana kita akan melihat backup dengan nama file yang intinya belakangnya “db.crypt” contohnya seperti dibawah ini

contoh file backup whatsapp

contoh file backup whatsapp

Nah setelah ketemu file tersebut, copy paste ke folder apa saja di laptop atau pc, biar gampang sih di dekstop juga gak masalah.

Setelah itu ambil hape baru kita, lalu install whatsapp, tapi jangan dibuka dulu.

Kelar install langsung sambungkan hape baru ke pc, setelah itu copas file db.crypt yang tadi kita simpan di pc ke folder hape baru WhatsApp -> Database.

Setelah selesai di copy paste, sekarang buka whatsapp di hape baru kita, nanti otomatis whatsapp akan menemukan data backup tersebut.

Lalu untuk iphone gimana ? nah kalo untuk iphone caranya kurang lebih sama tapi menggunakan fitur icloud, tapi dari android ke iphone atau sebaliknya, kami belum menemukan cara untuk melakukannya, mungkin kedepannya kami akan mencoba mencari cara bagaimana membackup dan restore data riwayat percakapan whatsapp dari iphone ke android atau sebaliknya, dari android ke iphone.

Nah demikian artikel kami tentang Cara pindah riwayat percakapan whatsapp ke smartphone baru, kira-kira kalo ada  bagian yang belum paham atau ada pertanyaan yang ingin di sampaikan, silahkan tanyakan pada kolom komentar nanti kita sama-sama mencari solusinya dengan teman-teman yang lain juga tentunya.

Atau jika teman-teman ada cara lain atau sudah menemukan cara memindahkan riwayat whatsapp dari iphone ke android atau android ke iphone, boleh tuh di share caranya di kolom komentar, mari kita saling membantu biar dunia makin indah.

Okey sekian dulu dari kami, mungkin artikel ini akan di update jadi stay tune di anaksantai.com, atau bisa like fanspage kami ada dibagian atas website ini kok linknya, sampai jumpa di artikel berikutnya teman-teman.

 

Artikel Lain

review xiaomi mi note 3, smartphone ini desainnya ... Xiaomi sedang ngebet-ngebetnya mengeluarkan smartphone terus menerus, di tahun ini saja sudah beberapa smartphone yang keluar, dan kali ini adalah xia...
Ini review vivo v5 apa saja sih kelebihan dan keku... Kali ini kita akan membahas tentang smartphone vivo v5, apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari vivo v5 ini ? terus spesifikasinya apa mumpuni dan ...
Cara mengatasi Oppo Find 7/7a bricked, stuck di lo... Setiap smartphone pasti akan mengalami masalah pada waktunya, dan masalah yang paling tidak enak adalah bricked, stuck di logo atau mentok di logo dan...
Tips dan Trik MIUI 8 : Mempercepat dan menghindari... Dalam artikel kali ini kami akan membahas cara untuk mempercepat kinerja atau performa xiaomi kita yang berjalan pada MIUI 8, jadi jika xiaomi kita me...
Mengatasi permasalahan Kamera pada samsung galaxy ... Samsung galaxy note 4 merupakan salah satu smartphone andalan samsung walaupun sekarang telah hadir generasi penerusnya yaitu samsung galaxy note 5, t...

About Author

Leave A Reply