Mengatasi masalah android kitkat dengan mudah

0

Ini adalah versi android yang paling populer sekarang ini, android kitkat merupakan android versi ke 5 dari android dan untuk versi terakhirnya adalah lollipop, android kitkat menggunakan hampir 45 persen dari kapasitas smartphone, memang di akui android kitkat mempunyai banyak fitur yang menarik dan membantu kelancaran sebuah smartphone.

Tetapi seperti biasa bahwa sebuah operation system juga mempunya berbagai kelemahan sehingga terkadang membuat pengguna merasa tidak nyaman atau kebingungan, dan dalam positngan ini, kita akan membahas permasalahan yang terjadi pada android kitkat dan cara mudah untuk mengatasinya, berikut adalah list atau daftar perasalahanya berserta cara mengatasinya.

 

Baca juga : Tips dan trik Android Marshmallow Yang Harus Dicoba

Baca juga : Tips Dan trik fotografi menggunakan smartphone agar hasil seperti fotografer

 

1 . Sering reboot atau restart

Permasalahan ini sering terjadi pada android kitkat, ketika kamu sedang menggunakan smartphonemu tiba-tiba smartphone crash dan restart dengan sendirinya tanpa kamu melakukan apapun, ini akan sangat membingungkan bagi para pengguna, dan sayangnya permasalahan ini bisa terjadi secara reguler dan terus menerus atau kadang memang hanya terjadi sekali karena ada aplikasi yang membuat crash atau terjadi kesalahan pada system yang memaksa untuk restart dan setelah itu smartphone kembali berjalan normal, banyak alasan yang membuat peramasalahan ini terjadi.

Cara mengatasi

tetapi cara yang termudah untuk mengatasinya adalah dengan cara wipe cache smartphone kita. karena biasanya cache-cache yang tertinggal dapat membuat sistem crash sehingga smartphone menjadi sering restart.

Jika masih belum bisa maka sebaiknya lakukan factory reset smarphone kita bisa menghilangkan semauanya di dalam android, aplikasi yang terinstal, dan data-data yang kita punya, sehingga ketika kita melakukan factory reset sebaiknya kita backup terlebih dahulu agar data yang penting tidak hilang, factory reset dapat membuat smartphone kita seperti baru, dengan hanya terinstal aplikasi bawaan dari android kitkat jadi smartphone kita akan fresh kembali dan kesalahan kesalahan yang terjadi pada system atau aplikasi yang membuat permasalahan ini terjadi akan hilang.

 

 

2 . Munculnya notifikasi download

Pada dasarnya permasalahan ini adalah permasalahan yang terjadi pada versi android sebelumnya yaitu jelly bean, tetapi banyak pengguna kitkat juga mengalami masalah serupa, permasalahan ini adalah ketika kita sudah mendownload sesuatu tetapi notifikasinya masih tetap menyala sedangkan kita sudah mengapus notifikasi tersebut, untuk mengatasi permasalahan seperti ini sebenarnya sangat mudah, buka app drawer lalu cari download app dan  delete semua info download.

Cara mengatasi

Dan cara mengatasi gara permasalahan ini tidak kembali lagi adalah kita cukup masuk ke Settings > Apps > Download > dan clear data, dan ini akan membuat semua notifikasi download

 

3. Baterai drain atau cepat habis

Ini adalah permasalahan utama ketika kita mengupdate smartphone kita menjadi kitkat, dan banyak pengguna yang mengalami kejadian seperti ini, tapi ini bisa diatasi dengan cara yang mudah, caranya sebagai berikut.

Cara mengatasi

  1. Lepas baterai selama 30 detik, masukan kembali lalu nyalakan
  2. Amati aplikasi yang banyak memakan daya baterai, kita bisa melihatnya pada batterai usage di settings, mungkin kita perlu menginstal ulang aplikasi tersebut atau kita uninstal aplikasi tersebut jika tidak benar-benar di gunakan
  3. Kita perlu melakukan recalibrate baterai dengan menggunakan aplikais Battery Calibration dan untuk menggunakannya smartphone kita harus sudah dalam posisi root
  4. Clear system cache
  5. Ini adalah pilihan terakhir jika cara diatas masih tidak bekerja dengan baik, ya itu dengan factory reset, cara yang umum tapi terbukti sangat ampuh tidak hanya untuk mengatasi baterai yang boros, tapi banyak permasalahan android yang bisa di atasi dengan cara ini.

 

4. Permasalahan mobile data dan LTE

Permasalahan ini biasanya terjadi sebagai berikut, ketika kita mengaktifkan mobile data dan ternyata tidak berhasil atau ketika kita menonaktifkan wifi dan mobile data tidak aktif secara otomatis ini merupakan permasalahan yang terjadi pada android kitkat, dan cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah aktifkan air plane mode lalu off kan lagi, jika masih belum berhasil cobalah restart smartphone kita, nah jika masalah ini masih juga belum berhasil, kita perlu membawa smartphone kita ke service centre untuk menanyakan masalah ini.

 

5. Unfortunately Gallery has stopped

Pada dasarnya permasalahan ini terjadi awalnya pada samsung galaxy s3, tetapi ternyata permaslahan ini juga terbawa oleh android kitkat,  banyak pengguna yang melaporkan bahwa permaslahan ini sering terjadi pada androidnya setelah update, untuk mengatasi masalah ini sangat mudah, caranya adalah sebagai brikut.

Sebarnya cara untuk mengatasinya sangat mudah, cukup dengan clear data app galery, masuk ke Settings > Apps > Gallery dan clear cache, jika masih mengalami permasalahan ini setelah clear cache mungkin kita perlu melakukan clear data, tetapi sebelum melakukan clear data pastikan kita mempunyai backup dari semua foto-foto kita.

 

6. Permasalahan pada Wi-fi atau wifi

Permasalahan ini sering sekali terjadi pada android kitkat, bahkan sangat sering terjadi, untuk mengatais permasalahan ini pertama adalah aktifkkan mode pesawat atau ariplane mode, lalu matikan kembali, atau alternatif lain, kita masuk ke wifi settings lalu pilih forget wifi yang pernah terkoneksi dan pasang kembali, jika semuanya tidak bekerja, kita perlu memflashing ulang radio file dengan yang terbaru.

 

 

Demikianlah permasalahan yang terjadi pada android kitkat, jika kalian punya masalah dengan android kitkat dan belum bisa mengatasinya silahkan komentar dibawah ini kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami. atau jika punya tips dan trik lain silahkan komentar juga di bagian kolom komentar dibawah.

 

Artikel Lain

Permasalahan Oppo f1 ( f1 plus dan f1S ) dan cara ... Kali ini kami akan membahas permasalahan yang biasa terjadi pada oppo f1 dan cara mengatasinya, seperti yang kita ketahui, oppo f1 merupakan salah sat...
Cara upgrade Android 5.0 Lollipop samsung galaxy n... Seperti yang kita ketahui, memang samsung galaxy note 3 mendapat upgrade android lollipop 5.0 sehingga kita bisa melakukan upgrade melalui OTA, tetapi...
Huawei P9 Apa Sih Kelebihannya ? ini review kami Kali ini kita akan membahas sebuah smartphone dari huawei, yaitu huawei p9, nah apa sih kelebihan dan kekurang dari smartphone ini ? kami akan berusah...
Mengatasi 4G / LTE hilang xiaomi redmi 3 (pro) tan... Kali ini kami akan memberikan tips dan trik xiaomi redmi 3 pro, setelah update miui 8 biasanya pilihan setting pada xiaomi untuk 4G atau LTE hilang da...
Pilih xiaomi redmi 3 pro atau redmi note 3 ya ? be... Kali ini kami akan membandingan dua smartphone dari xiaomi, yaotu xiaomi redmi 3 pro dan xiaomi note 3, kira-kira bagus mana ya keduanya ini ? tentu t...

About Author

Leave A Reply