Mengatasi Permasalahan yang biasa terjadi pada xiaomi Redmi 4/Prime/4A

0

Dalam artikel ini kami akan membahas permasalahan yang biasa terjadi pada xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a, nah tentu setiap smartphone mempunyai masalah saat di gunakan, permasalahan terjadi bukan karena smartphonenya jelek atau bagaimana, tetapi bisa di sebabkan oleh pemakaian dan banyak faktor yang memperngaruhi, termasuk pada xiaomi xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a.

Lalu permasalahan apa saja sih yang biasa terjadi pada smartphone xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a ? disni kami akan mengulasnya, dan tentu akan membersi solusi atau cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, dan berikut adalah artikel kami Mengatasi Permasalahan yang biasa terjadi pada xiaomi Redmi 4/Prime/4A.

 

Penting !! sebelum mengatasi cara-cara yang akan kami berikan, terlebih dahulu kita periksa, apakah rom kita abal-abal/rom distributor, karena biasanya rom abal-abal atau rom distributor itu sering menyebabkan permasalahan-permasalahan terjadi, jadi jika belum pernah di flash ulang sejak membelinya dan terjadi masalah pada xiaomi xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a maka sebaiknya kita flash ulang dahulu, dan cara untuk flash ulang silahkan ikuti tutorial kami di artikel Flash/Unbrick Redmi 4/Prime/4A dengan atau tanpa bootloader terkunci disni

 

Touchscreen tidak responsive

Touchscreen tidak responsive sering kali dialam pengguna xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a, layar yang sering tidak responding dan sebagainya, bahkan sudah kita tekan-tekan tetapi layar tidak merespon sama sekali.

Cara mengatasi

Tentu pertama, jika kita belum pernah melakukan flashing pada xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a, maka kita wajib untuk melakukan flash karena kemungkinan rom kita rom abal-abal, cara flash ada di quote bagian atas artikel ini.

Tetapi jika kita pernah melakukan flashing, maka kemungkinan ada aplikasi yang membuat permasalahan ini terjadi, coba kita cari aplikasi terkahir yang kita install sebelum permasalahan ini terjadi, lalu kita uinstall.

Dan jika masih belum bekerja, mungkin kita bisa melakukan factory reset dan tentunya kita harus melakukan backup dahulu ketika melakukan factory reset.

Dan jika masih belum berhasil juga, mungkin kita perlu melakukan update pada sistem miui, lakuka pengecekan apakah ada update terbaru pada aplikasi update, jika ada maka segera lakukan update.

 

 

Apps stopped atau aplikasi berhenti

Permasalahan ini juga terjadi pada pengguna xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a, aplikasi yang tiba-tiba berhenti dengan pesan eror unfortunately has stopped working atau sayangnya aplikasi telah terhenti, nah berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara mengatasi

Pastikan kita menggunakan rom yang bukan rom abal-abal atau rom distributor, jika kita belum pernah melakukan flashing sejak pertama membeli, maka kita perlu untuk melakukan flash terlebih dahulu, untuk melakukan flash langkah-langkahnya ada di quote bagian atas artikel ini.

Jika kita pernah melakukan flash, coba lakukan clear data dan cache aplikasi yang berhenti tersebut caranya masuk ke Settings > download app > lalu cari aplikasi yang eror tadi > setelah itu klik clear data dan clear cache > restart smartphone kita.

Jika belum berhasil, mungkin kita harus melakukan update aplikasi tersebut apakah aplikasi tersebut ada pembeharuan, cek diplay store.

 

Tidak ada notifikasi

Notification atau notifikasi pada sebuah smartphone itu penting, tapi bagaimana jika xiaomi redmi 4, redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a notifikasinya tidak muncul, pesan whatsapp, bbm, line, twitter dan aplikasi lainnya, tidak muncul notifikasi tentu akan sangat merepotkan, lalu bagaimana cara memunculkan notifikasi ini, berikut caranya


Cara memunculkan notifikasi redmi 4/prime/4a

  • Masuk ke Settings > Manage apps’ battery usage > Pilih apps. Here, pilih app yang ingin di munculkan notifikasinya lalu pilih No restrictions
  • Masuk ke  Settings > Permissions > Autostart. Pilih app yang ingin di munculkan notifikasinya lalu di on kan.
  • Masuk ke  Settings > App notifications. pilih app yang ingin dimunculkan notifikasinya, lalu setting “Priority” on.
  • Masuk lagu ke Settings > About phone, enable atau aktifkan developer options dengan menekan ‘MIUI version’ beberapa waktu sampai muncul pesan anda sudah pengembang atau you are developer options. setelah itu masuk lagi ke  Settings > Additional settings > Developer options > Memory optimisation dan off kan.

 

Muncul iklan

Seringnya muncul iklan pada xiaomi redmi 4, redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a tentu sangat membuat kesal, apalagi ketika di charger muncul iklan, atau sedang melakukan apa tiba-tiba muncul iklan tentu akan sangat menganggu, nah jika muncul iklan, biasanya dikarenakan ini rom distributor atau rom abal-abal, untuk mengatasinya lakukan flash ulang pada xiaomi redmi 4, redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a, cara untuk flash ulang ada di quote bagian atas artikel ini, silahkan scroll keatas.

 

Cepat panas dan lag dan hang

Jika xiaomi redmi 4, redmi 4 prime dan xiaomi redmi 4a cepat panas dan panasnya over dan sering mengalami lag atau hang atau freeze, maka kemungkinan itu menggunakan rom abal-abal atau rom distributor jika teman-teman belum pernah melakukan flash ulang setelah membelinya, tetapi jika sudah maka berikut yang perlu di coba silahkan baca artikel Tips dan Trik MIUI 8 : Mempercepat dan menghindari LAG xiaomi disni

Baterai cepat habis

Baterai yang boros merupakan salah satu yang membuat kita merasa kesal ketika mempunyai sebuah smartphone, nah biasanya baterai boros itu disebabkan oleh banyak hal.

  • Pertama kemungkinan rom kita rom abal-abal, jadi membuat baterai boros atau cepat habis, dan untuk mengatasinya silahkan flash ulang menggunakan rom stable, cara flash ulang ada di quote bagian atas artikel ini.
  • Kedua adanya aplikasi yang banyak mengkonsumsi daya baterai, silahkan cek pada baterai di setting dan lihat aplikasi yang banyak mengkonsumsi daya baterai, jika tidak digunakan banget lebih baik uninstall.
  • Lakukan factory reset jika memang tidak bisa menemukan sumber permasalahan yang pasti, tapi backup dahulu data-data pentingnya ya.
  • Lakukan upgrade pada sistem miuinya, cek pada aplikasi updater, jika ada update terbaru, lakukan udapte

 

Tidak bisa update melalui updater app atau aplikasi updater

Jika teman-teman tidak bisa melakukan update melalui updater atau aplikasi updater, berarti rom agan adalah rom distributor atau rom abal-abal, cara untuk mengatasinya adalah melakukan flash ulang pada xiaomi redmi 4, redmi 4 prime, redmi 4a agan-agan, cara untuk flash ulang ada di quote bagaian atas artikel ini.

 

Tidak bisa masuk download mode

Jika tidak bisa masuk download mode atau edl mode, kemungkinan itu menggunakan rom versi V8.1.3.0.MBECNDI, jika memang menggunakan rom versi tersebut lakukan langkah-langkah berikut untuk menggantinya, karena memang rom itu sudah di suspend oleh pihak xiaomi karena terdapat bugs, jadi silahkan ganti romnya dengan cara dibawah ini.

  • Silahkan download dahulu rom zip versi china V8.0.6.0.MBECNDG, ingat harus yang zip.
  • Lalu setelah didowload, masukan ke dalam sd card atau internal memori terserah, tapi jangan di dalam folder lain, harus diluar folder.
  • Masuk ke updater, lalu pilih paket pembaharuan, lalu pilih rom yang tadi kita masukan, setelah itu proses flashing akan berjalan.
  • Setelah selesai, maka kita sudah bisa masuk download mode pada rom ini, dan silahkan jika ingin melakukan flash ke rom global, kita sudah bisa

 

Demikian artikel kami tentang permasalahan yang biasa terjadi pada xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 prime, xiaomi redmi 4a, dan jika teman-teman ada pertanyaan lain, silahkan tanyakan kepada kami di kolom komentar, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami, dan jika teman-teman ada info atau tips lain, silahkan juga ikut berpartisipasi di kolom komentar, nanti kami akan melakukan update di artikel.

 

 

Artikel Lain

Bagus mana sih SAMSUNG GALAXY S7 VS XIAOMI MI 5 in... Sebenarnya jika di ukur dari harga, smartphone kedua smartphone ini tidak bisa di bandingkan, tetapi kami akan membandingkan kedua smartphone ini, yai...
Bagus Mana Sih Asus Zenfone 3 vs Xiaomi Mi5 ? baca... Kali ini kita akan membahas perbandingan antara asus zenfone 3 dan xiaomi mi5, nah mungkin bagi teman-teman ada yang bingung akan memilih asus zenfone...
Google apps atau aplikasi google hilang pada smart... Pernah kalian mengalami notice pada recent update xiaomi bahwa aplikasi google atau google apps hilang? jika iya jangan khawatir memang xiaomi sering ...
Review xiaomi redmi 3 Bekualitas Dengan Harga Pas Kali ini kita akan mereview smartphone keluaram xiaomi yaitu redmi 3, memang seperti yang kita ketahui xiaomi selalu mengeluarkan smartphoen dengan ha...
Tips Dan Trik LG G2 Banyak pengguna smartphone yang tidak benar-benar tau fungsi dari smartphone tersebut, jadi banyak orang yang memgang smartphone tetapi tidak bisa men...

About Author

Super Admin

Leave A Reply